Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Workspace for Education hadirkan lebih banyak opsi untuk institusi

Sepanjang tahun lalu di Indonesia dan seluruh dunia, kami menyediakan banyak fitur gratis seperti angkat tangan di Google Meet, rubrik di Classroom, dan saran tata bahasa di Dokumen. Kami juga bekerja keras meningkatkan penawaran premium dengan meluncurkan lebih dari 25 fitur baru pada 2020, semua untuk memberikan kontrol keamanan dan alat-alat kolaborasi yang lebih baik.



Saksikan acara Learning with Google yang berbagi berita terbaru tentang produk pendidikan kami, termasuk 50+ fitur baru di seluruh dunia, dan menyoroti cerita dari pengajar di seluruh dunia yang menggunakan alat kami untuk membantu mengubah proses belajar mengajar.



Hari ini kami ingin memperkenalkan generasi baru G Suite for Education, yaitu Google Workspace for Education. Dalam Google Workspace for Education, terdapat semua produk yang sudah biasa Anda gunakan seperti Classroom, Meet, Gmail, Kalender, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan banyak lagi. Lebih dari 170 juta pelajar dan pengajar di seluruh dunia mengandalkan alat-alat kami. Semua yang Anda butuhkan untuk belajar, mengajar, berkomunikasi, dan berbagi akan tersedia di satu tempat yang mudah diakses dari mana saja melalui perangkat apa saja. Untuk memenuhi kebutuhan institusi yang bermacam-macam di seluruh dunia, dari tingkat pra-TK hingga doktoral, Google Workspace for Education akan tersedia dalam tidak hanya dua, melainkan empat edisi yang berbeda.



Edisi gratis G Suite for Education akan berganti nama menjadi Google Workspace for Education Fundamentals. Kalau sekarang menggunakan edisi ini, Anda tidak akan melihat perubahan apa pun selain nama dan sejumlah fitur baru. Kami akan terus menciptakan solusi baru untuk versi gratis ini dengan sangat memperhatikan masukan dari pengajar tentang kebutuhan mereka.


Edisi berbayar kami ditujukan bagi institusi yang membutuhkan perlindungan keamanan yang lebih kuat atau yang ingin mengembangkan alat belajar-mengajar yang sudah tersedia. Dengan edisi berbayar, institusi dapat meningkatkan semua fitur Education Fundamentals untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka:

  • Google Workspace for Education Standard merupakan pengembangan dari Education Fundamentals yang memberikan perlindungan lebih tangguh melalui Pusat Keamanan, visibilitas lebih besar dengan alat-alat seperti log audit tingkat lanjut, dan kontrol lebih lengkap seperti dengan manajemen tingkat lanjut untuk perangkat seluler agar pembelajaran online semakin aman.

  • Teaching and Learning Upgrade berada di atas Education Fundamentals dan Education Standard dengan menyediakan kemampuan komunikasi video tingkat lanjut di Google Meet, berbagai fitur untuk memperkaya pengalaman kelas di Classroom, serta alat-alat untuk membantu melatih pemikiran kritis dan menjaga integritas akademis dengan fitur laporan keaslian.

  • Google Workspace for Education Plus (sebelumnya disebut G Suite Enterprise for Education) meningkatkan fitur-fitur yang tersedia di Education Fundamentals, Education Standard, dan Teaching and Learning Upgrade. Ini adalah edisi teratas yang menyediakan solusi lengkap dengan keamanan, analisis, dan kemampuan belajar-mengajar tingkat lanjut, serta banyak lagi.


Education Fundamentals dan Education Plus saat ini sudah tersedia, sedangkan Education Standard dan Teaching and Learning Upgrade dapat dibeli mulai 14 April 2021. Institusi yang sudah membeli G Suite Enterprise for Education akan mulai melihat nama edisi baru, yaitu Education Plus, pada konsol admin mereka dan otomatis mendapatkan semua fitur Education Plus. Untuk mendapatkan perbandingan lengkap antar-edisi Google Workspace for Education, silakan kunjungi situs kami.




Memperkenalkan kebijakan penyimpanan baru

Google sebelumnya selalu menawarkan penyimpanan tak terbatas secara gratis bagi sekolah dan universitas yang memenuhi syarat. Akan tetapi, karena kami melayani semakin banyak sekolah dan universitas dari tahun ke tahun, konsumsi penyimpanan juga meningkat dengan pesat. Penyimpanan saat ini tidak dikonsumsi secara adil, baik di antara institusi maupun di dalam sebuah institusi. Pengurus sekolah pun tidak memiliki fasilitas yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah ini. Untuk mendukung sekolah melangkah ke depan dan memastikan sumber daya yang berharga ini terdistribusi secara adil, kami akan menerapkan model penyimpanan baru, yaitu pooled storage, serta membantu admin dan pengurus sekolah dalam mengelola penyimpanan. Kami tetap berkomitmen untuk memberi semua institusi di seluruh dunia pengalaman yang terbaik di kelasnya, termasuk penyimpanan gratis dalam jumlah cukup besar untuk mendukung proses pendidikan yang berkualitas.



Model penyimpanan baru ini akan membekali sekolah dan universitas dengan pooled cloud storage standar sebesar 100 TB untuk dimanfaatkan semua pengguna mereka - lebih dari cukup untuk menampung setidaknya 100 juta dokumen, 8 juta presentasi, atau 400.000 jam video. Kebijakan ini akan mulai berlaku untuk semua edisi Google Workspace for Education bagi pelanggan baru pada akhir 2021 dan bagi pelanggan lama pada Juli 2022. Agar admin dapat beradaptasi dengan model ini dan mengoptimalkan penyimpanan mereka, kami akan menyediakan berbagai alat untuk mengidentifikasi serta mengelola penggunaan dan pengalokasian penyimpanan jauh sebelum kebijakan ini diberlakukan.



Anda tidak perlu mengambil tindakan apa pun untuk saat ini, dan model penyimpanan baru ini hanya akan memengaruhi kurang dari 1% institusi. Kami akan langsung menghubungi institusi yang terpengaruh dalam beberapa minggu mendatang agar dapat mendiskusikan opsi penyimpanan yang tepat untuk kebutuhan mereka. Institusi yang memiliki lebih dari 20 ribu pengguna akan diberi penyimpanan tambahan pada tahun ini, sementara semua sekolah bisa mendapatkan akses ke penyimpanan ekstra melalui Education Plus dan Teaching and Learning Upgrade. Untuk mempelajari lebih lanjut cara bersiap menghadapi perubahan ini atau meningkatkan pool penyimpanan bagi institusi Anda, silakan buka Pusat Bantuan.