Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 pasar prediksi crypto yang harus diperhatikan pada tahun 2021

 Apa itu pasar prediksi?

Pasar prediksi menegosiasikan kemungkinan hasil suatu peristiwa berdasarkan informasi faktual yang dikumpulkan oleh semua pihak yang terlibat. Namun, tidak seperti berurusan dengan peluang yang telah ditetapkan sebelumnya, harga ditentukan oleh aktivitas semua peserta di pasar prediksi.


Pada dasarnya, harga "saham" di pasar prediksi mencerminkan apa yang diyakini oleh para partisipan sebagai hasilnya. Peristiwa kehidupan nyata bisa jadi hasil pemilu , cuaca besok, atau acara Hollywood.


Pasar prediksi seringkali lebih akurat daripada survei umum atau peluang taruhan, karena setiap entitas yang mengoperasikan pasar melakukan penelitiannya sendiri untuk membuat perdagangan yang terinformasi. Anda lebih cenderung yakin akan pilihan Anda ketika ada uang di kartu.

Pasar prediksi mata uang kripto

Karena cryptocurrency terus menjadi arus utama , teknologi blockchain yang mendasarinya memberikan solusi dan mendorong dunia yang terdesentralisasi. The criptomonedas prediksi pasar yang terdesentralisasi protokol di mana peristiwa pertukaran siapa pun dapat menghasilkan algoritma (kontrak pintar) yang dijalankan ketika kondisi tertentu terpenuhi.

Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa pasar prediksi crypto teratas:

1. Augur

Augur adalah pasar prediksi terdesentralisasi yang didirikan pada protokol ERC-20 Ethereum (ETH). Pengembangan awalnya dimulai pada tahun 2014, Augur adalah salah satu pelopor pasar prediksi cryptocurrency dengan tujuan "demokratisasi" dan desentralisasi keuangan. Pada Juli 2018, Augur versi pertama dirilis ke publik.


Fitur utama:
  • Sepenuhnya terdesentralisasi . Dengan pasar prediksi tradisional, semua orang berpartisipasi dalam perdagangan saham prediksi. Dengan Augur, pengguna mana pun dapat membuat pasar untuk acara dunia nyata apa pun dengan sedikit biaya. Pembuatnya menetapkan harga acara antara 0% dan 50% dan menang dengan tarif komersial.
  • Perdagangan valuta asing. Sejak peluncuran pada 2018, Augur hanya mengizinkan pengguna untuk memperdagangkan acara di ETH. Namun, Augur sekarang mengaktifkan stablecoin MarkerDAO, menghindari pasar yang tidak stabil bagi pengguna yang tertarik.
  • Nilai perdagangan dan persediaan token terbatas . Tidak seperti pasar prediksi terpusat, biaya perdagangan Augur sangat kecil (kurang dari 1%). Token Pelaporan (REP) juga dalam persediaan terbatas sebesar 11 juta, dengan 80% terjual selama Penawaran Koin Awal (ICO) 2017.
  • Sistem resolusi komunitas didorong. Dengan menggunakan token REP asli platform, Augur memastikan resolusi akurat dari acara yang diselesaikan. Pemegang token REP dapat menggunakan token mereka untuk melaporkan peristiwa yang terdaftar di pasar setelah selesai. Jika mereka melaporkan suatu peristiwa secara tidak akurat atau tidak melaporkan suatu peristiwa, mereka kehilangan token. Token ini kemudian didistribusikan kembali ke reporter yang akurat.
Setelah peluncuran ICO yang sukses pada tahun 2018 mengumpulkan lebih dari $ 5 juta, Augur tetap menjadi pasar prediksi crypto terkemuka. Pada Juli 2020, Augur meluncurkan V2-nya di mainnet yang mendukung stablecoin DAI yang secara efektif menyelesaikan masalah terkait volatilitas .

 
2. Gnosis

Gnosis   adalah salah satu pasar prediksi terdesentralisasi terkemuka berdasarkan standar ERC-20 dan merupakan salah satu dApps pertama di jaringan Ethereum. Seperti kebanyakan pasar prediksi cryptocurrency, ia menggunakan crowdsourcing untuk menentukan hasil dari beberapa peristiwa kehidupan nyata, sambil memanfaatkan kontrak pintar pada protokol yang terdesentralisasi.

Fitur utama:

  • Penciptaan pasar terbuka. Gnosis memungkinkan pengguna mana pun untuk membuat pasar berdasarkan prediksi kehidupan nyata dengan mengunci token tertentu dalam kontrak pintar.
  • Sistem dua token . Gnosis menggunakan dua token, GNO dan OWL. Kontrak pintar Gnosis mengharuskan pemegang GNO mengunci beberapa token mereka untuk jangka waktu tertentu. Pada gilirannya, pengguna dapat menghasilkan token OWL yang digunakan untuk mendanai biaya transaksi.
  • Distribusi token yang sangat terpusat . Namun, tidak seperti Augur, sistem token sebagian besar tersentralisasi dan tim pendiri Gnosis memiliki lebih dari 90% token.
  • Selama ledakan ICO tahun 2017, tim Gnosis menjual sekitar 5% dari total pasokannya dan mengumpulkan lebih dari $ 12,5 juta dalam bentuk hard cap dalam waktu kurang dari sepuluh menit. ICO yang kontroversial tetap menjadi salah satu ICO tercepat dalam sejarah .
Pasar prediksi Gnosis secara teratur dibandingkan dengan Augur, dan keduanya dianggap sebagai pasar prediksi terbesar untuk cryptocurrency.

