Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Shiba Inu (SHIB) Dan Mengapa Harga Dogecoin Saingannya Meledak?

Dogecoin mungkin pemimpin kawanan koin meme, tetapi ada koin anjing lain di belakangnya. Temui token berbasis Ethereum yang sedang booming ini.


  • Shiba Inu adalah token meme berbasis Ethereum dan alternatif untuk Dogecoin.
  • SHIB telah melihat keuntungan luar biasa tahun ini, meskipun CEO Binance menyebutnya "risiko sangat tinggi".

Apakah ada ruang untuk lebih dari satu koin anjing Shiba Inu di dunia kripto? Dogecoin (DOGE) telah mencapai puncaknya sejauh ini pada tahun 2021, naik dari harga di bawah $0,01 untuk sebagian besar bulan Januari hingga tertinggi sepanjang masa sebesar $0,68 yang ditetapkan minggu lalu, menurut Nomics.
Tetapi seekor anak anjing datang ke rumah, dan harganya melonjak dalam beberapa hari terakhir.


Apa itu Shiba Inu (SHIB)?

Shiba Inu (SHIB) adalah namanya, dan token ERC20 yang berjalan di jaringan Ethereum dengan cepat membuat gelombang sebagai investasi alternatif untuk Dogecoin. Bisa dibilang itu tiruan dari koin meme, terutama karena "doge" di DOGE sebenarnya adalah anjing Shiba Inu, tetapi perolehan SHIB baru-baru ini bukanlah lelucon.
Menurut CoinGecko , harga SHIB saat ini sebesar $ 0,00003262 (pada saat penulisan) adalah peningkatan 39,357% dari posisinya 30 hari yang lalu, dan telah melihat lonjakan 1,951% di pasar saja minggu lalu. CoinGecko belum memberikan kapitalisasi pasar atau peringkat untuk SHIB, tetapi CoinMarketCap menunjuk ke kapitalisasi pasar hampir $ 13,2 miliar, menjadikannya cryptocurrency paling berharga ke-17 berdasarkan kriteria itu.
SHIB telah meningkat lebih dari 2 juta persen sejak awal (31 Juli 2020 melalui CoinMarketCap), jauh di atas kenaikan Bitcoin atau Ethereum sejak masing-masing awal.
Itu gila untuk koin yang tampaknya muncul entah dari mana. Meskipun masih jauh di bawah kapitalisasi pasar Dogecoin saat ini sebesar $ 65,5 miliar, menjadikannya koin paling berharga keempat pada saat penulisan, Shiba Inu juga telah melihat keuntungan yang lebih besar akhir-akhir ini. Bagaimanapun, harga Dogecoin hanya naik 687% dalam 30 hari terakhir, menurut CoinGecko, dan hanya 14% dalam seminggu terakhir. Pembeli SHIB tampaknya ingin menggandakan jenis pengembalian cepat dan cukup besar yang telah diberikan DOGE tahun ini.


Di mana Anda bisa membeli SHIB?

SHIB dapat dibeli melalui bursa seperti Binance, Huobi Global, dan OKEx, yang tidak tersedia untuk penduduk AS. Itu juga diperdagangkan di platform pertukaran terdesentralisasi (DEX), seperti Uniswap , 1inch, dan 0x. Tidak ada platform pertukaran yang menerima USD untuk SHIB, hanya cryptocurrency lain seperti Tether (USDT), Binance USD (BUSD), atau Wrapped Ethereum (WETH). Ini membuatnya lebih sulit untuk dibeli daripada cryptocurrency lainnya, karena Anda harus membeli koin atau stablecoin lain sebelum menukarnya dengan SHIB.
Harga SHIB meroket dalam beberapa hari terakhir setelah terdaftar oleh Binance setelah permintaan yang tampaknya besar dari pengguna. CEO Binance Changpeng Zhao tweeted pada 10 Mei bahwa pertukaran "kehabisan alamat deposit ETH karena SHIB hari ini" dan bahwa "itu belum pernah terjadi sebelumnya untuk koin ERC20 lainnya."
Namun, sementara Binance mendapat manfaat dari peningkatan volume perdagangan, bahkan CEO-nya waspada terhadap potensi risiko yang membayangi. "Saya tidak setuju. Ini adalah risiko yang sangat tinggi. [Ini bukan nasihat keuangan]," cuitnya.



Bagaimana sejarah SHIB?

Selain meme coin berbasis Ethereum dan wannabe Dogecoin, apa sebenarnya Shiba Inu itu? Menurut situs resminya , SHIB dibuat sebagai "eksperimen pembangunan komunitas spontan yang terdesentralisasi" dan merupakan yang pertama dari beberapa koin bertema anjing yang telah direncanakan. LEASH adalah token lain yang diluncurkan, meskipun dalam jumlah terbatas, dan telah melihat keuntungan besar (melalui CoinMarketCap ). Sementara itu, BONE adalah "Dogecoin killer" yang akan datang yang akan diluncurkan bersamaan dengan platform pertukaran terdesentralisasi ShibaSwap (DEX). Bahkan ada "woofpaper" (kertas putih) yang merinci rencana tim.


Total 1 kuadriliun SHIB telah dibuat, dan pengembang anonim di belakang Shiba Inu mengirim lebih dari setengah dari total pasokan, lebih dari 505 triliun SHIB, ke alamat salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin . Pengembang menganggap bahwa jumlah itu telah "dibakar" atau ditarik dari pasar, yang dapat meningkatkan nilai token yang masih tersedia untuk komersialisasi, tetapi Buterin memiliki akses ke stok yang mereka terima.


Jika banyak dari ini tampak konyol atau bahkan tidak masuk akal, Anda mungkin bukan satu-satunya yang berpikir demikian. Tapi Dogecoin sudah lama dianggap sebagai cryptocurrency "lelucon" sebelum menjadi mata uang utama tahun 2021 dan dalam pembicaraan para penggemar seperti Mark Cuban dan Elon Musk . Bisakah Shiba Inu mengikuti jalan yang sama? Setidaknya dalam hal kenaikan harga yang mengejutkan, itu sudah terjadi.


Tetapi bagi siapa pun yang ingin menghasilkan cryptocurrency jutaan dolar di SHIB, tugasnya menjadi semakin sulit semakin harganya naik. Itu sudah pada kapitalisasi $ 13 miliar, yang berarti bahwa bahkan pengembalian 10 kali lipat pada pembelian hari ini akan membutuhkan kapitalisasi pasar untuk meroket menjadi $ 130 miliar, menjadikan Binance Coin (BNB) sebagai cryptocurrency paling berharga ketiga di dunia. pasar. Pasar cryptocurrency mungkin tampak gila, tetapi tidak terlalu gila ... kan?