Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pencarian “motor bekas” meningkat pada tahun 2020, laporan Year in Search 2020 rilis perilaku konsumen otomotif lainnya

Laporan Year in Search 2020 Indonesia: Looking back to move your business forward menggambarkan perilaku masyarakat Indonesia berdasarkan data Google Trends.



Pandemi berdampak besar terhadap sektor otomotif, bagaimanapun industri tersebut telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa di masa-masa yang penuh tantangan ini dan terus berinovasi untuk memenuhi permintaan yang tertahan. 



Sekarang, dengan aktivitas ekonomi yang meningkat dan kasus COVID-19 yang meningkat, permintaan yang tertahan semakin banyak karena lebih banyak orang Indonesia memilih mobil pribadi sebagai alat transportasi pilihan mereka.



Sepanjang tahun 2020, laporan Year in Search 2020: Insights for Brands menunjukkan peningkatan pada pencarian “surat izin mengemudi” meningkat 20% dan pada “perpanjang SIM” meningkat 25%. Selain itu, semakin banyak juga orang Indonesia yang menggunakan mobil sebagai moda transportasi untuk mengambil makanan favorit mereka, hal ini terlihat dari melonjaknya penelusuran untuk “drive thru” sebesar 140%.



Tidak hanya itu, terjadi juga peningkatan minat sepeda motor di kalangan masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan umum dan mencari kendaraan pribadi. Sepanjang tahun 2020, terdapat 11% peningkatan dalam pencarian “motor bekas”.



Dan meskipun kebanyakan orang tinggal di rumah dan tidak banyak berkendara, masih ada permintaan untuk perbaikan dan pemeliharaan. Terjadi peningkatan sebesar 10% dalam pencarian “bengkel mobil terdekat” dan 19% dalam pencarian “bengkel motor terdekat”. Lebih dari itu, para konsumen juga ingin meningkatkan kendaraan mereka, di mana terjadi pertumbuhan sebesar 70% dalam penelusuran untuk “modifikasi motor” dan “modifikasi mobil”, dibandingkan dengan pertumbuhan negatif pada tahun sebelumnya



Menarik juga bahwa segmen tertentu dalam industri otomotif pulih lebih cepat dari yang lain, misalnya minat terhadap mobil dan sepeda balap di Indonesia.




Untuk melihat laporan dan data tren selengkapnya, silakan download laporannya di sini.