Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gamer berusia 22 tahun asal Jakarta ubah hobi menjadi bisnis

AdSense telah membantu banyak bisnis berkembang dan Ajie Wicaksono menggunakannya untuk mengubah kesenangannya menjadi keuntungan 



Hari Game Indonesia diresmikan pada 8 Agustus 2016 dan menjadi peringatan rutin setiap tahunnya. Peringatan ini diadakan untuk memberikan wadah kepada pecinta game di Indonesia untuk dapat  berpartisipasi, mendukung, dan mendorong industri game tanah air. Kali ini, tiga pecinta game maupun game developer berbagi cerita mereka dalam memanfaatkan dan mengembangkan game.



Dahulu orang beranggapan bermain game hanyalah kegiatan sia-sia dan menghabiskan waktu. Namun sebenarnya hobi bermain game bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan uang bahkan menjadi profesi. Hal itulah yang dirasakan Ajie Wicaksono, pria berusia 22 tahun asal Jakarta Timur yang merupakan pendiri Esportsku.com.

“Sejak SMP saya sangat suka dan hampir setiap saat bermain game. Saat itu tentu tidak menghasilkan apa-apa dan malah mengeluarkan uang untuk bermain sampai orang tua selalu memarahi saya. Mereka bilang game itu tidak membawa dampak baik bagi orang. Akhirnya saya berpikir untuk menciptakan sesuatu yang berdampak baik bagi orang lain. Inilah awal lahirnya Esportsku.com,” jelas Ajie.



Esportsku.com, didirikan pada tahun 2015 saat Ajie masih menduduki bangku SMAN 14 Jakarta, merupakan situs yang khusus menyajikan berita esports seperti pelaksanaan turnamen. Tidak hanya itu, situs ini juga menyelenggarakan turnamen sendiri dengan tujuan ingin memajukan ekosistem esports di Indonesia dan menghapus stigma negatif tentang game

Setelah dua tahun berdiri, Ajie memutuskan untuk mulai memonetisasi Esportsku.com. Sayangnya, pengunjung dan peminat situsnya tidak banyak sehingga ia menghentikan monetisasi tersebut dan menggunakan modal pribadi. Demi menghidupi Esportsku.com, Ajie rela menggunakan uang saku, meminjam uang ibunya, hingga berjualan makanan.



Hingga pada 2019 Ajie kembali menggunakan Google AdSense karena trafik mulai meningkat. AdSense berguna untuk mendukung pemilik situs agar dapat mulai memperoleh penghasilan dengan menampilkan iklan yang relevan dan menarik di samping konten online situs tersebut.



“Saya sangat bersyukur bisa mempelajari AdSense yang menjadikan Esportsku.com sebagai sumber penghasilan saya. Ini tidak hanya membantu Esportsku.com dapat berkembang, namun juga membantu saya dan teman-teman di Esportsku.com secara finansial, terlebih di masa pandemi ini. Dengan pemanfaatan AdSense di Esportsku.com, memberi saya kesempatan untuk menjadikan hidup lebih bermakna dan bisa membantu banyak orang,” cerita Ajie.



Seiring dia belajar memanfaatkan AdSense, trafik Esportsku.com meningkat hingga 98% dibandingkan sebelumnya. Situs ini pun menjadi wadah untuk membangun komunitas esports, memudahkan seseorang untuk mencari turnamen esports, dan dapat memberikan sosialisasi bahwa game itu tidak selalu tentang hiburan karena bisa untuk pengembangan diri, bahkan menghasilkan uang.



Ajie bercerita, “Saya punya dua adik, yang paling kecil sama seperti saya, ia suka main game dan sekarang mulai melangkah sebagai streamer. Saya pun mendukungnya dan memberikan ia kesempatan untuk memanfaatkan Esportsku.com sebagai wadahnya untuk mengembangkan diri.”

Penghasilan yang didapat dari penggunaan AdSense di Esportsku.com digunakan Ajie untuk mengembangkan sebuah kantor bagi para komunitas esports dan menggaji para penulis konten di situsnya. Lebih dari itu, Ajie juga mampu membiayai pendidikannya beserta dua adiknya hingga membayar cicilan utang dan dana haji sang ibu. Tidak lupa, Ajie menggunakan sebagian penghasilannya dari Esportsku.com untuk membagi makanan bagi orang di jalanan setiap hari Jumat dan di bulan Ramadan tahun ini ia membagi makanan berbuka puasa gratis.