Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Gagal Record Video Zoom

Zoom sudah menjadi aplikasi wajib yang kita buka setiap hari, terutama di masa-masa pandemi seperti saat ini, betul sobat? Mulai dari sekolah, kantor, seminar, bahkan hingga nongkrong pun sekarang banyak dilakukan melalui aplikasi yang satu ini. Memang mau tidak mau, kita dipaksa mengikuti perkembangan teknologi komunikasi. Namun, mungkin banyak dari kita yang masih belum terlalu memahami secara dalam bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom ini.


Sebelum saya menuju kepada cara mengatasi gagal record video zoom. Ijinkan saya bercerita sedikit mengenai cerita dibalik niat saya menulis artikel ini. Ibu saya ditugaskan untuk mengisi dan merekam sebuah kegiatan online melalui Zoom. Setelah kegiatan online tersebut selesai, secara otomatis Zoom akan mengconvert rekaman tadi menjadi file video yang siap untuk diputar. Tapi, secara tidak sengaja, ayah saya mematikan laptop yang sedang melakukan convert video tadi. Ayah saya mengira bahwa laptop tersebut sedang tidak dipakai (Karena proses convert video zoom yang cukup lama, ibu saya memilih untuk meninggalkan laptopnya sebentar). Paniklah kami semua, terutama ibu saya yang memang sangat membutuhkan hasil rekaman video Zoom tersebut. Secara logika, kami mengira sudah jelas file rekaman tersebut akan hilang karena laptop dimatikan pada saat proses convert video.

Berbagai cara manual telah saya coba untuk mengembalikan rekaman tersebut. Tanpa sengaja, saya menemukan suatu artikel di salah satu universitas di luar negeri yang membahas tentang cara mengatasi gagal record video zoom ini. Caranya sangat sederhana sekali, hanya saja mungkin cukup asing bagi orang seperti ibu saya ini. Oleh sebab itu, melalui artikel ini, saya harap saya bisa berbagi cara yang sederhana untuk membantu kalian mengatasi gagal record video zoom.

Secara otomatis, setelah zoom meeting selesai, Zoom akan melakukan proses convert video seperti pada gambar di bawah ini.

Proses Convert Video Zoom

Kurang lebih, pada proses ini, pada saat sekitar 10%, ayah saya secara tidak sengaja mematikan laptop ibu saya. Saat menyalakan laptop kembali, tentunya proses ini akan hilang, dan kita semua pasti akan mengira bahwa video rekaman zoom kita juga akan hilang kan...

Cara Mengatasi Gagal Record Video Zoom

1. Cari File Rekaman Zoom

Secara default, rekaman zoom kita akan tersimpan di Documents/Zoom/(Folder Zoom Berdasarkan Tanggal dan Nama Room)/double_click_to_convert_(1/2).zoom

Seperti pada gambar di bawah ini, ada 2 file berekstensi .zoom yang saya temui di folder Zoom saya.

File Rekaman Zoom

Pada gambar di atas, kotak hijau merupakan lokasi file Zoom saya ini, sedangkan kotak merah merupakan 2 file rekaman Zoom yang berekstensi .zoom

2. Buka File Rekaman Zoom dengan zTscoder

Selanjutnya, pada file rekaman zoom nomor satu, klik kanan, pilih open with, lalu, klik more apps, scroll ke bawah dan pilih Look for another app on this PC, dan arahkan ke C:\Users\(Nama Komputer Kalian)\AppData\Roaming\Zoom\Bin dan pilih zTscoder.exe dan klik open. Maka secara otomatis, Zoom akan memulai kembali proses convert video. Tunggu proses convert video zoom tersebut dan jika proses convert sudah selesai, file video Zoom di folder tersebut akan berubah menjadi file video mp4 yang siap untuk ditonton.

Klik kanan file 1 zoom dan pilih Open with

Pilih More apps

Pilih Look for another app on this PC

Arahkan ke C:\Users\(Nama Komputer Kalian)\AppData\Roaming\Zoom\Bin dan pilih zTscoder.exe dan klik open

Secara Otomatis, Proses Convert Zoom akan Dimulai

Setelah Proses Convert Video Zoom Selesai, Isi File akan Berubah Menjadi File MP4

Sekarang kalian bisa kembali menemukan file video rekaman Zoom kalian yang telah hilang ataupun sempat error sebelumnya. Semoga artikel singkat ini bisa membantu mengatasi gagal record video zoom yang kalian alami. Terima kasih.