Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips bagi brand untuk menyediakan hiburan bagi konsumen selama pandemi

Laporan Year in Search 2020 Indonesia: Looking back to move your business forward menggambarkan perilaku masyarakat Indonesia berdasarkan data Google Trends.



Masa pandemi COVID-19 memberi semakin banyak waktu luang bagi masyarakat Indonesia. Kondisi ini mendorong mereka mencari berbagai cara kreatif untuk menghabiskan waktu bersama keluarga selama di rumah saja. Daring menjadi cara yang dipilih untuk mendapatkan informasi dan hiburan.

 

Laporan Year in Search 2020: Insights for Brands dari Google menunjukkan tren hiburan baru bermunculan dan hobi-hobi favorit kembali muncul ketika orang-orang ingin tetap berkegiatan. Hal ini terlihat dari pencarian hiburan sepanjang tahun 2020: 

  • Penelusuran “podcast meningkat hingga 170%

  • Penelusuran “workout” meningkat hingga 200%

  • Penelusuran “gaming” meningkat hingga 210%

  • Penelusuran “music” meningkat hingga 240%

Terjadi juga lonjakan pencarian pada “hp gaming”, “smart TV” dan “game konsol”.


Orang Indonesia juga memanfaatkan YouTube untuk mendapatkan informasi, permainan, dan hiburan reguler. Di YouTube sendiri, terjadi peningkatan penelusuran pada “cookie”, “kue”, “drama Korea”, dan “multiplayer online battle arena”, serta melonjaknya waktu tonton pada video pengetahuan.

Masyarakat Indonesia juga dikenal dengan kebiasaan berkumpul dan untuk mewujudkannya di tengah pandemi, mereka beralih ke layanan online agar tetap terhubung dengan orang yang dicintai sambil tetap aman di rumah. Seperti pada momen Ramadan yang dirayakan secara online pada tahun 2020, yang menghasilkan lonjakan 4 kali lipat pada penelusuran online get-togethers, silaturahmi virtual, buka bersama online, main game bareng, video call banyak orang, dan beberapa kata kunci terkait lainnya.


Keadaan ini pun telah mengubah cara kita menggunakan internet. Baik masyarakat yang berada di pusat kota maupun di daerah lebih bergantung pada kuota data untuk penggunaan sehari-hari. Tentunya, mereka aktif mencari cara agar kuota data tersebut bertahan lebih lama. Hal ini terlihat dari peningkatan pencarian kata kunci bonus kuota sebesar 30% dan juga pencarian pada promo kuota dan kuota internet gratis yang menurun pada tahun 2019 mengalami peningkatan masing-masing sebesar 25% dan 100% pada tahun 2020.



Gambaran perilaku konsumen selama tahun 2020 ini menjadi peluang bagi perusahaan untuk menyediakan hiburan bagi pelanggannya. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah:

  1. Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen

  2. Selalu mempersonalisasi penawaran produk dan memasarkannya dengan lebih baik

  3. Dorong lebih banyak hiburan melalui hardware yang berbeda


Untuk melihat laporan dan data tren selengkapnya, silakan download laporannya di sini.