Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Media Kalbar manfaatkan Google Analytics dalam menganalisis keinginan dan tren pembaca

Google telah bekerja dengan ProPS dan AnyMind Group untuk membantu 140 penerbit membangun atau memperkuat monetisasi di situs mereka. Ini adalah cerita salah satu peserta program Local News Foundry.
Berdiri sejak tahun 1999 dalam bentuk media cetak dengan nama SKU Media Kalbar, seiring peralihan media ke digital dibentuklah media online yaitu mediakalbarnews.com yang di mulai sejak tahun 2018. mediakalbarnews.com merupakan media online berbasis di Pontianak yang pemberitaannya menjangkau area Kalimantan Barat. Saat ini mediakalbarnews.com memiliki 20 orang jurnalis.


Melalui proyek Google News Initiative bermitra dengan ProPS, pada tahun 2019, mediakalbarnews.com berpartisipasi dalam project implementasi Google Analytics dan Google Ad Exchange bersama dengan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).
Sebelum mengikuti program, tantangan yang dihadapi oleh mediakalbarnews.com adalah variasi tampilan yang masih belum variatif sehingga seringkali dikeluhkan oleh pembaca, serta kemampuan untuk bisa membaca atau menganalisis keinginan dan tren pembaca yang belum mumpuni.


Melalui program ini mediakalbarnews.com dibantu untuk memasang Google Analytics dan mengoptimalkan penggunaan Google Analytics dengan membuat custom report yang mudah dipahami dan digunakan untuk penarikan performa bagi keperluan redaksional sehari-hari. 


“Sesudah mengikuti program, tampilan dari situs, jumlah view, dan juga kepercayaan diri para wartawan/jurnalis akan tampilan situs mediakalbarnews.com mengalami perubahan menjadi lebih baik. Tidak hanya itu saja tawaran untuk kerjasama mengalami peningkatan, bahkan banyak yang ingin bergabung ke mediakalbarnews.com dari beberapa daerah termasuk dari luar Kalimantan Barat” ungkap Ahmad M, Pemimpin Redaksi mediakalbarnews.com. 

Dengan menerapkan apa yang dipelajari dari program, mediakalbarnews.com mengalami peningkatan page views sebesar 11,7% pada Januari 2021 dibanding Desember 2020. Dari custom report di Google Analytics mediakalbarnews.com kini mendapatkan lebih banyak wawasan tentang kinerja artikel.  Hal ini  mendorong mereka untuk menghasilkan artikel yang lebih banyak dan lebih baik. Sebelumnya mediakalbarnews.com rata-rata minimal hanya memperbarui 5 artikel dalam sehari, saat ini menjadi 10 hingga 15 artikel sehari dalam kurun waktu 24 jam. Dengan berita yang tiap hari diupdate menjadikan website lebih banyak di akses oleh pengguna


Simak lebih lanjut tentang bagaimana penerbit memonetisasi situs mereka di Google for Media berikutnya pada 29 Juni 2021 jam 1 siang di akun YouTube Google Indonesia.