Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Haruskah Anda berinvestasi dalam Bitcoin dan cryptocurrency lainnya?


 Bitcoin teknosia.xyz | Saya kagum berapa kali saya ditanyai ini akhir-akhir ini. Bukan jenis topik yang memotivasi saya untuk menulis, tetapi jumlah orang yang penasaran sudah hampir melebihi mereka yang bertanya kepada saya apakah nyaman untuk memasuki penipuan piramida , jadi masalah itu mulai membuat saya khawatir.


Saya akan menjawab tiga pertanyaan umum tentang Bitcoin, yang saya harap akan menjernihkan beberapa keraguan.


Haruskah Anda berinvestasi dalam cryptocurrency?

Anda harus terlebih dahulu mendefinisikan apa itu investasi: membeli aset yang menciptakan produk atau layanan dan arus kas selama periode yang diperpanjang. Misalnya, saham perusahaan yang menguntungkan, atau real estat.


Investasi memiliki nilai finansial intrinsik, yaitu memiliki nilai meskipun Anda tidak pernah menjual asetnya.


Menurut definisi ini, cryptocurrency bukanlah investasi, tetapi juga tidak membeli dolar menunggu harga naik untuk menjualnya, atau membeli kartu peringatan emas, perak atau bisbol.


Ini disebut spekulasi .

Spekulasi adalah membeli suatu barang bukan karena kegunaannya, produksi uang atau nilai sosialnya, tetapi hanya untuk dapat dijual nanti dengan harga yang lebih tinggi kepada orang lain. Itu membuat spekulasi tidak stabil, karena harganya bervariasi sesuai dengan apa yang orang anggap layak.


"Volatilitas" adalah istilah finansial yang artinya sebenarnya sangat sederhana.

Ketika mereka memberi tahu Anda bahwa seseorang memiliki temperamen yang mudah berubah, apa yang Anda bayangkan? Saya, orang gila yang tenang sekarang dan dalam dua detik, karena lalat itu lewat, dia menjadi seperti orang gila.


Dan harga barang yang berspekulasi persis seperti ini: tidak stabil , bergantung pada emosi tak terduga dari banyak manusia lainnya.


Sekarang, pasar saham juga memiliki volatilitas dan terdapat spekulasi di dalamnya. Tetapi selama harga suatu bagian tidak banyak melepaskan diri dari kegunaan sebenarnya dari barang dan jasa yang mereka dukung, akan ada batasan ukuran dan durasi gelembung yang dibuat karena karakteristik perilaku kawanan spesies kita. .


Banyak gelembung telah muncul dan meledak di pasar saham, tetapi mereka yang berinvestasi secara konservatif, terdiversifikasi dan jangka panjang telah melihat nilai aset mereka kembali normal. Misalnya, pada tahun 2012, pasar saham telah pulih dari gelembung perumahan tahun 2008 .


Secara pribadi, saya pikir spekulasi adalah kejahatan besar dalam masyarakat kita. Padahal, hal tersebut merupakan salah satu penyebab ketimpangan yang terus berkembang dan pada gilirannya menyebabkan penyakit sosial lainnya seperti kecanduan, kriminalitas, usia harapan hidup yang lebih pendek, dan kehamilan remaja.


Namun, banyak dari mereka yang mendukung cryptocurrency berpendapat bahwa mereka adalah cara untuk melawan sentralisasi moneter oleh pemerintah korup yang sudah membuat kita muak. Karena cryptocurrency dibuat tanpa kekuatan pusat, pemerintah belum dapat memadamkannya.


Apa itu cryptocurrency dan bagaimana cara kerjanya?

Cara pembuatannya adalah melalui penemuan perangkat lunak yang disebut Blockchain , yang merupakan protokol komputasi yang memungkinkan dua orang atau mesin untuk melakukan transaksi meskipun tidak ada kepercayaan di antara mereka.


Blockchain adalah sumber terbuka, gratis, dengan banyak aplikasi praktis, dan Bitcoin adalah penggunaan yang paling terkenal.


Bitcoin adalah selembar kertas elektronik yang mencantumkan semua transaksi yang dilakukan, yang memungkinkan memastikan keasliannya tanpa perlu disertifikasi oleh pemerintah.


Akankah nilai Bitcoin naik?

Blockchain, protokol yang memungkinkan Anda membuat cryptocurrency, gratis, jadi siapa pun dapat membuat cryptocurrency dari awal, menamainya, dan menggunakannya untuk transaksi. Siapapun dengan keterampilan komputer dasar akan membutuhkan waktu kurang dari 24 jam untuk mencapai ini.


Bagian tersulitnya adalah meyakinkan orang bahwa koin yang baru saja Anda buat itu bernilai. Selain Bitcoin, ada banyak cryptocurrency lain di luar sana yang bersaing untuk mendapatkan kepercayaan dari "investor", klik di sini untuk melihat harga 100 di antaranya .


Seperti yang diketahui banyak orang, ada batasan jumlah Bitcoin yang dapat dibuat, jadi persediaannya terbatas. Ini digunakan untuk membenarkan kenaikan harga yang luar biasa. Namun, tidak ada batasan jumlah cryptocurrency yang dapat dibuat.


Ada lebih dari seribu koin dengan nama berbeda di luar sana, dan pasti lebih banyak lagi yang akan dibuat. Mengingat bahwa siapa pun dapat membuat cryptocurrency, dan bahwa mereka tidak memiliki nilai intrinsik atau praktis , saya telah menentukan bahwa nilai sebenarnya mereka, setelah banyak berkeringat dalam perhitungan, adalah: NOL.


