Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempo kembangkan platform berbasis AI demi rangkul anak muda

Tempo.co mengembangkan platform berbasis Artificial Intelligence (AI) sejak pertengahan 2020 bagi pembaca untuk berinteraksi, terlibat aktif, dan berkolaborasi dengan ruang redaksi. Pembaca dapat membangun komunitas di antara para jurnalis Tempo maupun mengakses  informasi terkini. 

Tempo Advanced Research Assistant (TARA) merupakan layanan chatbot untuk mendistribusikan informasi berita melalui pesan singkat hasil kolaborasi Tempo bersama Kata.ai dan Medlinx Asia dan didukung oleh Google News Initiative melalui program “Innovation Challenge”.



Challenge ini bertujuan untuk memperkuat dukungan Google terhadap inovasi digital dan model bisnis baru di organisasi berita di seluruh wilayah APAC. Melalui kerja sama dan kemitraan dengan para penerbit, Google ingin mendukung para inovator di bidang ini, yaitu mereka yang merintis pendekatan dengan melibatkan segalanya mulai dari pemberitaan mata uang digital hingga model keanggotaan berbasis langganan.

“Awalnya memang berawal dari GNI Innovation Challenge. Saat itu kami memang sedang memikirkan apa yang bisa dilakukan selanjutnya untuk digital news dan kita terpikir karena trennya kan personalisasi, jadi ke depan para pembaca akan memilih berita-berita yang memang specifically menjawab kebutuhan informasi mereka,” ungkap Wahyu Dhyatmika, Pemimpin Redaksi Majalah TEMPO.



Beragam fitur dihadirkan pada chatbot TARA. Wahyu Dhyatmika, Timur Bawono, COO Medlinx, dan Reynir Fauzan CMO Kata.ai akan berdiskusi tentang “GNI Innovation Challenge and the Tempo chatbot" di Google for Media pada tanggal 29 Juni 2021 jam 13.00-15.00 WIB di kanal YouTube Google Indonesia.