Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Sih Mitos Paling Umum Tentang Bitcoin?


Teknosia.xyz, Jakarta. Carlos Mosquera, CEO Solidus, memberikan jawaban atas keraguan umum yang ada tentang Bitcoin, menyangkal mitos


Apakah Berinvestasi Dalam Aset Digital Seperti Bitcoin Aman? Apakah Bitcoin didukung? Ini hanya beberapa pertanyaan yang paling saya ketahui tentang cryptocurrency. Carlos Mosquera, CEO Solidus, berbagi dengan Teknosia beberapa jawaban atas keraguan umum yang ada tentang Bitcoin, menyangkal mitos.


Bitcoin telah dinyatakan mati hampir 380 kali sejak diluncurkan pada tahun 2009. Kritiknya yang terus-menerus telah berhasil menciptakan banyak mitos yang memberikan citra buruk kepada publik yang belum memiliki kesempatan untuk belajar dari aset baru ini,” jelas Mosquera.


Mitos tentang Bitcoin

Berikut adalah enam mitos tentang Bitcoin, dan dasar-dasar yang menyangkal mitos tersebut, menurut Carlos Mosquera: 


Bitcoin mengekspos informasi pribadi Anda

Palsu. Meskipun transaksi Anda terdaftar di alamat bitcoin yang Anda gunakan sebagai nama samaran, baik pengirim maupun penerima tidak perlu saling mengenal - seperti halnya dengan kartu kredit atau debit. Ini berarti bahwa transaksi bitcoin bersifat anonim dan tidak ada pihak ketiga yang dapat melihat data pribadi mereka yang terlibat.


Jadi, meskipun Bitcoin tidak sepenuhnya merupakan transaksi pribadi karena ada catatan jumlah uang dan tanggal pergerakannya, tidak ada informasi lebih lanjut yang diungkapkan kepada pihak ketiga. Dan berkat transparansinya dan bahwa ini bukan sepenuhnya transaksi pribadi, tetapi anonim, penipuan, pencurian, dan manipulasi pihak ketiga dapat dihindari.


Bitcoin hanya digunakan oleh peretas dan penjahat dunia maya

Palsu. Karena transparansi transaksi dengan Aset Digital seperti Bitcoin dan sifat terbukanya yang pergerakannya dapat dilacak sampai batas tertentu, penjahat digital mengalami kesulitan untuk mengubah dana bitcoin ini menjadi uang kertas - uang saat ini yang berfungsi sebagai mata uang pertukaran. - .


Faktanya, meskipun sayangnya pada awalnya Aset Digital ini dikaitkan dengan kasus platform darknet Silk Road di mana ia digunakan sebagai alat pertukaran - tetapi bisa juga kartu kredit konvensional atau mata uang lain -, kemudian Bitcoin berkontribusi pada penutupan salah satu situs pornografi anak terbesar di dunia dengan memfasilitasi pelacakan alamat di server darknet.


Dan kenyataannya adalah penipuan , pencucian uang, dan transaksi barang terlarang dapat terjadi dengan mata uang pertukaran apa pun, tetapi Bitcoin telah menciptakan nama yang buruk dan kasus penyalahgunaannya telah dibesar-besarkan, tanpa dasar, hanya untuk mendiskreditkannya. Bahkan lebih banyak penipuan terjadi dengan mata uang tradisional dibandingkan dengan Aset Digital: situs web Messari mengungkapkan bahwa untuk setiap dolar yang dihabiskan untuk Bitcoin untuk operasi darknet, USD 800 dicuci secara kriminal dalam sistem perbankan konvensional.


Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan keamanan siber Elliptic menunjukkan bahwa kurang dari 1% dari semua transaksi Bitcoin memiliki asal kriminal karena hanya 0,61% uang yang masuk ke layanan konversi selama empat tahun yang dianalisis berasal dari sumber terlarang, dan proporsi tertinggi (1,07%) diamati pada tahun 2013.


Jaringan Bitcoin mengalami banyak serangan dunia maya

Palsu. Meskipun umum untuk menghubungkan peretasan dan penipuan pertukaran dengan sifat tidak berwujud dan digital dari Aset Digital, harus dipahami bahwa peretas memanfaatkan kelemahan keamanan platform tempat transaksi dilakukan, tetapi itu tidak ada hubungannya dengan itu. dengan jaringan Bitcoin.


