Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendorong kesuksesan developer di Google Play

Membantu developer membangun bisnis yang berkelanjutan adalah inti dari misi Google Play. Kami bekerja sama dengan partner setiap saat untuk memahami berbagai tantangan yang dihadapi developer dan membantu mereka mewujudkan ide-ide inovatifnya. Membuat aplikasi baru yang dimulai dari konsep hingga berhasil diwujudkan dengan baik tidaklah mudah. Untuk membantu developer agar terus bertumbuh, kami menyediakan berbagai macam dukungan: mulai dari alat pemasaran canggih dan data yang dapat ditindaklanjuti di Konsol Play, memberikan edukasi melalui Akademi Play, praktik terbaik dan referensi ide kepemimpinan, berbagai program seperti Indie Games Festival, Indie Corner, dan program akselerator di seluruh dunia. Kami selalu mencari cara baru untuk membantu memberikan dukungan tambahan kepada developer.

Mulai 1 Juli 2021, kami akan mengurangi biaya layanan yang diterima Google Play menjadi 15% untuk US$1 juta pertama dari pendapatan yang diperoleh setiap developer setiap tahunnya. Dengan perubahan ini, 99% developer dari seluruh dunia yang menjual barang dan jasa digital melalui Google Play akan memperoleh penurunan biaya sebesar 50%. Dana ini dapat membantu developer meningkatkan skala pada fase penting pertumbuhan bisnisnya dengan mempekerjakan lebih banyak engineer, menambah staf pemasaran, meningkatkan kapasitas server, dan lain-lain.



Meskipun investasi semacam ini sangat penting bagi developer yang berada di tahap awal pertumbuhan bisnis, proses penskalaan aplikasi tidak akan berhenti walau mereka sudah mencapai US$1 juta --— kami telah mendengar masukan dari partner kami yang sudah menghasilkan US$2 juta, US$5 juta, dan bahkan US$10 juta per tahun tetapi masih terus mengupayakan agar layanannya dapat berdiri mandiri. Itulah sebabnya, fasilitas pengurangan biaya layanan untuk US$1 juta pertama yang diperoleh dari total pendapatan tahunan akan kami sediakan kepada setiap developer Google Play, terlepas dari ukurannya. Kami percaya ini adalah pendekatan yang adil dan sejalan dengan misi Google yang lebih luas lagi, yakni membantu semua developer meraih sukses. Kami harap dapat menyampaikan informasi selengkapnya terkait hal ini dalam beberapa bulan mendatang.



Sebagai platform, kesuksesan kami selaras dengan kesuksesan partner kami. Android dan Google Play selalu mendengar masukan dari partner developer di seluruh dunia, dan kami selalu mempertimbangkan masukan mereka saat membangun dan menjalankan ekosistem. Kami berharap ada semakin banyak bisnis yang sukses di Android, dan kami juga ingin berdiskusi lebih jauh dengan komunitas developer guna menemukan berbagai cara baru untuk mendukung mereka dalam hal teknis dan ekonomi saat membangun bisnisnya.