Untuk menjelaskan alasannya, saya ingin menerjemahkan metafora yang sangat terbuka tentang cryptocurrency yang akan Anda temukan di blog Unassuming Banker (artikel mereka sangat menarik, untuk melihatnya,


Bayangkan seseorang menemukan obat untuk kanker dan memposting petunjuk langkah demi langkah untuk membuatnya online sehingga siapa pun dapat membuatnya secara gratis. Bayangkan orang yang sama juga membuat produk yang disebut "Pil Antikanker" menggunakan instruksinya sendiri, dan menjualnya kepada penawar tertinggi. Tentu saja, obat kanker sangat berharga bagi masyarakat, namun seberapa berhargakah "pil antikanker" tersebut ?


Pada awalnya, karena tidak ada orang lain yang membuat pil, keuntungannya mungkin besar dan harga pilnya sangat tinggi. Namun, segera, orang lain akan membuat pil menggunakan instruksi gratis yang telah diposting, dan menyebutnya "Selamat Tinggal Kanker." Mungkin merek baru ini kurang begitu dikenal, namun pada akhirnya harga kedua merek tersebut akan serupa karena menawarkan hal yang sama. Seiring berjalannya waktu, akan semakin banyak pil kanker dengan nama yang berbeda-beda akan berdatangan, dan harganya akan turun turun hingga mendekati biaya produksi.


Bitcoin adalah "Pil Antikanker" awal, tetapi ada lebih dari seribu "pil" yang berbeda dan terus bertambah. Karena Anda hanya membutuhkan situs web dan beberapa jam untuk membuat "pil" (yaitu, cryptocurrency), maka masalah waktu sebelum mereka membanjiri pasar.


Bukan ide yang baik untuk membeli pil mahal jika formula untuk membuatnya terlihat oleh semua orang. Banyak penemu mengatakan bahwa koin mereka didasarkan pada versi Blockchain yang lebih baik, tetapi alih-alih menjual kepada Anda teknologi yang seharusnya lebih unggul ini, mereka menjual koin tersebut kepada Anda. "



Apakah ada kemungkinan cryptocurrency akan menjadi mata uang dunia?

Cryptocurrency tidak dapat menjadi mata uang yang diterima secara global karena mereka harus diterima secara luas untuk semua hutang, publik dan swasta, yaitu, pemerintah harus mengakuinya. Selain itu, transaksi harus mudah dilakukan dan nilai mata uang harus relatif stabil, tidak berfluktuasi dari satu menit ke menit berikutnya, karena hal ini tidak memungkinkan untuk menetapkan harga barang dan jasa. Cryptocurrency tidak memenuhi persyaratan ini.


Sebagai contoh ketidakefisienan cryptocurrency di dunia nyata, ada kabar dari awal tahun ini, ketika karena masalah teknis , pembayaran Bitcoin dihentikan pada sebuah konferensi tentang Bitcoin.


Menyimpan cryptocurrency juga tidak mudah, dan sudah ada beberapa upaya peretasan , yang menunjukkan kerapuhan Bitcoin . Belum lagi dampak ekonomi dan lingkungan dari satu transaksi Bitcoin yang membutuhkan listrik yang setara dengan konsumsi mingguan rumah Anda dalam seminggu, seperti yang dikatakan oleh Wakil artikel ini . Kedengarannya tidak efisien sama sekali.


Jadi, haruskah Anda berspekulasi dengan Bitcoin?

Kami telah menetapkan bahwa membeli cryptocurrency bukanlah investasi, tetapi spekulasi. Jadi pertanyaan akan muncul, apakah kita bisa mengabaikan kesempatan untuk menjadi jutawan dengan membeli Bitcoin atau mata uang kripto lainnya.


Seperti yang telah disebutkan di atas, teknologi yang memungkinkan adanya cryptocurrency adalah gratis, dan harga Bitcoin saat ini disebabkan oleh gelembung spekulatif akibat efek viral, yaitu dari perilaku irasional yang disebabkan oleh kecenderungan kita untuk bertindak seperti domba secara masif.


Terutama dalam hal ini, karena tidak ada ketentuan untuk penggunaan praktis mata uang tersebut. Tetapi jika kita membeli dan menjual sebelum gelembung pecah, apakah itu pantas? Bagaimana jika tidak pernah meledak selama hidup saya? Itu adalah kebijaksanaan masing-masing orang.


Artikel ini hanya perkiraan, dan ada banyak informasi di luar sana tentang masalah ini. Ada video yang menjelaskan cara kerja cryptocurrency ( seperti ini ), teks dukungan Bitcoin ( klik di sini ), dan artikel yang cocok dengan saya (seperti yang ini dari guru saya, Tn. Kumis Uang , atau yang ini , atau yang ini ).


Jawaban terakhir saya adalah Anda tidak boleh berspekulasi tentang Bitcoin. Berspekulasi bukanlah cara yang stabil untuk menghasilkan kekayaan, ketenangan pikiran, dan kebebasan yang dapat dihasilkan dari uang yang dibelanjakan dengan baik.


Itu juga tidak baik untuk masyarakat. Mereka yang menginginkan kekayaan cepat adalah yang paling rentan menjadi korban siapa pun yang menawarkan solusi mudah.


Menyadari bahwa kebebasan finansial harus diperoleh hari demi hari dengan usaha dan kecerdasan akan membebaskan Anda dari mode spekulatif dan memberikan prospek yang lebih baik untuk masa depan finansial Anda.