Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belanja online meningkat, pembayaran cashless dan pay later banyak dicari

Laporan Year in Search 2020 Indonesia: Looking back to move your business forward menggambarkan perilaku masyarakat Indonesia berdasarkan data Google Trends. 


Kegiatan berbelanja mengalami perkembangan signifikan di seluruh Indonesia sejak dimulainya COVID-19. Konsumen menjadi lebih cerdas dalam berinteraksi dan berekspektasi terhadap brand. Mereka juga tidak ragu untuk menjual produk atau mempromosikan bisnis sampingannya secara online. 


Seiring meningkatnya pembelian secara online, pencarian tentang pembayaran untuk pembelanjaan online yang cepat, aman dan nyaman pun meningkat. Laporan ini menyebutkan pencarian opsi pembayaran menunjukkan peningkatan, misalnya penelusuran “cashless” meningkat 160%, dan penelusuran “pay later” meningkat 97%. Tak hanya itu saja banyak orang melakukan penelusuran “gratis ongkir” yang mengalami peningkatan sebesar 33%.



Bukan hanya kelompok milenial, Generasi X, dan boomer saja yang berbelanja online. Berdasarkan laporan Gen Z Indonesia 2020 dari Google/Kantar/SixthFactor menyebutkan bahwa Generasi Z negeri ini yang terlahir di zaman digital dan memiliki preferensi serta kebiasaan tersendiri, dan juga daya beli yang lebih kuat. Tahun ini, interaksi mereka dan para retailer dengan cepat berpindah ke medium online.



Peningkatan belanja online juga ditunjukkan dengan peningkatan pencarian kebutuhan dasar dengan bantuan penelusuran Google. Penelusuran “produk segar” yang di tahun 2019 hanya meningkat sebesar 50%, tahun ini mengalami peningkatan sebesar 90%. Selain itu peningkatan 26% terjadi pada penelusuran “deterjen” di tahun 2020 untuk produk perawatan rumah, sementara penelusuran untuk produk pembersih lainnya yang menggunakan tangan melonjak hingga 100% karena meningkatnya fokus pada kebersihan pribadi dan rumah.


Selain kebutuhan dasar, minat untuk membeli furnitur di Indonesia meningkat dengan cepat karena semakin banyak orang yang bekerja dari rumah. Penelusuran rak dan peningkatan penelusuran terkait produk “ergonomis” meningkat.


Untuk melihat laporan dan data tren selengkapnya, silakan download laporannya di sini.