Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update! Cara Terbaru Membuat Subdomain Tanpa Hosting Di Blogspot Menggunakan Niagahoster

Update! Cara Terbaru Membuat Subdomain Tanpa Hosting Di Blogspot Menggunakan Niagahoster

Assalamualaikum sahabat blogger, pada artikel singkat kali ini, izinkan saya memberikan sebuah tutorial tips bagaimana cara nya membuat subdomain di blogger tanpa kita mempunyai hosting. Banyak temen temen saya bertanya kepada saya, bang abang pakek hosting yah, kok banyak banget subdomainnya?

Saya jawab: tidak, saya menggunakan blogger.

Nah pasti diantara kalian ada yang bertanya, bukankah kalo kita ingin membuat subdomain harus mempunyai hosting yah, karena bikin nya lewat cpanel?

Jawabannya adalah, tidak juga, kenapa demikian? Karena saya sendiri yang menggunakan blogger alias tidak pernah pakek hosting tetep bisa membuat subdomain tanpa hosting, alias cuma mempunyai domainnya saja.

Sebelum saya membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita pelajari dulu apa itu domain dan apa itu subdomain.

Apa itu domain?

Untuk masalah domain ini, saya rasa kalian semua sudah pada tahu,, tapi tdak apa apa lah saya akan sekaligus sharing kepada kalian, siapa tau yang membaca artikel ini belum tahu apa itu domain.

Secara ringkas domain adalah sebuah alamat dari website atau blog kita, jadi kalo seandainya kita umpamakan dalam dunia nyata supaya lebih mudah di pahami, website kita atau blog kita itu adalah semuah rumah, dan domain tersebut adalah alamatnya.

Jadi, kalo kita punya rumah tapi tidak mempunyai alamat ya otomatis orang tidak akan pernah tau dong rumah kita dimana, begitu juga dengan web atau blog, kalo blog atau website kita tidak memiliki domain maka tidak akan pernah bisa di akses oleh orang lain, bahkan oleh kita sendiri.

Secara ringkas contoh dari domain itu seperti, detik.com, musaffa.my.id, kursuskomputergratis.com, forumkomputer.com dan lain sebagainya.

Setelah kita membahas domain kita akan lanjut membahas apa itu subdomain?


Secara ringkas subdomain adalah sebuah domain yang tidak berdiri sendiri, dia adalah anak dari domain kita. Dan fungsi dari subdomain ini adalah sebagai extension dari nama domain kita yang sudah terdaftar, sehingga kalian bisa mengarahkan pengunjung kalian ke halaman web atau blog yang berbeda.

Saya akan berikan sebuah contoh dari subdomain, saya bebrapa hari lalu membeli sebuah domain di niagahoster. Domain yang saya beli adalah domain lokal, yaitu My.Id. kenapa saya memilih My.id? jawabannya adalah karena murah wkwkwkw…

Domain tersebut saya pakek buat blog baru saya tentang agama, dan alamat blog saya adalah ini www.musaffa.my.id, sekarang saya akan bertanya kepada kalian, apakah blog saya tersebut menggunkan domain induk ataukah subdomain?

Jawabannya adalah subdomain, mengapa ? karena domain induknya adalah musaffa.my.id, sementara www disini merupakan subdomain. Tidak harus www, kita bisa merubahnya menjadi, blog.musaffa.my.id. dan dari domain musaffa.my.id tersebut, saya bisa membuat banyak blog dengan domain yang sama, cuma awalnya aja yang membedakan.

Maksud dari awalnya disini adalah subdomainnya. Dan kemaren saya telah selesai membuat subdomain, dengan alamat arabic.musaffa.my.id.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Caranya sangat mudah, kalian ikuti saja langkah langkah dibwah ini.

Cara Membuat Subdomain Tanpa Hosting Di Niagahoster

Pertama, kalian wajib memiliki domain, jika belum mempunyai domain, silahkan beli disini.

Kedua, setelah kalian membeli domain nya, kalian aktifkan domainnya. Bagi yang belum mengetahui cara mengganti domain bawaan blogspot menjadi custom domain, silahkan kalian baca artikel saya sebelumnya tentang Update! Cara terbarumengganti domain bawaan blogspot menjadi Custom domain Atau Top Level Domain.

Ketiga, setelah domain kalian aktif, silahkan bikin blog baru, jika selesai kalian masuk ke pengaturannya dan kalian ganti domain nya menjadi domain yang nantinya akan kalian pakai sebagai subdomain dari blog baru kalian.

Keempat, setelah semua selesai, kalian pergi ke tempat panel niagahoster kalian, pilih layanan produk dan scroll dikit kebawah, nanti kalian akan melihat tulisan Domain. Nah silahkan kalian klik dan pilih domain apa yang mau dari domain tersebut kalian ingin membuat subdomain. Setelah selesai kalian pilih kelola.

Update! Cara Terbaru Membuat Subdomain Tanpa Hosting Di Blogspot Menggunakan Niagahoster

Kelima, nah di bagian ini yang paling pentig, kalian pilih DNS Management, kemudian kalian scroll kebawah dan kalian pilih Add New Record.

Update! Cara Terbaru Membuat Subdomain Tanpa Hosting Di Blogspot Menggunakan Niagahoster

Keenam, silahkan kalian isi. Dibagian Record Type, silahkan kalian isi A Record, kemudian di bagian name kalian isi dengan subdomain kalian. Contoh, jika domain kalian adalah indonesiaku.com dan kalian ingin membuat subdomain dengan alamat blog.indonesiaku.com, maka di bagian name, kalian isi dengan blog.

Update! Cara Terbaru Membuat Subdomain Tanpa Hosting Di Blogspot Menggunakan Niagahoster

Dibagian IPv4 Address, kalian masukkan 4 kode dibawah ini satu persatu, dengan kata lain kalian harus melakukan nya sebanyak 4 kali.
  •  216.239.32.21
  •  216.239.34.21
  •  216.239.36.21
  •  216.239.38.21


Catatan, kalian harus memasukka kode tersbut satu persatu dimulai dari nomor satu.

Ketujuh, setelah kalian membuat 4 A Record dengan kode diatas, maka kalian pilih lagi Add New Record, di bagian Record Type, silahkan kalian pilih CNAME, di bagian name, kalian isi dengan subdomain kalian, dan di bagian IPv4 Address, silahkan kalian isi dengan ghs.google.com. kemudian klik Save Changes.

Update! Cara Terbaru Membuat Subdomain Tanpa Hosting Di Blogspot Menggunakan Niagahoster

Biasanya pada langkah terkhir ini muncul seprti ada yang eror, tapi kalian tak usah khawatir, jika ada masalah seperti itu kalian tinggal pencet tombol x untuk kluar dan kalian tinggal tunggu sampai subdomain kalian aktif dan bisa di akses.

untuk subdomain ini, setelah kalian ikuti tutorial diatas, maka blog kalian yang memnggunakan subdomain tidak akan langsung seketika itu juga bisa si akses, kalian harus menunggu beberapa menit

Mungkin sekian artikel dari saya, apabila ada kesalahan dalam apa yang saya ucapkan, silahakan di kritik lewat kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini.

Jika ada yang belom paham silahkan simak video tutorial nya dibawah ini