Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Dan Cara Lengkap Memilih Template Blog Yang Baik Dan Benar


Tips Dan Cara Memilih Template Blog Yang Baik Dan Benar

Memilih template blog yang baik dan benar tidak lah mudah, bagi seorang blogger, khususnya seorang pemula, pasti suka gonta ganti template. Mereka berusaha browsing di internet mencari template blog yang bagus. Nah saran saya pilihlah template blog yang baik dan benar bukan cuma sekedar bagus saja.

Kenapa demikian, karena template blog yang bagus belom tentu baik dan benar. Namun jika template blog yang kalian pilih adalah template blog yang baik dan benar maka sudah dapat dipastikan template blog tersebut bagus.

Nah diantara sekian banyak template yang berhamburan di internet, kira-kira template blog apa aja yang baik dan benar?

Dari para mastah yang sudah sukses banyak menyarankan pakek template karya Mas Sugeng. Ada yang bilang pilih template Brosense, namun menurut kak Usman Founder dari website Kursus Komputer Gratis menyarankan untuk menggunakan template Evo Magz.

Yah saya sendiri satu pendapat dengan Kak Usman karena template Evo Magz menurut saya lebih menarik di pandang dan mempunyai banyak kelebihan, seperti speed blog yang cepet, template nya yang ringan dan SEO Friendly.

Selain template Brosense dan Evo Magz, ada juga template Vio Magz karya Mas Sugeng yang saya gunakan pada template ini, kemudian ada juga template blog bernama SEO Optima karya Romeltea Media.

Cara Mengetahui Template Blog yang baik dan Benar


1. Responsive 

Template blog yang responsive lebih di sukai oleh google, selain karena enak di pandang dan tidak acak acakan.

Apa itu Template responsive dan bagaimana contohnya?


Template responsive adalah template yang dapat menyesuaikan ukurannya sesuai dengan Perangkat yang sedang kalian gunakan. 

Jadi, jika kalian mengaksesnya di leptop ataupun komputer maka akan menyesuaikan dengan ukuran penuh. Jadi template blog nya terlihat enak dipandang.

Kemudian jika kalian mengaksesnya nya lewat mobile maka template blog nya juga akan menyesuaikan dengan ukuran layar kalian, untuk mengeceknya apakah template yang kalian gunakan Responsive atau tidak silahkan klik disini.

Seperti apa contoh template Responsive?


Silahkan kalian lihat contoh template responsive dibawah ini.

Tips Dan Cara Memilih Template Blog Yang Baik Dan Benar

2. Ringan dan cepat loadingnya


Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa template yang ringan dan cepat loadingnya lebih disukai oleh google. Bahkan jika kalian sendiri mampir ke blog orang lain tapi saat diakses lambat, saya yakin kalian bakal pergi meninggalkan blog tersebut.

Apa saja faktor yang menyebabkan loading blog menjadi lambat?


Diantara penyebab yang dapat menjadikan blog menjadi lambat adalah penggunaan widget yang berlebihan. Jika di blog kalian banyak menggunakan widget, maka secara otomatis blog kalian akan terasa  lebih lambat walaupun blog kalian menggunakan template yang ringan dan cepat loadingnya.

Jadi, mulai sekarang hapuslah widget yang tidak diperlukan dan gunakan widget seperlunya saja, seperti populer post, arsip dan kategori.

Selain penggunaan widget yang berlebihan kira-kira ada ngak faktor lainnya yang menyebabkan loading blog menjadi lambat?

Jika kalian sudah menghapus widget yang tidak diperlukan tetapi blog kalian terasa lambat maka kalian hrus cek gambar dari postingan kalian. Karena jika kalian menggunakan gambar di setiap postingan dengan ukuran yang besar seperti 200 KB hingga 1 MB, maka itu juga dapat menjadi penyebab blog kalian menjadi lambat ketika diakses.

Jika kalian sudah melakukan tips diatas sekarang kalian bisa mengeceknya langsung di gtmetrix atau di Google PageSpeed Insights. Dan buktikan sendiri hasilnya.

3. Pastikan Tempat Blog kalian tidak ada kesalahan dalam struktur template nya

Yah dibagian ini bisa dibilang cukup penting, karena jika ada kesalahan dalam struktur template blog nya maka segera diperbaiki.

Untuk mengecek struktur template blog, silahkan kalian klik disini.

Jika kalian memilih template blog yang saya sebutkan diatas (Brosense, Evo Magz, Romeltea  Media dan Vio Magz) maka kalian tidak akan menemukan kesalahan dalam struktur template blog nya. Karena saya sendiri sudah membuktikannya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah pilihlah template blog yang Responsive, ringan serta loading blog yang cepat dan tidak ada kesalahan dalam struktur template blog nya.

Oke mungkin sekian artikel dari saya tentang Tips Dan Cara Lengkap Memilih Template Blog Yang Baik Dan Benar.