Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 destinasi wisata domestik yang banyak dicari di kalangan wisatawan Indonesia

Laporan Year in Search 2020 Indonesia: Looking back to move your business forward menggambarkan perilaku masyarakat Indonesia berdasarkan data Google Trends. 



Mencoba merencanakan perjalanan tahun ini memiliki tantangannya tersendiri. Namun, orang-orang tak sabar ingin berganti suasana. Mereka pun mencari cara yang aman dan kreatif untuk bepergian. Karena imbauan protokol keamanan yang berbeda-beda di berbagai wilayah, banyak wisatawan yang memilih destinasi wisata keluarga terdekat dari rumah yang jaraknya masih bisa dijangkau mobil.


Orang Indonesia memprioritaskan kesehatan dan keamanan saat merencanakan perjalanan. Menurut Survei Konsumen Bulanan Google pada November 2020 terkait tujuan wisata, 3 faktor pertimbangan utama orang Indonesia saat merencanakan perjalanan adalah kesehatan dan keselamatan, harga dan promosi, dan reputasi agen travel. 


Staycation masih tetap populer. Namun, orang Indonesia juga mencari aktivitas rekreasi luar ruangan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Peningkatan penelusuran year-on-year untuk “staycation”, lebih tinggi dibanding kenaikan 150% YoY di 2019 saat staycation masih terbilang baru dan menjadi konsep yang lumayan populer


Dengan berbagai pertimbangan tersebut beberapa tempat penelusuran untuk tujuan wisata keluarga seperti Cipanas dan Anyer, naik lebih dari 50-75% antara Juli dan Oktober 2020.


Berikut adalah 10 tujuan domestik teratas di penelusuran antara Juli dan Oktober di antara wisatawan Indonesia:



Selain tujuan wisata yang lokasinya masih terjangkau, wisata alam dan tempat rekreasi keluarga juga mulai disukai masyarakat Indonesia.


Untuk melihat laporan dan data tren selengkapnya, silakan download laporannya di sini.