Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 3 alasan mengapa? harga Ethereum tidak dapat naik ke 290 juta, dalam waktu dekat!


 Harga Ether ( ETH ) telah mengalami penurunan sejak co-founder Ethereum Vitalik Buterin muncul di Festival StartmeupHK 2021. Dalam sesi obrolan api unggun pada 27 Mei, Buterin menyatakan bahwa berbagai konflik internal Tim melakukan migrasi untuk membuktikan -of-saham tertunda .


Seperti yang dilaporkan Teknosia, "Fase Satu", yang memperkenalkan skalabilitas melalui sharding, ditunda hingga 2022. Selain itu, sifat DeFi yang terdesentralisasi secara inheren mungkin tidak sepenuhnya bermanfaat , karena pemrosesan gaya sharding akan memerlukan eksekusi transaksi melalui rantai paralel.


Tidak mungkin untuk menjelaskan alasan penurunan tajam Ether dari level tertinggi sepanjang masa, tetapi kenaikan biaya gas tentu saja melukai ekspektasi investor. Tidak hanya menunjukkan betapa terbatasnya jaringan, tetapi juga mendorong pedagang untuk bereksperimen dengan jaringan alternatif seperti Binance Smart Chain (BSC) dan solusi Layer 2 Polygon.


Grafik di atas menunjukkan bahwa komisi gas rata-rata sebesar $45 berlangsung selama sebulan penuh setelah pembaruan Berlin dilaksanakan pada tanggal 15 April . Konsensus dalam komunitas Ethereum adalah bahwa Berlin memiliki dampak yang lebih kecil dalam jangka pendek, tetapi membuka jalan bagi protokol EIP-1559 yang telah lama ditunggu-tunggu dari cabang London pada 4 Agustus.


Ini membawa kita ke salah satu dari 3 faktor yang dapat mempengaruhi harga Eter secara negatif dalam jangka pendek.


Fork London Ethereum adalah bagian dari peta jalan menuju peluncuran final Eth2 pada tahun 2022. Pembaruan yang telah lama ditunggu-tunggu dijadwalkan untuk 4 Agustus, tetapi telah ditunda, karena tanggal sebelumnya menyebutkan peluncuran untuk akhir Juli.


Penambang akan menjadi yang paling terpengaruh oleh EIP-1159, yang bertujuan untuk membakar sebagian dari komisi yang dihasilkan pada blockchain Ethereum, sehingga mengurangi pendapatan mereka. Selain itu, EIP-3554 memperkenalkan penyesuaian yang meningkatkan kesulitan untuk mendorong migrasi ke blockchain proof-of-stake yang baru.


Riwayat pengiriman pengembang Ethereum juga tidak menginspirasi kepercayaan. Jika ada pembaruan parsial dan ayunan yang lebih kontroversial ditunda, harga Ether bisa turun, karena bagian dari reli saat ini didasarkan pada hype seputar hard fork.


Pada kesempatan ini, yang menjadi perhatian utama bukan teknis tetapi sosial. Setelah jelas bagi penambang Ethereum bahwa sumber pendapatan mereka akan berkurang secara bertahap, itu adalah masalah waktu sebelum jaringan yang bersaing mendapat manfaat.


Meskipun sebagian besar blockchain berbasis kontrak pintar telah dirancang untuk model konsensus bukti kepemilikan, beberapa proyek yang kurang dikenal dapat mengubah algoritme mereka untuk mendukung penambangan Ethash.


Analis tidak boleh mengesampingkan kemungkinan bahwa Binance Smart Chain atau Solana dapat menerapkan lapisan keamanan tambahan menggunakan kekuatan hashing ekstra yang disebabkan oleh eksodus penambang dari Ethereum. Meskipun skenario ini jauh, pergerakan ini tentu akan memberikan tekanan pada harga Ether.


Semakin lama waktu yang dibutuhkan hingga Eth2 diimplementasikan sepenuhnya dan DApps memperbarui kodenya untuk mendukung kemampuan sharding, semakin besar insentif untuk menambahkan dukungan multi-rantai.


Curve dan AAVE, dua protokol DeFi terbesar dengan nilai total terkunci, telah menambahkan dukungan untuk jaringan blockchain selain Ethereum. Sementara itu, Polygon memiliki kontrak dari Curve senilai $550 juta dan dari AAVE lainnya $1,8 miliar, menurut data dari DeFi Llama.


Pada akhirnya, "pembunuh Ethereum" yang paling mungkin adalah jaringan itu sendiri karena menunda solusi penskalaan akan mendorong pengguna dan DApps ke solusi alternatif. Pada saat yang sama, migrasi ke proof of stake membuka ruang untuk memperkuat jaringan blockchain yang bersaing.


Pandangan dan pendapat yang diungkapkan di sini adalah sepenuhnya milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan Teknosia.xyz Setiap investasi dan langkah bisnis melibatkan risiko, Anda harus melakukan riset sendiri saat mengambil keputusan.