Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komisi PBB meluncurkan peringatan baru terhadap adopsi BTC di El Salvador


 Teknosia | Sekretaris eksekutif ECLAC menekankan bahwa masih belum ada studi yang menyelidiki kemungkinan risiko atau manfaat El Salvador menerima BTC sebagai alat pembayaran yang sah.


Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin dan Karibia (ECLAC) , komisi regional Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mempromosikan kerja sama ekonomi, adalah badan pengatur terbaru yang menyatakan keprihatinan tentang keputusan El Salvador untuk menerima Bitcoin ( BTC ) sebagai mata uang. .


Sekretaris Eksekutif ECLAC, Alicia Bárcena , telah memperingatkan bahwa keputusan El Salvador untuk menerima Bitcoin menimbulkan sejumlah risiko sistemik dan risiko terkait dengan pencucian uang, lapor kantor berita lokal Diario El Mundo pada hari Jumat.


Bárcena menekankan bahwa masih belum ada penelitian yang menyelidiki kemungkinan risiko atau manfaat El Salvador menerima BTC sebagai alat pembayaran yang sah . Dia menyatakan bahwa El Salvador kemungkinan akan menghadapi pengawasan dan risiko dari Gugus Tugas Aksi Keuangan, atau FATF, mengenai keputusannya untuk terjun ke Bitcoin.


Pejabat itu menambahkan bahwa Bitcoin tidak memenuhi beberapa fungsi dasar uang dan tunduk pada volatilitas ekstrem , yang dapat menimbulkan "beberapa risiko sistemik" dalam ekonomi dolar.


Dalam mengeluarkan peringatan tersebut, ECLAC bergabung dengan semakin banyak otoritas dan organisasi dunia yang semakin khawatir tentang keputusan El Salvador untuk mengadopsi BTC sebagai alat pembayaran yang sah , setelah Presiden Salvador Nayib Bukele mengumumkan undang-undang bersejarah pada awal Juni. Dana Moneter Internasional adalah salah satu regulator pertama yang menarik perhatian pada masalah ini, memperingatkan bahwa menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di negara tersebut dapat menimbulkan masalah hukum dan keuangan .


Pada tanggal 17 Juni, yang Bank Dunia menolak permintaan El Salvador untuk membantu dengan transisi negara untuk adopsi Bitcoin , mengutip masalah yang terkait dengan dugaan dampak lingkungan Bitcoin dan transparansi. Baru hari ini , Deputi Gubernur Bank of Russia Alexey Zabotkin juga telah menyuarakan keprihatinan tentang langkah Bitcoin El Salvador , dengan alasan bahwa ekonomi besar tidak mungkin mengikuti seruan negara untuk mengadopsi BTC sebagai alat pembayaran yang sah, karena ini menimbulkan risiko terhadap stabilitas keuangan.