Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan baru untuk wartawan di Indonesia dari Google News Lab

Google News Lab memiliki berbagai program pelatihan untuk redaksi yang sekarang tersedia atas permintaan di Indonesia. Program pelatihan ini mencakup keterampilan dasar tentang cara menggunakan operator penelusuran Google secara efektif; alat yang ramah pelaporan seperti pengarsipan situs; dan transkripsi audio. Perusahaan media atau asosiasi jurnalis dapat mengajukan permintaan untuk pelatihan kelompok berdasarkan empat menu pelatihan yang tersedia di bawah ini: 

Fundamentals

Operator Penelusuran Google, Google Trends, Google Alerts, Analisis Situs 

Seri kursus ini akan membekali Anda dengan alat-alat esensial yang diperlukan untuk bekerja lebih efisien. Dari mengoptimalkan manfaat Google Drive hingga menggunakan operator penelusuran dengan cerdas untuk mencari informasi, pelatihan ini bertujuan untuk memberi wartawan dan editor perlengkapan gratis yang praktis untuk meningkatkan kualitas liputan. 



Verifikasi digital

Penelusuran Visual Terbalik, Penjelajah Cek Fakta, Geolokasi, Google Earth, Street View

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi semua organisasi berita saat ini adalah membedakan yang nyata dan yang bukan. Dari mengidentifikasi gambar dan video yang dimanipulasi hingga mendeteksi dan mencegah penyebaran informasi yang salah, sesi ini akan membahas segala jenis misinformasi, disinformasi, dan berita bohong yang beredar. 



Jurnalisme dan visualisasi data

Data GIF Maker, Flourish, Google Spreadsheet, Google Earth, Maps, Timelapse

Pelajari cara menemukan dan memvisualisasikan data dengan mudah. Tidak perlu kemampuan khusus dalam desain grafis atau coding! Dengan mengakses data terbuka dan menggunakan alat-alat gratis, dapatkan keterampilan dalam mengumpulkan dan menyusun informasi kemudian menyajikannya dalam grafik, diagram, atau peta berpenanda yang sederhana. Buat project visual dengan Google Earth dan Earth Studio untuk menciptakan narasi yang lebih menarik. 



Kursus terspesialisasi

Podcast, Pinpoint, Alat jurnalisme lingkungan, keamanan digital, jurnalisme seluler 

Pelajari panduan jurnalisme seluler atau cara membuat podcast untuk pemula, atau asah kemampuan investigasi Anda untuk jurnalisme lingkungan dengan memanfaatkan alat yang dapat menunjukkan kebakaran hutan, reklamasi lahan, penangkapan ikan ilegal, atau erosi garis pantai. Ketahui berbagai cara mudah untuk mengamankan perangkat dan akun Anda, melindungi diri Anda sebagai wartawan. Upload dan lakukan kolaborasi di Pinpoint untuk melaporkan project dengan file dokumen dan audio yang besar - untuk kerja sama editorial yang cepat dan efisien.



Untuk meminta pelatihan gratis bagi organisasi berita atau organisasi nonprofit Anda yang bergerak di bidang jurnalisme, silakan hubungi trinna@google.com. Informasi umum tentang semua alat kami dan membangun profil pembelajaran online Anda, silakan mengunjungi g.co/newstraining.