Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

El Salvador menjadi negara pertama di dunia di mana bitcoin menjadi mata uang kripto yang sah, tetapi bukannya tanpa kontroversi

 


The DPR dari El Salvador disetujui pagi ini hukum yang bertobat Bitcoin ke legal tender di El Salvador . Negara ini menjadi yang pertama di dunia yang menawarkan dukungan seperti itu kepada cryptocurrency.


Nayib Bukele, presiden El Salvador, sudah mengumumkan niatnya beberapa hari yang lalu, dan sekarang proposal itu menjadi kenyataan, meski bukannya tanpa kontroversi. Antara lain karena memaksa bisnis dan perusahaan untuk menerima bitcoin sebagai alat pembayaran ketika cryptocurrency ini tidak dirancang untuk menggantikan atau menjadi alternatif uang kertas .


El Salvador membuat sejarah di dunia cryptocurrency

Menurut Diario El Salvador , persetujuan datang setelah pendapat yang baik dari komisi keuangan. Penggunaan bitcoin, mereka menambahkan, "tidak akan mempengaruhi undang-undang integrasi moneter yang memungkinkan penggunaan dolar , mata uang yang akan memiliki bitcoin sebagai referensi, yang penggunaannya sebagai alat pembayaran yang sah akan berlangsung hingga 90 hari setelah peraturan tersebut diterbitkan. di koran. Resmi". Bukele merayakan keputusan itu beberapa menit yang lalu di akun Twitter-nya:




Pertukaran antara bitcoin dan dolar Amerika Serikat akan ditentukan secara bebas oleh pasar, tetapi juga semua harga dapat dinyatakan dalam bitcoin dan semua kontribusi pajak dapat dibayarkan dalam bitcoin.


Salah satu ketentuan dari draft awal yang dikirim oleh Bukele ke Majelis menetapkan bahwa " setiap agen ekonomi harus menerima bitcoin sebagai bentuk pembayaran ketika ditawarkan kepadanya oleh siapa pun yang memperoleh barang atau jasa ."


 


 Itu berarti bahwa mereka yang menyediakan produk dan layanan, bahkan dalam bisnis kecil, akan dipaksa untuk menerima bitcoin sebagai alat pembayaran. Dalam draft awal ditunjukkan dalam Pasal 7 bahwa "Negara akan memberikan alternatif yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dalam bitcoin".


Meski begitu, ditambahkan dalam Pasal 12 draft, "dikecualikan dari kewajiban yang dinyatakan dalam Pasal 7 undang-undang ini, mereka yang oleh fakta terkenal dan jelas tidak memiliki akses ke teknologi yang memungkinkan melakukan transaksi di bitcoin".


Kontroversi dan masa depan yang tidak pasti untuk implementasi hukum


Persetujuan bitcoin memiliki penerimaan yang tidak merata di Twitter, di mana posisi yang ditemukan jelas. Sementara penganut crypto merayakan tonggak bersejarah ini , warga El Salvador - negara di mana Bukele memegang kekuasaan hampir mutlak - mengkritik bahwa undang-undang ini jauh kurang penting daripada tindakan lain yang harus disahkan di tempat lain.Dikutip dari xataka