3. Stox

Stox   adalah pasar prediksi blockchain open source lain yang didirikan pada protokol ERC-20 Ethereum. Tujuan Stox, seperti banyak pasar prediksi kripto lainnya, adalah desentralisasi.

Ini pada dasarnya adalah kerangka kerja praktis terdesentralisasi untuk pasar prediksi utama. Diluncurkan pada kuartal ketiga 2018, Stox telah berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Token asli platform, STX, memiliki kapitalisasi pasar $ 1,18 juta, pada saat penulisan.

Fitur utama:

  • Penciptaan pasar terbuka. Seperti Augur, Stox adalah pasar prediksi yang sepenuhnya terdesentralisasi di mana siapa pun dapat membuat prediksi pasar berdasarkan peristiwa kehidupan nyata.
  • Mata uang untuk perdagangan . Stox menggunakan token STX aslinya untuk membuat prediksi perdagangan peristiwa kehidupan nyata. Pembayaran sindikasi dan pembayaran oracle juga dilakukan di STX.
  • Token Bancor dan cadangan likuiditas . Untuk protokol peer-to-peer yang menggunakan satu mata uang, selalu ada kekhawatiran tentang volatilitas dan kemungkinan masalah likuiditas seiring pertumbuhan jaringan. Untuk mengatasi ini, Stox menggunakan Bancor (BNT), templat token yang didukung ERC-20, untuk menawarkan likuiditas berkelanjutan untuk Stox. Pada dasarnya terdapat nilai tukar yang telah ditentukan antara STX dan BNT yang menjamin bahwa cadangan BNT tetap sebesar 4%.
  • Oracle dan penyelesaian sengketa. Stox menggunakan metode penyelesaian sengketa terpusat di mana operator (pembuat acara) harus menentukan alamat oracle dan kunci pribadinya yang diperlukan untuk menandatangani oracle.
Stox telah dikritik di masa lalu karena menjadi token yang kontroversial bahkan dalam putaran berita crypto. Pada 2018, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) menuduh selebriti Floyd Mayweather dan DJ Khaled secara ilegal mempromosikan ICO pada 2018.

4. Delphy

Delphy adalah pasar prediksi seluler sosial terdistribusi yang dibangun di atas jaringan Ethereum. Berlokasi di Asia, peluncuran awal Delphy berfokus pada prediksi pasar mata uang kripto, tetapi kini telah meluas ke peristiwa kehidupan nyata yang relevan.

Fitur utama:

  • Kecepatan transaksi lebih tinggi. Delphy memiliki antarmuka pengguna yang sederhana, situs web, dan transaksi diproses lebih cepat daripada di platform Augur atau Gnosis.
  • Mata uang untuk perdagangan . Delphy menggunakan token Delphy, DPY, untuk perdagangan hasil acara , dan harga virtual acara mencerminkan probabilitas.
  • Oracle Terpusat . Delphy menggunakan oracle terpusat, serta multicenter, tergantung pada jenis acaranya. Secara umum, tujuannya adalah untuk menutup prediksi secepat mungkin.
Delphy terutama menargetkan pasar Cina dan Asia dan visinya untuk memprediksi dan menciptakan masa depan secara akurat melalui kebijaksanaan orang banyak.

5. Polymarket

Polymarket adalah pasar terdesentralisasi tempat pengguna dapat memperdagangkan acara yang paling diperdebatkan secara global. Polymarket diluncurkan pada tahun 2020 dengan protokol ERC-20 Ethereum. Dengan tujuan akhir mencegah penyebaran informasi yang salah, prediksi Polymarket sebagian besar terbatas pada acara mode dunia nyata.

Fitur utama:

  • Mata uang untuk perdagangan . Polymarket menggunakan stablecoin USDC yang didukung dolar AS untuk memperdagangkan hasil acara.
  • Antarmuka pengguna yang sederhana . Situs web Polymarket sederhana dan menawarkan berbagai kesempatan kepada pengguna untuk memprediksi peristiwa. Situs web tersebut menyertakan panduan langkah demi langkah untuk pembiayaan dan pemasaran acara dunia di platform.
  • Resolusi terpusat . Hasil peristiwa di platform Polymarket diselesaikan secara otomatis dan tidak memerlukan mekanisme konsensus.
Polymarket masih dalam tahap awal pengembangan, tetapi telah sangat menjanjikan untuk mengumpulkan lebih dari $ 4 juta .

Selama bertahun-tahun, kami telah menyaksikan evolusi konstan pasar prediksi terdesentralisasi. Pasar prediksi tampaknya memiliki potensi besar yang terkunci di dalamnya dan dapat menghasilkan prediksi yang lebih akurat daripada survei umum.