Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluncuran Google.org Impact Challenge untuk Perempuan & Anak Perempuan: Komitmen kami untuk perempuan dan anak perempuan di mana pun

Ketika perempuan dan anak perempuan memiliki sumber daya dan kesempatan untuk mengubah potensi mereka menjadi kekuatan, hal itu dapat mengubah arah hidup mereka dan memperkuat seluruh lapisan masyarakat. Namun, meskipun ada progres upaya kita dalam membantu memajukan perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia, progres itu rapuh, belum sepenuhnya selesai, dan secara unik terancam oleh pandemi.



Berdasarkan studi dari WomenWill tahun lalu yang bertajuk, “Memajukan Wanita dalam Kewirausahaan”, kami menemukan bahwa di seluruh dunia, sebelum pandemi COVID-19, partisipasi perempuan di pasar tenaga kerja 26% lebih rendah daripada laki-laki. Per September 2020, jumlah lapangan kerja untuk perempuan diproyeksikan 19% lebih berisiko daripada laki-laki, dan diperkirakan akan ada tambahan 11 juta perempuan yang hidup dalam kemiskinan daripada laki-laki pada 2030. Perempuan juga harus menanggung beban pekerjaan domestik dalam jumlah yang sangat tidak proporsional, dan diperkirakan 20 juta anak perempuan di seluruh dunia berisiko putus sekolah. Berkurangnya lapangan pekerjaan, hilangnya pendapatan, dan kurangnya akses ke pendidikan akan menghambat kemajuan ekonomi perempuan dan anak perempuan, terutama mereka yang berasal dari kalangan ekonomi lemah, hingga beberapa generasi yang akan datang. Situasi yang sangat mengkhawatirkan ini memerlukan tindakan cepat dan tegas.



Itulah sebabnya saya bersemangat sekali ingin mengumumkan peluncuran global Google.org Impact Challenge untuk Perempuan dan Anak Perempuan pada hari ini. Google.org akan memberikan pendanaan senilai total $25 juta untuk berbagai lembaga nonprofit dan organisasi sosial di Indonesia dan dari seluruh dunia yang berupaya memajukan pemberdayaan ekonomi perempuan dan anak perempuan, serta membukakan jalan untuk mencapai kesejahteraan. Penerima hibah Impact Challenge yang terpilih juga akan menerima mentoring dari Googler, Ad Grants, dan dukungan tambahan lainnya untuk mewujudkan ide-idenya. Challenge ini telah diumumkan pada hari ini oleh CEO kami, Sundar Pichai, dan Presiden Google.org, Jacquelline Fuller, dari India. 



Kami juga memiliki panel ahli global yang 100% dipimpin oleh perempuan, yang terdiri dari perempuan pemimpin dari lebih 15 negara. Mereka memiliki keahlian yang tidak perlu diragukan lagi dalam bidang kebijakan publik global, advokasi, penelitian, bisnis, teknologi, dan banyak lagi. Beberapa tokoh ternama yang tergabung dalam panel ini di antaranya adalah: Phumzile Mlambo-Ngcuka, Executive Director dari UN Women; Amanda Gorman, Peraih Penghargaan Penyair Muda Nasional AS Pertama; dan Shakira, Artis Global dan Filantropis.



Kita punya tanggung jawab kolektif untuk memastikan bahwa generasi perempuan dan anak perempuan dari semua lapisan masyarakat dapat hidup di dunia di mana mereka diperlakukan setara dan mampu memaksimalkan potensi dirinya. Selama lima tahun terakhir, Google.org telah memberikan lebih dari $55 juta kepada berbagai organisasi non-profit yang mendukung kesetaraan gender dan akses ke peluang bagi perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia. Misalnya, melalui pelatihan Gapura Digital dan WomenWIll, yang telah kami luncurkan di tahun 2017, untuk membekali wirausaha Indonesia dengan keterampilan dan alat digital penting untuk memperluas partisipasi dalam ekonomi digital. Impact Challenge kali ini adalah tindak lanjut dari inisiatif tersebut.



Jika Anda sedang mengerjakan project inovatif yang mendukung perempuan dan anak perempuan di Indonesia atau mengetahui organisasi apa pun dengan ide-ide berani yang akan mengubah peluang ekonomi bagi perempuan dan anak perempuan, silakan kunjungi g.co/womenandgirlschallenge untuk mendaftar dan mempelajari Challenge ini lebih lanjut. Organisasi yang berminat memiliki waktu hingga Sabtu, 10 April, 7.59 SGT (Waktu Singapura) untuk mengirimkan ide-idenya, dan pemenang hibah akan diumumkan pada akhir tahun ini.