Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Dampak Negatif dan Positif Di Internet

Hampir setiap aktivitas kita sehari-hari pasti bergantung pada keberadaan internet. Mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, politik, sosial misal nya dan hingga budaya semua kegiatannya didukung oleh internet. dengan dampak positif internet juga memang dirasakan oleh banyak pihak dengan lebih cepat dan mudahnya penyelesaian sesuatu pekerjaan.

Tapi namun, apa kita bisa dipungkiri bahwa internet itu juga bisa saja membawa dampak yang buruk, untuk kita apa lagi jika untuk anak di bawah umur yang belum memahami semua mana konten yang sesuai dengan umur mereka dan mana yang tidak sesuai. mari kita smak apa saja dampak positif internet di berbagai kehidupan serta efek buruk apa yang bisa kita menpengaruhi.

Apa Saja Dampak Positif internet di berbagai kalangan

Internet untuk bisa memudahkan kita serta menyederhanakan aktivitas sehari-hari. Kalau kamu bijak dalam menggunakannya, maka akan berdampak positif di internet akan semakin terasa juga perubahaan nya. Berikut ini dampak positif internet.

Sangat Mudah Mencari Ilmu Pengetahuan Dan informasi 

Dan dampak positif dari internet yang bisa kita rasakan adalah semakin mudahnya penyebaran akan informasi bermanfaat yang bisa didapatkan secara real time mungkin. Dengan ada banyaknya media

sosial, dan segala hal yang sedang terjadi di berbagai belahan dunia dan berbagai kalangan bisa diunggah dan dijadikan sebuah berita. dan bberapa detik atau bahkan bisa lebih menit suatu kejadian bisa terjadi, kita sudah bisa mendapat update beritanya dengan cepat dan praktis.

banyak kalangan pelajar, berinternet sudah menjadi sumber referensi yang kedua setelah buku pelajaran yang ada di sekolah maupun hingga universitas. Pelajar bisa dengan mudahnya mencari sebuah materi yang bisa membantu proses belajar. contoh nya. saja youtube juga semakin memudahkan kita untuk belajar melalui video edukasi.

Bisa Digunakan Menjadi Media Bisnis Dan Bertransaki

Waktu dulu kita hanya bisa belanja hanya bisa bia dilakukan di toko secara langsung, tapi untuk era sekarang zaman sudah semakin berubah. dan telah menghadiran internet dan bisa memudahkan kita untuk transaksi dan proses belanja misal nya. menjadi lebih mudah sekali bukan ? karena.

kita hanya melakukan itu semua melalui smartphone. tinggal bayar juga tinggal transfer melalui online banking atau uang digital lain nya. dalam sebuah hal ini, internet sangat penting untuk bisa memberi kemudahan untuk kita ataupun. pihak penjual maupun pembeli.

Dan pihak penjual juga tidak  perlu lagi mengeluarkan biaya untuk sewa toko, hanya untuk menjual barang atau pun menawarkan jasanya. pihak pembeli juga akan tidak perlu repot lagi untuk keluar rumah atau berkeliling dari toko ke toko.

Dengan mudah nya kita. bisa membeli barang yang diinginkan. hanya duduk saja di rumah, dan lalu hanya buka situs
e-commerce saja, dan tinggal pilih barang yang diinginkan, tinggal bayar, dan tinggal tunggu barang datang. sangat mudah pokok nya.

 Dampak Negatif Pada Internet

Ya sekarang kita bahas, mengenai dampak negatif apa yang bisa terjadi pada kita.
bicara mengenai dampak buruk, sebenarnya bukan hal yang berarti di internet memberikan efek tersebut kepada kita secara langsung maupin pada kehidupan. Namun bagaimana.

Jika beberapa orang masih belum bijak dalam menggukannya. apa dengan adanya internet dianggap sebagai kebebasan tak terbatas sehingga banyak yang bisa saja menyalahgunakan internet tersebut hanya untuk hal-hal yang sangat merugikan.

  • Banyaknya Para Penyebar Info Hoaks

Sebelum Selain dampak positif di internet dimana segala hal yang terjadi di dunia ini bisa kamu ketahui dengan segera melalui di internet, di satu sisi lain ada juga penyebaran berita berita palsu alias hoax juga telah merajalela. pada orang –orang yang tidak bertanggung jawab pasti nya yang telah bersalah menggunakan internet untuk menyebarkan berita yang belum pasti.

Tentu saja hal telah terbukti kebenarannya. entah itu disengaja ataupun tidak sengaja, tapi banyak sekali yang telah melakukan hal tersebut bahwan berkali kali. kalau kamu tidak sangat  berhati-hati dan selektif dalam membaca berita, bukan tidak mungkin lagi kamu pastinya akan mudah termakan berita hoaks.

Banyak Penipu Online Berkeliaran

Dengan mudahnya kita bisa bertransaksi belanja online yang bisa dilakukan secara online juga dan diiringi dengan dampak negatif juga contoh nya saja sudah banyak kasus penipus online tersebut, seperti penipuan dan aksi kejahatan yang

dilakukan saja dilakukan oleh orang untuk mendapat bisa mendapatakan sesuatu keuntungan tersendiri. Kamu pasti sudah sering mendengar pastinya berita tentang saldo uang digital seseorang tiba-tiba telah menghilang setelah mengklik suatu pesanan yang muncul saat melakukan transaksi online tersebut.

Dan setiap hal pada dunia ini, memang selalu ada sisi baiknua maupun sisi buruknya. Ada juga dampak positif diinternet, bukan berarti ada juga hal dampak buruknya. Karena tindak
kejahatan yang akan selalu ada, maka kita harus sangat berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media  internet.
Source image https://www.utopicomputers.com