Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Loading Blog Secepat Roket


Cara Mempercepat Loading Blog Secepat Roket

Bagi para blogger, khusunya yang pemula, pasti selalu mengecek kecepatan dari blog nya. Memang sih hal yang satu ini tidak bisa dianggap remeh, selain nyedot kuota, blog yang memiliki kinerja yang buruk seperti lambat dan lelet ketika di akses, dapat mengakibatkan sepi dari pengunjung.

Kemudian blog kalian juga akan sangat susah sekali untuk masuk di page on di Google. Karena itu saya ingin membagi tips bagaimana cara mempercepat loading blog, sehingga saking cepatnya, loading dari blog kalian akan seperti roket.

Selain tidak disukai oleh Google, kita sebagaii seorang blogger pasti dong pernah mampir ke salah satu blog milik orang lain yang mana loading dari blog atau website nya sangat lambat. Dan secara otomatis kita akan segera meninggalkan website atu blog tersebut.

Kalian pasti tidak mau kan kalo blog nya sepi dari pengunjung? Apalgi para pejuan Google Adsense. Karena itu disini saya ingin memberikan 3 Tips agar Blog kalian loading nya cepat seperti roket.

Cara Membuat Loading Blog Lebih Cepat


1. Menghapus Navbar


Kalo yang satu ini pati sudah pada tau dong tentang navbar pada blog.  Iya, dengan cara kalian menghapus Navbar ini,  maka kcepatan blog kalian akan segera naik.

Caranya sangat mudah sekali, kalian tinggal masuk ke blogger kalian dan klik widget dan cari Navbar. Jika sudah ketemu silahkan kalian klik Off. Dan kemudian klik simpan.

Kalian bisa lihat gambar dibawah ini mengenai perbedaan blog yang memakai navbar dan tidak

Cara Mempercepat Loading Blog Secepat Roket

Kalian bisa perhatikan bahwa gambar dibagian kiri adalah saat saya memasang navbar dan kecepatan blog saya berkurang menjadi 75 sementara setelah saya hapus widget navbar tersebut maka kecepatan blog saya semakin menaik drastis layaknya sebuah roket menjadi 94.

2 Hapus Widget Yang tidak Diperlukan


Jika kalian sudah menghapus navbar, tapi masih blom ada perubahan, maka kalian harus cek terlebih dahulu widget apa saja yang kalian pasang di blog kalian. Saran saya gunakan widget seperlu nya saja seperti popular post, kategori, dan arsip.

Ada beberapa widget yang menurut saya penting, tapi ada dampak buruk untuk blog kita. Yaitu widget dimana di dalam nya kalian memasang sebuah kode yang menampilkan halaman Facebook kalian.

Perlu kalian ketahui bahwa hal semacam itu juga merupakan salah sau faktor kenapa blog kalian sangat lambat.

Kalian juga bisa cek gambar dibawah ini, perbedaan antara blog yang menampilkan Halaman Facebook dan tidak.

Cara Mempercepat Loading Blog Secepat Roket

Gambar di bagian sebelah kiri adalah ketika saya memasang widget yang berisi halaman Facebook. Dan kecepatan saya yang tadinya adalah 94 turun menjadi 54. Ketika saya hapus widget tersebut maka kecepatan blog saya lebih cepat dari sebelumnya, yaitu 97.

3. Kurangi ukuran gambar pada setiap postingan


Apakah kalian tahu bahwa gambar yang berukuran besar pada setiap postingan kalian dapat memperberat dan membuat lambat blog kalian. Jadi, saat kalian ingin membuat artikel gunakanlah gambar yang berukuran kecil kalo bisa 50kb kebawah.

Jika kalian memiliki gambar yang sudah kalian download atau sudah kalian edit, tapi masih memmiliki ukuran yang besar, kalian bisa perkecil memalalui situs online yang ada di google. Biasanya saya menggunakan Compressjpeg. Jika kalian ingin mencobanya, silahkan klik disini.

Penutup

Nah itulah bebera tips yang bisa saya kasih ke kalian semua tentang mempercepat loading blog kalian. kalian jangan khawatir, karena tips diatas sudah saya jamin sangat efektif untuk mempercepat loading blog kalian. Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua.