Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahapan Membuat Web Portofolio

Sekarang, banyak sekali orang bergantung pada internet untuk bisa mencari informasi yang fresh. Bukan hanya soal barang saja atau review, tapi bagimana jugaa orang. selalu ingin mencari informasi lebih dalam

tentang orang atau kepo umum misal nya hal yang patut dilakukan. Bahkan di dunia profesional sekali pun, dan dilakukan oleh bagian personalia untuk bisa menentukkan cocok tidaknya calon pegawai bekerja di perusahaan tersebut.

Coba, bayangkan ketika anda tak haya memiliki jejak digital saja yang bisa
menjanjikan. Alih karya tersebut atau portofolio, hasil pencarian bukan soal Anda penuh dengan video lucu atau komentar atau juga soal keributan di internet. Sedikit tidak untuk di tiru. bukan?

Dengan Adanya web portfolio ini membantu Anda ditemukan oleh perusahaan dan klien yang tepat. Tanpa membuat web portofolio, Anda akan sulit mendapatkan klien dan dilirik perusahaan impian. Mungkin lebih buruk lagi, keberadaan Anda kurang diakui ─ terlepas dari etos kerja Anda di dunia nyata.

Ini mengapa membuat website portofolio bisa memnbantu anda  menjadi kebutuhan. Meski begitu saja tapi, masih ada orang yang lebih nemilih untuk tidak membuatnya, dikarena ribet dan juga membuang buang waktu.

Web portofolio juga tips mempromosikan diri kita paling efektif juga. Apalagi, jika Anda memiliki banyak saingan di internetyl iya kan ?

Tahap 1. Mentuhkan Nama Domain Web Portofolio

Nama domain adalah sebuah elemen yang sangat penting dalam membuat situs web yang bertema portofolio. Jika web portofolio adalah sebuah rumah bagi karya Anda, Dan bayangkan domain sebagai alamat menuju rumah nya. waw masuk aw bukan ?

Namun, jika bukan berarti alamat domain tersebut telah diberikan otomatis. Seperti halnya ketika Anda pindah ke beberapa daerah Jalan misal nya dan mendapatkan keterangan nama rumah tersebut. kota hingga alamat.

Justru Pada sebaliknya. Alamat domain bisa kita tentukan sendiri juga. Semakin unik dan mudah diingat pasti nya, semakin besar kemungkinan orang lain bisa mengunjungi website kita. Sebelum kita tergesa-gesa memilih alamat domain, ada baik nya juga. kita simak beberapa tips berikut ini.

1. buat nama domain yang mudah diingat. oleh kita mau pun pembaca Jika kita telah membuat web untuk keperluan pribadi saja, ada baiknya juga untuk bisa membuat nama domain berdasarkan nama kita misal nya. bisa juga Menggunakan nama pacar dan sebagai domain adalah untuk memperkuat Personal Branding. Alternatif lainnya juga, sudah banyak yang memakai kata kunci tersebut.

2. usahakan jika nama domain tersebut harus yang singkat dan mudah dieja saja. jika nama yang singkat dan mudah dieja bisa juga meningkatkan kesempatan website kita untuk lebih banyak dikunjungi. memang nya anda mau buat domain susah di ingat  ? pasti nya tidak

3. hindari angka atau tanda dash (-) pada alamat domain anda. Kedua elemen itu pasti nya akan membuat nama domain Anda terasa kurang jos. Ditambah lagi, dengan kemungkinan untuk salah ketik menjadi semakin fatal.

Tahap ke 2. Menyewa Jasa Hosting Dan Domain

Setelah telah memastikan nama domain sudah tersedia, kita perlu juga mendaftarkan nama domain kita dan menyewa layanan hosting web. Keduanya bisa Anda dapatkan di web hosting terkenal yang sudah terpercaya.

Untuk nama domain sendiri berekstensi .com, kita hanya perlu membayar saja seharga Rp125.000 per tahun. Sedangkan untuk layanan web hosting ada beberapa juga paket yang bisa anda pilih.

jika kita seorang freelancer misal nya, blezmout telah merekomendasikan untuk memakai paket Pelajar saja, Akan tetapi, juga jika Anda memiliki digital agency yang cukup besar, paket Personal lah yang akan perlu dipilih.

Sebenarnya, Dari kedua paket tersebut sudah memiliki fitur yang tidak jauh sama berbeda. Keduanya sama-sama memiliki bandwith yang sama dan disk space unlimited yang sama, waktu uptime 99,98 persen, BitNinja Smart Security, website builder, dan banyak lagi.

Tahap ke 3. Menginstal Wordpress

WordPress bukanlah satu-satunya content management system (CMS) saja.tapi juga untuk website, bisa juga dijamin WordPress merupakan pilihan tepat untuk sebuah webiste

WordPress juga merupakan CMS paling populer di dunia. WordPress juga merupakan aktor di balik banyak website besar yang telah merk. tepatnya, lebih dari 40 persen website di dunia menggunakan platfrom WordPress.

Selain itu juga, pengaturan pada wordpress dan penambahan fungsi website WordPress terbilang sangat mudah. Fitur anda tambah melalui plugin. Ada sekitar 50.000 plugin gratis lebih, bahwa banyak yang tersedia di WordPress directory.

Tahap ke 4. Memilih Tema Website

Tema dapat membantu menambah tampilan website kita menjadi semakin dan ciamik pasti nya. Tampilan ini juga nanti nya bukan hanya soal
“indah dipandang mata saja” tapi juga membantu kitq menarik banyak pengunjung. Tampilan dan user interface yang ramah tentu nya akan membantu pengunjung dengan mudah mengeksplor isi website kita dan paling bagus nya lagi mereka bisa betah di berada di website kita.

Tahap ke 5. Menginstal Plugin Yang Dibutuhkan Saja 

Supaya website kita berfungsi dan maksimal, website juga sangat perlu instal plugin. Berikut ini blezmout ulas daftar plugin yang wajib anda instal dan semakin kelihatan lebih Profesional.

Envira Gallery

Envira Gallery membantu Anda menampilkan portofolio visual secara apik. Fitur drag and drop builder yang dipunya, Anda bisa mengunggah dan mengatur tampilan foto dengan mudah. Plugin ini

juga sudah kompatibel dengan versi WordPress terbaru dan telah terintegrasi dengan Gutenberg. Artinya, Anda bisa tambahkan portofolio visual hanya dengan gallery block.

Smush

Bisa membantu kita menampilkan visual di website kita dengan ukuran yang pas juga. Karena ukuran gambar tersebu kerena terlampau besar memakan waktu yang banyak untuk load. Sebaliknya, dan jika kita meukur gambar terlalu kecil, gambar akan terlihat pecah atau pixelated pasti nya.

Untuk.plugin ini akan mengecek seluruh komponen visual di website Anda. Smush kemudian akan bisa melaporkan gambar yang kurang teroptimasin, untuk versi gratis nya. Smush akan merekomendasikan ukuran lebih ideal gambar. Anda juga perlu mengganti gambar tersebut secara manual atau sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan saja.

Untuk versi premium, Anda bisa mengoptimasi semua gambar pada dalam website dalam sekali klik saja. Dengan versi premium ini, anda pasti nya sangat menghemat memori hingga hampir 15 persen. versi gratis, yaitu hampir 6 persen

Akismet.

Akismet adalah plugin anti spam,
untuk mengurangi spam. Plugin ini juga telah diciptakan untuk memantau semua kolom pada komentar, dan juga formulir kontak di website. Aksimet juga nanti nya akan mencocokkan kedua entri ini ke databse spam dan memfilter semua entri yang mencurigakan.

Akismet ini juga akan ikut memantau URL anda dari entri apa saja yang diterima oleh web. URL ini akan di itampilkan untuk menghindari tautan spam dan tersembunyi.

