Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Keong Mas Sawah yang harus kamu Tahu!

mediabaca.online - Keong mas merupakan hewan yang biasanya hidup dipersawahan atau pinggiran sungai yang ada lumpurnya, hewan ini menjadi salah satu musuhnya petani disawah karena merupakan hama yang merugikan tanaman sehingga oleh petani biasanya dibuang, baca juga artikel saya sebelumnya tentang peluang usaha belut sawah.


Manfaat Keong Mas Sawah yang harus kamu Tahu!

Mungkin bagi kalian yang hidup diperkotaan sangat jarang bisa menemui hewan yang satu ini.

Namun keong mas ini sudah melegenda sejak dulu, buktinya saja ada beberapa cerita rakyat yang berkaitan dengan keong ini, ya percaya tidak percaya sih tapi yang jelas cerita rakyat ini bisa lebih menginspirasi kita,  karena sekarang jarang ada cerita yang berbobot, kebanyakan cerita jaman sekarang hanya berisi tentang percintaan para remaja yang sebenarnya itu tidak mendidik.

Apa itu Keong Mas?

Nama keong Mas ini diambil dari warna keong yang seperti warna emas, adapun keong mas sendiri mudah ditemukan habitatnya di persawahan. Karena makanan favorit keong mas adalah pohon padi yang masih muda.

Adapun Keong adalah jenis siput air tawar yang berasal dari Amerika Selatan dan menyebar sampai ke Indonesia.

Mau tahu ap saja manfaat keong mas sawah?

Manfaat dari Keong Mas

Ok kita kembali ke topik awal yaitu tentang keong mas, walaupun keong merupakan hewan yang dibenci petani tetapi ternyata keong ini memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin sebagian besar orang belum mengetahuinya.

Contoh gampangnya saja didaerah saya ini banyak yang menekuni usaha ternak bebek dan ternyata untuk urusan pakannya sering ditambahkan keong mas sebagai campuran, kata para peternak itu bahwa:
  • Keong mas memiliki banyak kandungan protein yang bisa membantu bebek dalam memproduksi telur.
  • Keong juga bisa membantu dalam membersihkan lumut bagi kalian yang memiliki kolam ikan.
  • Keong juga bisa dikonsumsi oleh manusia
Jujur sih saya belum pernah mencoba memakannya karena melihatnya saja udah geli apalagi bila harus memakannya pasti udah gak kuat.

Namun bagi pecinta kuliner mungkin keong ini bisa disulap menjadi makanan yang lezat, biasanya keong ini diolah menjadi makanan seperti digoreng, ditumis, dibotok atau yang lainnya.

Manfaat Keong Untuk Pertanian

Walaupun dianggap sebagai hama oleh para petani namun secara tidak langsung keong mas berperan sebagai penyubur tanah, kenapa saya bilang seperti itu karena didaerah saya kebanyakan para peternak bebek melepaskan ternaknya diarea sawah yang terdapat banyak lumpur dan keong.

Itu berarti para bebek itu ikut membantu menggempurkan tanah saat menginjak-injak sawah untuk mencari keong dan jangan lupa kalau bebek pasti juga sering mengeluarkan kotoran disawah saat mencari makanannya.

Dan secara tidak langsung berarti kotoran itu bisa menjadi pupuk organik untuk sawah sehingga di masa penanaman selanjutnya hasil dari panennya kan lebih berkualitas karena tanahnya sudah subur dengan adanya pupuk organik dari kotoran bebek.

Demikianlah informasi tentang manfaat keong mas sawah, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.