Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bitcoin Akan Membuka Minat Berjangka Pada Kesempatan Tertinggi 3 Bulan Kedepan — Tetapi Apakah Itu Cukup Untuk Mengatasi $50K?


 Bitcoin Akan Membuka Minat Berjangka Pada Kesempatan Tertinggi 3 Bulan Kedepan — Tetapi Apakah Itu Cukup Untuk Mengatasi $50K?


Indikator tersebut, ditambah dengan momentum penawaran yang kuat versus penawaran, menunjukkan bahwa harga Bitcoin dapat mendorong di atas $50.000 di sesi mendatang.


Open interest Bitcoin ( BTC ) berjangka telah pulih ke level Mei, meningkatkan optimisme tentang pergerakan bullish yang kuat di atas $50.000.


Jumlah total kontrak berjangka yang beredar di bursa Deribit mencapai $1,37 miliar pada hari Senin, level tertinggi sejak 27 Mei. Sementara itu, perbedaan antara kurs spot Bitcoin dan harga kontrak berjangka melebar, naik secara bertahap selama tiga bulan (ditahunan) kembali ke level Juni, data yang disediakan oleh Stack Funds menunjukkan.



Perusahaan manajemen investasi melihat pemulihan sebagai tanda investor memasuki kembali pasar Bitcoin sambil mengadopsi “pendekatan lebih berisiko.” Menurut kepala penelitiannya, Lennard Neo, “perdagangan contango” dari masa depan Bitcoin mencerminkan bahwa “sentimen investor tetap condong ke arah bullish.” Dia menulis  dalam sebuah laporan:


"Lebih penting lagi, kami telah mengamati kekuatan yang konsisten dalam momentum penawaran versus penawaran, membuat kami percaya bahwa pasar akan didukung dengan baik setidaknya dalam waktu dekat, dengan konsolidasi lebih lanjut sebelum menembus $50.000."



Pengaruh ritel pada harga Bitcoin

Pada bulan Juni, Bitcoin berjangka runtuh di bawah beban aksi jual brutal di pasar spot cryptocurrency terbesar di dunia. Pergerakan turun dari $41.322 menjadi $28.800 menghapus perdagangan dasar, di mana seorang pedagang membeli Bitcoin di pasar spot dan menjual berjangka jangka panjang untuk mengunci perbedaan antara kedua harga.


Jadi tampaknya, pedagang berjangka dengan leverage membatalkan posisi panjang mereka untuk memenuhi panggilan margin — yaitu, melalui mekanisme likuidasi otomatis di bursa. Itu mengurangi kesenjangan antara harga berjangka Bitcoin dan spot, meningkatkan kekhawatiran premium negatif pada kontrak berjangka, juga disebut  backwardation .


Di Deribit, basis tiga bulan (disetahunkan) adalah sekitar 2,5%. Tetapi dalam keadaan “ contango ” yang ideal , futures harus diperdagangkan dengan premi tahunan 5% –15% sesuai dengan tingkat pinjaman stablecoin.


Teknosia melaporkan bahwa penurunan Juni tidak ada hubungannya dengan likuidasi yang lama dan lebih banyak dengan kapitulasi penambang. Ini mengutip tindakan keras China terhadap perusahaan crypto regional sekitar waktu yang sama dengan harga Bitcoin jatuh, mencatat bahwa keputusan tersebut memaksa penambang crypto untuk menutup operasi secara tiba-tiba dan, pada gilirannya, menjual kepemilikan Bitcoin mereka secara massal untuk menutupi kerugian.



$50,000 penghalang psikologis

Memasuki Agustus, Bitcoin telah mengesampingkan sebagian besar masalah penambangan, dengan laporan Glassnode baru - baru ini menunjukkan bahwa para penambang telah mulai mengakumulasi ulang token. Sementara itu, laporan inflasi yang terus tinggi di Amerika Serikat juga telah mendorong narasi safe-haven Bitcoin di antara investor terakreditasi.



Itu sebagian menjelaskan mengapa Bitcoin  mendekati $ 29.000 dan naik kembali ke $ 50.000 dalam lebih dari sebulan. Ini juga menggarisbawahi lonjakan minat terbuka berjangka dan perdagangan dasar, menandakan minat beli baru di antara investor dan pedagang. 


Tapi Neo melihat potensi kesalahan. Peneliti menyoroti kegagalan Bitcoin baru-baru ini untuk menutup di atas resistensi psikologisnya pada $50.000, mencatat bahwa itu dapat mengerem reli yang akan segera terjadi. Dia menambahkan:



"Fakta bahwa basis 3 bulan belum menembus level Juni dan masih jauh dari level April menunjukkan bahwa permintaan riil dan spekulasi tetap konservatif."



Bitcoin diperdagangkan pada $46.888, sekitar 7,78% di bawah tertinggi sesinya di $50,505, pada saat penulisan.


Pandangan dan pendapat yang diungkapkan di sini adalah sepenuhnya milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan Teknosia.xyz. Setiap langkah investasi dan perdagangan melibatkan risiko, Anda harus melakukan riset sendiri saat membuat keputusan.