Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemendikbudristek sambut baik peluncuran Chromebook buatan Indonesia

Pandemi telah memberikan banyak pembelajaran dan pengalaman baru bagi bidang pendidikan, khususnya dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penggunaan layanan digital dan teknologi yang semakin meningkat tidak dapat dihindarkan. Layanan pendidikan yang semula dilakukan secara luring berubah dengan cepat menggunakan pembelajaran secara daring dan digital.



Wikan Sakarinto, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI di acara Google for Education menyampaikan bahwa diperlukan sinergi yang kuat bagi para pemangku kepentingan di dunia pendidikan untuk bersama-sama berinovasi menciptakan solusi yang dapat membantu guru, siswa dan masyarakat dalam mengadaptasi pembelajaran di era pandemi, dengan semangat untuk terus mencerdaskan bangsa tidak boleh berhenti dalam kondisi apapun.



Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah dengan diluncurkannya Chromebook lokal yang difasilitasi oleh enam produsen dalam negeri di bidang elektronik yaitu Advan, Axioo, Evercoss, SPC, Zyrex, dan TSM. Diharapkan nantinya dapat memproduksi ratusan ribu laptop pada tahun 2022 yang dapat melibatkan ribuan anak muda Indonesia sebagai SDM dan tenaga kerja khususnya dari siswa SMK. Hal ini sebagai salah satu bentuk nyata link and match pendidikan vokasi yakni project-based learning yang diharapkan akan menjadi inspirasi bagi industri lain untuk berkolaborasi dengan pendidikan vokasi.



Beliau mengungkapkan, “Kehadiran kolaborasi Google, industri teknologi, dan pendidikan vokasi ini akan memberikan seperangkat keterampilan yang lebih luas di bidang industri manufaktur dan bidang IT yang lebih maju bagi anak-anak muda Indonesia. Serta tentunya lebih lanjut, ini akan menjadi salah satu inisiatif untuk membangun pilar perekonomian nasional karena dari industri elektronik dalam negeri ini diproyeksikan dapat menghasilkan Chromebook yang potensial untuk diekspor ke luar negeri, disamping sebagai inisiasi memfasilitasi perangkat pendukung pembelajaran digital yang dapat memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan pendidikan.”



Pak Wikan menyampaikan “Selamat dan sukses atas peluncuran perakitan Chromebook pertama di Indonesia dan desain Google Chromebook pada tahun 2021 ini, semoga kehadiran kerja sama dari Google dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi kedepannya semakin banyak dan menghasilkan kontribusi nyata bagi pendidikan di Indonesia.” 



Untuk menyaksikan kembali acara “Google for Education and the 2021 launch of Chromebooks made in Indonesia”, kunjungi kanal YouTube Google Indonesia.