Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran programmatic bagi penerbit berita di Indonesia

Programmatic merupakan solusi industri periklanan bagi proses penjualan dan pembelian yang lebih efisien dan modern. Pada dasarnya, programmatic tercipta karena kebutuhan industri untuk terus maju dan berkembang sehingga diperlukan otomatisasi proses pembelian dan penjualan media iklan dengan dengan platform teknologi dan data.



Di Indonesia, beberapa media sudah memanfaatkan programmatic untuk proses periklanan mereka, diantaranya detiknetwork, emtek digital, dan IDN Media. Fungsi programmatic akan menjadi maksimal ketika penerbit berita memiliki audiens yang sesuai dengan target para pengiklan.

(kiri-kanan) Ari Fadyl, Sylvia Alexandra Sudradjat, Arief Rizqi Masardi, Sundjoyo Sukowijoyo



detiknetwork mulai menggunakan programmatic sejak tahun 2018 dan hingga kini terus berkontribusi terhadap pendapatan iklannya. Arief Rizqi Masardi, Head of Ads Operations, mengungkapkan, “Saat ini direct buying masih menjadi pilar utama periklanan dan pendapatan di detiknetwork. Namun, seiring berjalannya waktu, pendapatan dari programmatic pun terus meningkat. Hal ini didorong oleh adanya audiens detiknetwork yang sesuai dengan target para pengiklan.”



Sundjoyo Sukowijoyo, VP Sales Operation, emtek digital, menjelaskan, “Audiens merupakan faktor penting dalam iklan. Hingga kini, kami terus meningkatkan kualitas dan layanan kami untuk membangun first party audience yang puas dengan konten kami dan juga sesuai dengan target audiens para rekan pengiklan kami.”



Sylvia Alexandra Sudradjat, Head of Business Development, IDN Media, menambahkan, “Di IDN Media, kami percaya ada tiga stakeholders penting, yaitu audiens, partner, dan juga karyawan IDN Media sendiri. Audiens memainkan peran yang semakin penting karena dengan adanya digital, mereka semakin diminta untuk melakukan two way communication, sehingga mereka tidak lagi hanya menerima informasi, tetapi juga bisa menyebarkan informasi.”



Ari Fadyl, Strategic Partner Leader, Online Partnerships Group, Google APAC, menyampaikan, “Kedepannya industri media akan sangat cemerlang dengan terus berinovasi dengan bertransformasi bersama dengan Google. Kami berkomitmen untuk membantu publisher mengembangkan bisnis berkelanjutan dan kami terus berinovasi untuk membuka peluang bisnis di industri periklanan.”



Pada webinar Google for Media kelima yang mengangkat tema “Alternative monetization models and the changing digital ecosystem,” mereka akan berbagi pengalaman tentang peran programmatic bagi bisnisnya. Saksikan selengkapnya pada 15 Desember jam 1-3 siang di goo.gle/googleformedia5.