Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berinvestasi untuk Memberdayakan Pengalaman YouTube demi Video Generasi Selanjutnya

oleh Neal Mohan, Chief Product Officer, YouTube



Pernahkah Anda memikirkan apa saja yang terlibat dalam pengembangan alat seluler YouTube untuk merekam video singkat? Atau upaya apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung jutaan orang agar dapat menonton konser live dalam resolusi HD? Itulah yang ingin kami sampaikan melalui seri blog baru ini, supaya Anda memahami bagaimana kami mengubah ide-ide inovatif menjadi realitas canggih bagi penonton dan kreator. Melanjutkan seri kami sebelumnya tentang tanggung jawab YouTube, kami akan menjabarkan upaya berkelanjutan yang kami lakukan untuk meluncurkan babak baru dalam teknologi video. 

 

Mengubah cara penonton menikmati video

 

Saat ini, dengan semakin pentingnya video dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan penonton berkembang lebih cepat daripada sebelumnya. Untuk memenuhi tuntutan tersebut dalam setahun ke depan, kami berusaha mendefinisikan ulang cara penonton menikmati video. Anggaplah YouTube sebagai panggung global untuk video: sebagaimana semua manajer panggung yang baik, tugas kami adalah menciptakan lingkungan terbaik bagi kreator dan pengalaman menonton terbaik bagi penonton. 

 

Navigasi yang lebih mudah: Dalam beberapa tahun terakhir ini saja, kami telah memperkenalkandesain desktop yang baru,fitur-fitur seluler baru, dantampilan halaman tonton yang baru. Tahun ini, kami akan menghadirkan lebih banyak update ke berbagai perangkat untuk memudahkan penonton berinteraksi dengan kreator dan konten favorit mereka. Tahun lalu, kami meluncurkan segmen video untuk membantu penonton berpindah-pindah dalam video dengan mudah. Sejak saat itu, kami mendapati semakin banyak kreator yang menambahkan segmen ke video mereka, lebih dari 30 ribu video per hari. Oleh karena itu, kami akan segera memperluas fitur ini untuk otomatis menambahkan segmen video ke video yang relevan. Kami juga akan menjadikan pengalaman menonton terasa lebih intuitif, misalnya dengan memodernisasi desain YouTube di tablet, dan memperkenalkan fitur baru seperti pengalaman Dengarkan Terlebih Dahulu untuk membantu pengguna menemukan konten yang cocok didengar, seperti podcast.

 

 

Mendukung format-format yang baru muncul: YouTube telah lama berinvestasi secara proaktif dalam teknologi visual terkini. Saat ini, YouTube mendukung berbagai video beresolusi SD, HD, 4K, VR, HDR, dan video live di hampir semua perangkat yang memiliki koneksi internet, mulai dari desktop hingga perangkat seluler, konsol game hingga headset VR. Dalam tahun ini, kami akan meluncurkan desain baru untuk halaman beranda aplikasi YouTube VR guna memperlancar navigasi, meningkatkan aksesibilitas, dan mempertajam fungsi penelusuran.


Dengan lebih dari 2 miliar penonton global yang login ke YouTube setiap bulan, kami semakin sadar pentingnya menghadirkan aplikasi dan pengalaman kustom yang merespons kebutuhan unik setiap pengguna. 



Memperluas YouTube ke TV. Meskipun kebanyakan video YouTube ditonton di perangkat seluler, YouTube di TV mencatatkan pertumbuhan tercepat. Di Amerika Serikat saja, 100 juta orang kini menonton YouTube dan YouTube TV dari layar TV. Itulah alasan kami menghadirkan YouTube TV, sebagai upaya untuk menghadirkan pengalaman YouTube yang sama ke konten TV. Dalam beberapa tahun saja, YouTube TV telah memiliki 3 juta subscriber, lebih dari 85 jaringan, dan menawarkan DVR tanpa batas. Penggemar olahraga bahkan dapat menikmati pertandingan favoritnya dengan kemampuan untuk menonton highlight, menyembunyikan spoiler, dan melihat statistik real-time. Sejumlah fitur baru juga akan hadir, termasuk opsi add-on baru yang memungkinkan penonton menikmati acara yang tersedia dalam format 4K atau mendownloadnya ke DVR untuk ditonton offline pada lain waktu. Selain itu, opsi ini akan menyertakan streaming serentak tanpa batas di rumah, sehingga seluruh anggota keluarga dapat menikmati YouTube TV di beberapa layar secara bersamaan. 

 

Menciptakan momen musik yang berkesan. YouTube Music memiliki lebih dari 70 juta trek resmi, plus playlist, remix, video musik, pertunjukan live, cover, dan trek langka yang tidak dapat ditemukan di platform lain. Karena lanskap musik terus bergeser secara dinamis, kami meluncurkan lebih banyak video mix pilihan yang berfokus pada aktivitas sehari-hari dan mood dalam menikmati musik. Penggemar musik yang suka membuat playlist sendiri akan mendapati lebih banyak fitur lagi. Selain itu, kami juga akan membuat playlist buatan pengguna lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain di platform YouTube. 

