Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google for Media #5 akan mengulas perubahan ekosistem digital

Pengguna, pemasar, dan terutama penerbit konten semuanya berperan vital dalam ekosistem digital. Ekosistem digital terus mengalami perubahan, dan dengan semua perubahan yang ada kita harus menghadapinya bersama-sama serta sebagai sebuah ekosistem kita harus beradaptasi.

Pemasar dan penerbit konten  harus bersiap untuk menghadapi masa depan yang berfokus pada pengguna dan mengutamakan privasi. Tanggung jawab untuk melindungi data pengguna perlu dipahami.


Bagi penerbit konten, hal ini berarti bahwa kebutuhan pengguna belum berubah, tetapi ekspektasi pengguna bertambah tinggi dalam hal transparansi penggunaan data pengguna. Pengguna masih ingin mengakses konten premium berkualitas tinggi di web dan aplikasi. Google pada dasarnya meyakini pentingnya akses yang mudah ke web terbuka, meski nantinya akan terjadi evolusi digital berikutnya hal  ini terus menjadi nilai yang utama. Google berkomitmen untuk membantu penerbit konten menghadapi evolusi ini. 

Google telah berbicara dengan sejumlah penerbit konten dalam beberapa bulan terakhir, dan mengumpulkan hasil observasi serta praktik terbaik para penerbit konten dalam bersiap menghadapi masa depan yang mengutamakan Privasi. Berikut ini di antaranya:


  1. Pertama, pastikan Anda transparan dengan pengguna mengenai penggunaan data di properti Anda. 

  2. Pertimbangkan penggunaan teknologi dan perekrutan SDM khusus untuk mengembangkan strategi data pihak pertama untuk iklan, rekomendasi konten, dan langganan dengan cara yang aman untuk privasi. 

  3. Pertimbangkan untuk mengembangkan atau memanfaatkan hubungan langsung yang sudah ada dengan agensi dan pengiklan. 

  4. Pertimbangkan untuk mengeksplorasi alternatif dan peluang yang ada


Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang hal ini, Jessica Martin - Head of Ads Privacy, Google APAC akan memaparkan topik “The Changing Digital Ecosystem” di webinar Google for Media kelima pada tanggal 15 Desember 2020 jam 13.00-15.00 WIB di kanal YouTube Google Indonesia.