Faktanya, Bitcoin Blockchain tidak pernah diretas, karena jaringan P2P (peer-to-peer) bekerja di bawah sistem terdistribusi dan terdesentralisasi, yang tahan terhadap pemalsuan, kegagalan, dan serangan komputer.


Bitcoin tidak didukung oleh siapa pun

Palsu. Mengingat hal ini, pertama-tama harus dicatat bahwa uang modern hanya didukung oleh janji pemerintah dan bank dalam perekonomian saja, dan "manajer uang" dunia inilah yang akhir-akhir ini menciptakan lebih banyak "gelembung" di lebih banyak kelas aset. sejarah keuangan global. Tetapi uang fiat ini, yang diterima di seluruh dunia, dengan sendirinya, hanyalah alat pembayaran dan ukuran nilai, tetapi tidak berarti cadangan kekayaan, seperti emas dan perak.


Uang kertas dan koin memiliki nilai hari ini karena kita terpaksa menggunakannya sebagai bentuk pertukaran yang dipaksakan, sementara pemerintah terus mendevaluasi nilainya di depan kita, tanpa kita bisa berbuat apa-apa.


Jadi apa bedanya? Bitcoin adalah mata uang pertukaran cepat dan murah yang cocok untuk dunia modern yang saling terhubung secara global yang tidak dikelola secara terpusat dan memiliki persediaan terbatas sebesar 21 juta.


Bitcoin didukung oleh jutaan orang yang menerima nilainya, tetapi juga oleh semua investasi yang mendahuluinya yang dibuat oleh perusahaan besar mulai dari Goldman Sachs , Morgan Stanley , Paypal, Square Inc, hingga Fidelity, melalui IBM dan NYSE / ICE, Tesla, Strategi mikro, Massmutual dan tanpa mengabaikan perusahaan teknologi, seperti Intel, Samsung dan HTC, yang mengalokasikan miliaran dolar dalam infrastruktur untuk mendukung ekosistem Bitcoin yang kuat, serta lembaga keuangan utama yang terus melakukan investasi besar di industri dan vertikal dari rantai nilai Aset Digital ini.



Pemerintah dapat menangguhkan penggunaan Bitcoin

Palsu. Bahkan pemerintah Venezuela pun tidak berhasil mencegah penggunaannya dan itulah sebabnya ia memilih untuk mengaturnya daripada menangguhkannya. Dan meskipun negara-negara seperti Afghanistan, Arab Saudi, Vietnam, Aljazair, India dan beberapa lainnya telah mendorong larangan mereka, hampir tidak mungkin untuk melakukannya karena, secara praktis, untuk menghentikan jaringan Bitcoin, pemerintah harus mematikan internet. 


Bitcoin beroperasi dengan jaringan terdesentralisasi di mana ribuan orang di berbagai belahan dunia berkontribusi padanya dengan satu atau lebih penambang - individu atau kelompok orang di seluruh dunia yang mencatat transaksi dan mengamankannya di Blockchain jaringan Bitcoin. semua transaksi di setiap blok, dan terserah para penambang untuk memverifikasi transaksi, tetapi tanpa otoritas pusat seperti yang terjadi dengan bank atau pemerintah. 


Jadi dengan kunci pribadi dompet Bitcoin, tidak mungkin seseorang dapat membekukan dana Anda atau menangguhkan transaksi atau mengunci akun Anda.


Bitcoin adalah perusahaan investasi

Palsu. Baik perusahaan investasi maupun broker. Ini juga tidak seperti Paypal atau Visa. Bitcoin adalah jaringan dan merupakan Aset Digital yang bekerja berkat partisipasi aktor independen di seluruh dunia yang menjalankan node, mencatat seluruh rantai blok, mengekstraknya, mengembangkan perangkat lunak, dan melakukan transaksi, menciptakan pasar.


Tanpa otoritas pusat, tidak ada yang bisa diubah di jaringan; lebih jauh, siapa pun memiliki kebebasan untuk mengaudit kode sumber yang terbuka secara langsung.


Kesimpulan

Mosquera merefleksikan: “Semua mitos ini salah dan memberikan citra buruk tentang Bitcoin kepada masyarakat umum. Itulah sebabnya di Solidus kami peduli untuk mencoba mencapai pemahaman terbaik tentang teknologi dan sifat disruptifnya, sebagai kelas baru aset dengan relevansi global yang tak terbantahkan dan yang mewakili peluang bagus untuk berinvestasi."