 

 

Menghadirkan pengalaman yang aman bagi anak-anak. Anak-anak memerlukan lingkungan yang lebih aman untuk menjelajahi minat, memuaskan keingintahuan, dan membangkitkan kreativitas mereka. Pada tahun 2015, kami meluncurkan YouTube Kids untuk memberikan peluang tersebut kepada anak-anak, sekaligus memberdayakan orang tua dengan serangkaian alat untuk menyesuaikan pengalaman menonton bagi anak mereka. Orang tua dapat memilih konten yang boleh ditonton anak, membatasi waktu menonton, dan memblokir video. Sekarang, ada lebih dari 35 juta penonton mingguan dari 80 negara lebih yang menggunakan YouTube Kids. Tahun ini, kami juga akan menawarkan alat baru untuk orang tua, termasuk opsi yang sangat dinantikan yang memungkinkan orang tua menambahkan video dan channel tertentu dari platform YouTube utama yang dapat ditonton anak di YouTube Kids.

 

 

Memperluas peluang bagi kreator

 

Setiap kreator yang pernah saya temui memiliki cerita tersendiri mengenai apa yang memotivasi mereka untuk membuat video YouTube pertamanya atau bagaimana mereka mengubah kegemaran akan video ini menjadi bisnis. Kami berkomitmen untuk tidak hanya membantu kreator memulai karier, tetapi juga menyediakan lebih banyak cara untuk meraih kesuksesan. 

 

Menempatkan kreativitas dalam genggaman Anda. Tahun lalu, jumlah channel baru melonjak 95 persen, yang semuanya ingin mendapatkan penonton di YouTube. Namun, kami tahu masih ada banyak orang yang mengalami kendala untuk membuat konten. Oleh karena itu, kami menghadirkan Shorts, alat pembuat video berdurasi singkat yang memungkinkan kreator dan artis merekam video singkat menggunakan ponsel mereka. Saat ini, Shorts tersedia dalam versi beta di India. Sejak awal Desember, jumlah channel India yang menggunakan Shorts meningkat lebih dari tiga kali lipat, dan pemutar YouTube Shorts kini mendapatkan lebih dari 3,5 miliar tontonan per hari di seluruh dunia. Dalam beberapa minggu ke depan, kami akan mulai memperluas versi beta ini ke AS. Dengan begitu, alat tersebut akan tersedia bagi lebih banyak kreator agar mereka dapat mulai menggunakan Shorts.

 

Membantu kreator membangun bisnis. Dalam rangka mendukung kreator dan perusahaan media generasi mendatang miliknya, lebih dari satu dekade yang lalu kami memperkenalkan Program Partner YouTube (YPP), yang merupakan yang pertama dari jenisnya. Dalam tiga tahun terakhir, kami telah membayarkan lebih dari $30 miliar kepada kreator, artis, dan perusahaan media. Saat ini, kreator yang tergabung dalam YPP dapat menghasilkan uang dari konten YouTube miliknya melalui sekitar sepuluh cara berbeda, mulai dari menjalankan iklan hingga menjual merchandise. [Placeholder for creator success story].


Kami akan terus memperkuat produk-produk monetisasi yang ada, dan juga mencari lebih banyak cara untuk membantu kreator memvariasikan sumber pendapatan mereka. Terinspirasi oleh kesuksesan Super Chat dan Super Stickers untuk livestream, kami sedang menguji fitur baru, yaitu tepuk tangan, yang memungkinkan penggemar menunjukkan dukungannya kepada channel YouTube favoritnya. Fitur ini membuka peluang monetisasi baru untuk konten yang diupload kreator, dan kami berencana untuk meluncurkannya ke lebih banyak kreator dalam tahun ini.


 


Belanja untuk generasi selanjutnya. Kami juga ingin mengembangkan rangkaian lengkap peluang monetisasi ini melalui commerce. Konsumen semakin cenderung untuk berbelanja di platform digital, dan kami melihat adanya peluang untuk memenuhi permintaan akan e-commerce yang terus meningkat ini. Kami melakukan pengujian beta atas pengalaman berbelanja terintegrasi baru yang memungkinkan penonton memanfaatkan kredibilitas dan pengetahuan kreator tepercaya untuk melakukan pembelian yang tepat langsung di YouTube. Nantikan ekspansi fitur beta ini selama 2021. 

 

 

Jika digunakan bersama, semua produk ini akan semakin melejitkan ekonomi kreatif yang ada saat ini dan perusahaan media generasi selanjutnya.

 

Liputan eksklusif di balik layar

 

Dalam seri blog ini, kita akan mendengar langsung dari para engineer, manajer produk, dan desainer YouTube yang membagikan pengalaman langsung mereka dalam meningkatkan standar kualitas video online. 

 

Kami tidak sabar untuk menunjukkan bagaimana misi YouTube untuk “Memberi kebebasan berpendapat dan menunjukkan dunia kepada setiap orang” mendorong upaya kami untuk terus meningkatkan platform ini. Saya sering mengatakan kepada tim dan kolega bahwa “Kita baru memulai”. Dan saya tidak sabar untuk menunjukkan dunia kami kepada Anda melalui perspektif mereka.