Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Semakin banyak orang Indonesia meningkatkan pengetahuan finansial

Laporan Year in Search 2020 Indonesia: Looking back to move your business forward menggambarkan perilaku masyarakat Indonesia berdasarkan data Google Trends.



Masa pandemi COVID-19 membuat masyarakat Indonesia lebih memerhatikan keuangan. Kondisi ini mendorong mereka lebih berinisiatif untuk mempelajari pengelolaan keuangan hingga berbagai alternatif investasi secara daring. Hal ini ditunjukan dalam data Laporan Year in Search 2020: Insights for Brands dari Google.


Laporan menunjukan minat masyarakat yang meroket untuk mempelajari literasi keuangan secara mandiri. Salah satunya adalah dalam mencari pilihan investasi online yang aman dan terjamin. 

  • Penelusuran “reksa dana” meningkat hingga 210%

  • Penelusuran “IHSG” meningkat hingga 90%

  • Penelusuran mengenai “saham” meningkat hingga 25%

Selain itu, penelusuran terkait kata “beli emas online”, “bunga deposito” dan “pegadaian” juga turut menjulang.



Tak dipungkiri, keadaan pandemi membuat banyak orang lebih khawatir terhadap kondisi keuangan mereka. Internet menjadi salah satu sumber favorit untuk mendapatkan dan mempelajari informasi tentang pengelolaan keuangan. Ternyata, masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya “dana darurat” dan “tips menabung”. Hal ini ditunjukkan dengan penelusuran kedua kata tersebut yang meningkat hingga 140% dibandingkan tahun lalu.



Adanya himbauan stay at home, membuat ruang gerak menjadi terbatas dan beralih menjadi online. Laporan tren perilaku konsumen sepanjang 2020 berdasarkan penelusuran di Google menunjukan ada minat yang semakin besar untuk mempelajari dan mengadopsi solusi perbankan online. Seperti pencarian yang berhubungan dengan "buka rekening online", “tabungan online”, serta “cara daftar mobile banking” yang melonjak.



Untuk melihat laporan dan data tren selengkapnya, silakan download laporannya di sini.