Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Riset terbaru menunjukkan apa yang mendorong masyarakat Indonesia membayar untuk berita online

Untuk memahami motivasi pembaca berita di Indonesia dan berbagai faktor pendorong utama yang akan membuat mereka mau membayar untuk berita online, Google, bersama Kantar, melakukan riset kepada orang yang mengakses berita online setidaknya tiga kali dalam dua minggu pada bulan September dan Oktober tahun ini. Diketahui bahwa motivator terbesar bagi orang agar mau membayar untuk berita online adalah keinginan untuk mendapatkan informasi yang akurat dan berkualitas tinggi. 

Riset ini menemukan dua tipe penggemar berita. Tipe pertama yaitu seseorang yang mau membayar untuk berita online, hasil riset menunjukkan konten yang akurat dan eksklusif adalah motivator kunci bagi mereka.


Tipe kedua yaitu seseorang yang masih mempertimbangkan untuk membayar berita online, keakuratan konten dan tidak adanya iklan menjadi faktor pendorong mereka mencari tahu lebih dalam lagi tentang membayar untuk berita online.


Untuk mengetahui lebih jauh riset ini hingga akhirnya seseorang berada di tahap pasca pembelian, saksikan “Paying for news in Indonesia” di webinar Google for Media kelima pada tanggal 15 Desember 2020 jam 13.00-15.00 WIB di kanal YouTube Google Indonesia.