Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tren meningkatkan produktivitas di rumah dengan mengandalkan teknologi

Laporan Year in Search 2020 Indonesia: Looking back to move your business forward menggambarkan perilaku masyarakat Indonesia berdasarkan data Google Trends.




Salah satu aktivitas penting yang beralih ke ranah online adalah pembelajaran. Hal ini ditandai dengan penelusuran kata “elearning” yang meningkat hingga 180%. Orang tua berupaya memfasilitasi anak-anak mereka dengan teknologi agar pembelajaran dapat dilakukan secara virtual di rumah, demi keamanan sang anak. Pencarian kata “laptop untuk sekolah” pun meroket hingga 315%. Selain itu, pencarian kata “handphone anak” turut melambung hingga 140%.

 


Selain kebutuhan belajar, orang Indonesia juga mengandalkan teknologi untuk membangun gaya hidup aktif dan menjaga tubuh tetap bugar saat berada di dalam ruangan. Kata kunci “smart scale” meningkat hingga 225%, sedangkan “treadmill” menjulang hingga 75% dan “sepeda statis” melambung sampai 30% juga turut melambung dibanding tahun lalu. 



Walaupun telah menemukan barang yang dicari dari penelusuran online, masyarakat Indonesia masih tertarik untuk melakukan pembelian secara langsung. Hal ini tercermin dalam penelusuran kata kunci “toko sparepart elektronik terdekat” yang meroket hingga 300% dan “toko elektronik terdekat” yang juga meningkat hingga 30%.




Tips untuk perusahaan


Untuk bersiap menghadapi 2021, Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing di Google Indonesia, memberikan tiga tips penting bagi perusahaan untuk memahami apa yang paling penting bagi konsumen:

  1. Sesuaikan pesan pemasaran Anda dengan kebutuhan teknologi konsumen yang terus berubah. Kata kunci pencarian ”selama pandemi” atau “WFH” adalah istilah pencarian yang meningkat untuk perangkat baru yang dapat Anda manfaatkan. 

  2. Soroti nilai produk yang paling dicari. Anda bisa memanfaatkan iklan cantuman produk atau kampanye belanja. Google Belanja disiapkan sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan produk Anda.

  3. Berada di tempat konsumen Anda berada. Pastikan lokasi Anda terdaftar di Google Bisnisku sehingga konsumen di lokasi terdekat dapat menunjukkan toko terdekat. Anda juga bisa memanfaatkan ekstensi lokasi jika iklan Anda muncul, karena iklan juga akan menampilkan dimana toko terdekat.


Untuk melihat laporan dan data tren selengkapnya, silakan download laporannya di sini.