Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Project Katadata untuk melawan misinformasi vaksin akan didanai oleh Google News Initiative

Saat ini, upaya imunisasi yang masif sedang dilakukan di seluruh dunia.



Proses pengembangan vaksin COVID-19 yang sangat cepat dan kecemasan besar yang muncul akibat pandemi di seluruh dunia membuat topik terkait vaksinasi rawan terhadap misinformasi. Sehubungan dengan ini, jurnalis dapat berperan secara mendasar dengan mendukung wacana berbasis bukti, yakni dengan cara mendengarkan kekhawatiran yang ada di masyarakat, dan kemudian memberikan informasi akurat serta aktual untuk mengoreksi kesalahpahaman yang beredar baik di ranah online maupun offline.

Hari ini, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Katadata akan menyediakan platform untuk melawan misnformasi terkait vaksin COVID-19 dan bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) untuk menyebarkan konten-konten semacam ini ke pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia.



Untuk mendukung project ini, Google News Initiative telah meluncurkan Pendanaan Terbuka senilai $3 juta pada bulan Januari. Dalam rentang waktu tiga minggu, kami telah menerima lebih dari 309 permohonan dari 74 negara.



Sebelas project telah dipilih melalui proses peninjauan mendalam yang melibatkan sebuah tim beranggotakan 17 orang dan satu orang juri ahli, untuk memeriksa para pemohon yang berhasil meraih skor tertinggi. Project-project ini terpilih karena mereka berupaya menjangkau audiens yang kurang terwakili dan mengeksplorasi berbagai format baru untuk cek fakta.



Setiap penerima dana dari seluruh dunia akan menyampaikan informasi lebih lanjut di situsnya masing-masing dalam beberapa minggu mendatang. Sekali lagi, kami ucapkan selamat!