Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Budidaya Ikan Bawal yang Menguntungkan

mediabaca.online - Bicara soal ikan bawal pasti kalian semua pasti sudah pada tahu sebab jenis ikan ini memang banyak digemari oleh masyarakat karena rasa dagingnya yang gurih bila diolah, namun saya sendiri kurang suka dengan ikan ini karena walaupun dagingnya gurih tetapi ikan ini banyak durinya jadi saya agak malas memilihi durinya saat dimakan.



Ikan ini dianggap masyarakat sebagai ikan predator sebab mau memangsa ikan yang lainnya apabila ditempatkan bersama, namun ikan yang mirip dengan ikan piranha yang notabanenya sebagai ikan predator ini ternyata memiliki peluang yang bagus dalam ranah usaha sebab banyak peminat akan ikan ini jadi bila kalian memang belum memiliki usaha atau ingin memulai usaha sampingan bisa mencoba budidaya ikan bawal.

Peluang ini menurut saya masih sangat menjanjikan sebab banyak peminat akan ikan ini baik untuk dikonsumsi atau keperluan yang lainnya, baca juga artikel tentang peluang usaha budidaya ikan nila.

Banyaknya peminat akan ikan ini terbukti karena pada beberapa waktu lalu ada salah satu Dosen saya yang katanya membutuhkan 1 kuintal ikan bawal per bulannya namun ikan bawal itu bukan untuk restoran yang akan dijadikan masakan melainkan untuk dijadikan pakan ikan peliharaannya Beliau, lho kok dijadikan pakan?? katanya ikan bawal itu merupakan predator untuk ikan lain tapi kok malah dijadikan pakan ikan lain, saya juga sempat bingung kenapa demikian tetapi setelah mendengarkan cerita dari Dosen saya itu lalu saya jadi mengerti maksudnya sebab ikan bawal tersebut dijadikan pakan ikan arapaima atau Dosen saya memberinya nama ikan paimo yang merupakan ikan raksasa yang beratnya bisa mencapai puluhan kilogram.

Saya sempat kaget dan juga tidak percaya tapi setelah melihat videonya saya jadi percaya akan ikan itu dan ternyata ikan itu memang benar-benar besar, untuk lebih lengkapnya bisa kalian cari tau sendiri di search engine, ok mari kita kembali ke topik lagi, nah itu merupakan salah satu contoh peminat akan ikan bawal jadi mungkin kalian bisa mencoba usaha budidaya ikan bawal ini.

Bila kalian yang ingin memulai usaha budidaya ikan bawal bisa memilih beberapa pilihan budidayanya sebab kalian bisa memilih budidaya benih, pembesaran bawal, pemasarannya atau gabungan dari pilihan tersebut dan itu semua terserah kalian. Pilihan tersebut sebenarnya sama saja namun pasti ada resiko yang akan kalian dapatkan, misalnya saja kalian akan memulai usaha pembesaran, tentunya kalian harus siap melakukan perawatannya sampai siap untuk dijual dan yang terpenting dari proses perawatannya tersebut kalian harus memiliki modal lebih untuk membeli pakan sampai ikan siap jual, pemberian pakannya pun harus sesuai dengan aturan yang ada agar ikan tersebut bisa tumbuh dengan baik.

Berbeda dengan usaha pembenihan sebab modal untuk membeli pakannya pun tidaklah banyak karena bila sudah berumur beberapa hari setelah penetasan tersebut benih ikan bawal sudah siap dijual atau ditebar ke kolam, pilihan budidaya tersebut sekali lagi tergantung dari minat kalian, bila memang kalian mau memulainya pilihlah yang menurut kalian bisa kalian lakukan.

Demikianlah informasi tentang peluang usaha ternak ikan bawal, mungkin informasi ini tidaklah sempurna namun saya tetap berharap informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.