Untuk bisa menggunakan plugin in tersebut kita hanya perlu mendapatkan beberapa kode API saja. Akismet juga menawarkan beberapa paket yang berlanggan untuk kode API itu tersendiri. Paket ini ialah personal yang nanti nya bisa anda beli dari $1 sampai $120 pertahun.

Yoast Seo

Untuk bisa Menginstal plugin
Yoast SEO ini, kita wajib menggunkan Plugin yang satu ini memang sangat terkenal reputasinya. Dari blogger hingga juga pada media agency, semuanya mengandalkan Yoast untuk optimasi seo.

1. Seo Teknis

Yoast secara otomatis membuat XML maps nya sendiri supaya website kita dapat di-crawling dengan baik oleh mesin pencari. Plugin ini juga akan memungkinkan kita memuat breadcrumbs, dan membuat judul , meta description dengan sesuai template, dan mengisi canonical URL untuk menghindari hukuman konten duplikat juga.

2. Seo Konten.

Yoast bisa menganalisis kualitas kongen anda dengan berbasis SEO. pada halaman post ataupun page, dan kita akan melihat hasil analisis berupa panjang nya  kalimat, da panjang nya paragraf, jumlah kalimat yang pasif, dan banyaknya kata penghubung, hingga analisis Flesch Reading sangat mudah.

3. Bisa Membuat Hubungan Antar Konten

Plugin yoast sanga membantu Anda membuat internal linking. Ini bisa juga memperbesar kemungkinan konten Anda mendapatkan urutan teratas.

Yang dibuat lengkap dan relevan. Selain itu, Yoast seo juga sudah terintegrasi dengan Google Search Console. jadi anda bisa memantau performa website di mesin pencari dan memperbaiki kesalahan pada crawling.

Elementor

Plugin ini juga merupakan. plugin yang telah di lengkapi dengan pengaturan dengan visual website. dengan anda memakai plugin ini, Anda bebas mendesain tampilan halaman pada web dan juga hingga post dengan mudah. dan dilengkapi dengan fitur tambaha drag and drop, Anda tinggal menarik blok konten yang sudah tersedia.

Dan juga menaruhnya di posisi yang kita inginkan. Pada prinsip, apa yang kita liat ketika mendesain halaman akan menjadi sebuah tampilan yang juga lebih diliat oleh pengunjung website.

Tapi bukan, hanya tampilan dekstop saja yang bisa bisa anda didesain. Dengan plugin Elementor ini, Anda bisa juga melakukan Custom pada tampilan web,

Selain itu annda juga bisa membuat halaman khusus untuk website Maintanance atau Coming Soon. dari plugin Elementor bisa memudahkan kita.

Dan untuk penggunaan, untuk plugin ini yang sangat ramah pasti nya. pada setiap perubahan yang dibuat akan dicatat. jadi ketika kita ingin membalikkan desain website ke tampilan yang lama, kita hanya  cukup Ctrl+Z di keyboard pada klik versi tampilan yang kita inginkan.

Contack From.

Contack from, tentu saja sangat membantu anda setelah membuat segala macam formulir di website. Mulai dari formulir kontak, formulir berlangganan, dan juga formulir pembayaran bisa anda buat, tapi sesuai kebutuhan saja.

Plugin ini juga telah enyediakan pre-built template. Jadi kita tak perlu lagi susah membuat formulir contact dari awal membuat web, bisa langsung anda costum.
sehingga sangat cocok dengan tampilan pada website.

yang terahkir yang paling penting adalah. juga perlu manambah beberapa halaman seperti.

• About Us
• Privacy Police
• TOS ( Disclaimer Of Server )

Kesimpulan.

Ternyata membuat sebuah web portofolio itu sendiri  bukan hal yang ternyata tidak mudah dan pasti nya sulit, kita juga di harus sedikit kesabaran dan juga membuat kreativitas agar web anda bisa menjadi web yang di bayangan kan sebelum nya.
Source Image https://webflow.com