Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menjadi platform berdonasi, kumparanDerma berinovasi ciptakan seamless donations

Google News Initiative (GNI) Innovation Challenge merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan pembaca berita. Pada penyelenggaraan kedua program tersebut, kumparan terpilih sebagai media asal Indonesia yang menerima pendanaan dari GNI. Sebagai platform kolaboratif, kumparan mengusung kumparanDerma untuk merangkul kebaikan kecil melalui donasi dari pembaca.



kumparan merupakan platform yang memiliki berita dan informasi kredibel di masyarakat. Hal ini didukung dengan kekuatan lebih dari 130 jurnalis dan 1001 jaringan media dari semua provinsi. Dari berita-berita yang mereka sajikan, sering terdapat konten yang membuat masyarakat merasa simpati dan tergerak untuk membantu, tetapi terhalang karena pembaca ingin menyalurkan bantuannya melalui organisasi yang kredibel serta memiliki sistem terintegrasi. Itulah awal munculnya kumparanDerma.

Pada webinar Google for Media ke-enam, Andrias Ekoyuono, Chief of Corporate Strategy, kumparan, menjelaskan: “kumparanDerma dibentuk karena ingin menghadirkan platform dari organisasi yang kredibel dengan sistem terintegrasi bagi masyarakat yang merasa simpati dan ingin membantu sesama setelah membaca sebuah berita. Melalui kumparanDerma, ketika mereka membaca sebuah berita, mereka bisa langsung menyalurkan bantuan mereka tanpa berpindah platform.”



Dukungan GNI  pada program kumparanDerma telah diwujudkan dalam sepuluh kampanye donasi , diantaranya Kisah Zahra, anak 6 tahun di Pekanbaru dengan daging tumbuh di kepalanya dan Potret buram anak-anak Sikka, berjuang melawan sakit di tengah keterbatasan. Kesepuluh kampanye tersebut tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Riau, NTT, Sulawesi Utara, Kalimantan, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Dari kampanye tersebut telah ada lebih dari 1.400 transaksi donasi dengan jumlah pembaca artikel sekitar 600.000 pembaca. Donasi-donasi ini langsung dilakukan oleh pembaca di platform kumparan dengan pembayaran menggunakan e-wallet, yaitu Gopay maupun jalur pembayaran lain yang disediakan yaitu transfer.



Untuk mengetahui lebih detail tentang kampanye donasi dan social movement serta bagaimana kumparanDerma bekerja, saksikan webinar Google for Media pertama di tahun 2021 pada tanggal 24 Maret 2021 13.00-15.00 WIB di kanal YouTube Google Indonesia.