Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memberi Anak-anak dan Remaja Pengalaman yang Lebih Aman Saat Online


Oleh Mindy Brooks, General Manager, Kids and Families



Kami berkomitmen untuk membuat produk yang mengutamakan keamanan, didesain untuk mengutamakan privasi, dan memberikan kontrol kepada penggunanya. Meskipun kebijakan kami tidak mengizinkan anak-anak berusia di bawah 13 tahun untuk membuat Akun Google-nya sendiri, kami berupaya keras untuk meningkatkan desain guna memperkaya pengalaman produk terutama bagi anak-anak, remaja, dan keluarga. Melalui aplikasi Family Link, kami memungkinkan orang tua untuk menyiapkan akun yang diawasi untuk anak-anaknya, mengatur waktu penggunaan perangkat, dan banyak lagi. Program literasi digital kami, Tangkas Berinternet, membantu anak-anak belajar menjadi warga digital yang aktif berinteraksi dan bisa menjaga keamanan dirinya. Selain itu, aplikasi kami lainnya yang dikhususkan untuk anak-anak seperti YouTube Kids, Kids Space, dan program disetujui pengajar di Google Play, juga menawarkan pengalaman yang disesuaikan untuk pengguna berusia muda. 



Teknologi telah membantu anak-anak dan remaja selama pandemi untuk bisa terus bersekolah saat diberlakukan karantina wilayah, dan tetap terhubung dengan keluarga serta teman-temannya. Namun, karena anak-anak dan remaja kini menghabiskan lebih banyak waktunya di internet, para orang tua, pengajar, pakar keamanan dan privasi anak, serta pembuat kebijakan turut memikirkan cara untuk membuat mereka tetap aman. Kami rutin berkomunikasi dengan mereka dan juga memiliki kekhawatiran yang sama.



Beberapa negara telah menerapkan sejumlah regulasi terkait hal ini dan seiring upaya kami untuk mematuhinya, kami juga mencari cara untuk mengembangkan pengalaman produk dan kontrol pengguna yang konsisten bagi anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Hari ini, kami ingin mengumumkan berbagai kebijakan dan perubahan baru:



Memberi anak-anak kontrol lebih besar terhadap jejak digital di internet

Meskipun kami telah memberi berbagai opsi untuk menghapus informasi pribadi kepada pengguna Google Search, anak-anak memiliki risiko lebih besar terkait kontrol terhadap gambar atau fotonya di internet. Dalam beberapa minggu mendatang, kami akan menerapkan kebijakan baru agar setiap pengguna yang berusia di bawah 18 tahun, atau orang tuanya atau walinya, dapat meminta untuk menghapus gambar atau foto anak dari hasil penelusuran Google Image. Perlu diketahui bahwa menghapus foto atau gambar dari Google Search tidak menghapusnya dari seluruh web, tetapi kami yakin bahwa perubahan ini akan memberi kontrol yang lebih besar kepada pengguna berusia muda terhadap gambar atau foto-fotonya di internet. 



Menyesuaikan pengalaman produk untuk anak-anak dan remaja

Beberapa produk kami yang paling populer membantu anak-anak dan remaja untuk mengeksplorasi minatnya, mempelajari banyak hal tentang dunia, dan terhubung dengan teman-temannya. Kami berkomitmen untuk terus membuat pengalaman ini lebih aman bagi mereka. Itulah sebabnya dalam beberapa minggu dan bulan mendatang kami akan membuat sejumlah perubahan pada Akun Google untuk pengguna berusia bawah 18 tahun:



  • YouTube: Kami akan mengubah setelan upload default ke opsi paling pribadi (mode ‘private’) yang tersedia untuk remaja berusia 13-17 tahun. Selain itu, kami juga akan menampilkan fitur-fitur kesehatan digital (digital well-being) secara lebih jelas, dan memberikan langkah-langkah pengamanan serta edukasi tentang konten komersial. Pelajari lebih lanjut perubahan ini di sini.

  • Google Search: Kami memiliki serangkaian sistem, alat, dan kebijakan yang didesain untuk membantu pengguna menemukan konten di internet sekaligus memfilter konten dewasa yang tidak mereka cari. Salah satu alat perlindungan yang kami tawarkan adalah SafeSearch, yang ketika diaktifkan dapat membantu memfilter hasil penelusuran eksplisit. Fitur ini otomatis diaktifkan bagi pengguna di Indonesia dan pengguna di seluruh dunia di bawah 13 tahun yang login di perangkat dan akunnya yang dikelola oleh Family Link. Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan mengaktifkan SafeSearch bagi pengguna lama yang berusia di bawah 18 tahun dan otomatis memberlakukan setelan ini untuk pengguna remaja yang ingin membuat akun baru. 

  • Asisten Google: Kami selalu berupaya mencegah konten dewasa muncul saat anak-anak sedang memakai Asisten Google di perangkat bersama, dan beberapa bulan lagi kami akan memperkenalkan fitur perlindungan default baru. Misalnya, kami akan menerapkan teknologi SafeSearch ke browser web di layar smart (smart displays). 

  • Histori Lokasi: Histori Lokasi adalah setelan Akun Google yang membuat produk kami jadi lebih bermanfaat. Setelan ini secara default dinonaktifkan bagi semua akun, dan anak-anak dengan akun yang diawasi tidak dapat mengaktifkan Histori Lokasi. Namun, kami ingin mengambil langkah lebih. Dalam waktu dekat, kami akan memberlakukan setelan ini kepada semua pengguna berusia di bawah 18 tahun di seluruh dunia, sehingga Histori Lokasi akan tetap dinonaktifkan (tanpa ada opsi untuk mengaktifkannya).

  • Google Play: Guna meningkatkan upaya yang telah kami lakukan seperti pemberian rating konten, dan “Aplikasi yang Disetujui Pengajar” untuk menghadirkan konten berkualitas bagi anak-anak, kami juga meluncurkan bagian keamanan baru di Google Play untuk memberi informasi kepada orang tua mengenai aplikasi mana saja yang mengikuti Kebijakan kami untuk keluarga, memudahkan orang tua menentukan aplikasi yang tepat untuk anak-anaknya sebelum mendownloadnya.

  • Google Workspace for Education: Seperti yang baru-baru ini kami umumkan, kami memudahkan administrator untuk menyesuaikan pengalaman penggunanya berdasarkan usia (seperti membatasi aktivitas siswa di YouTube). Selain itu agar menjelajah web jadi semakin aman, sekolah dasar dan menengah yang menggunakan produk ini akan otomatis mengaktifkan teknologi SafeSearch, serta opsi untuk menjelajah web dengan Mode Tamu (Guest Mode) dan Mode Samaran (Incognito Mode) otomatis dinonaktifkan.



Perubahan baru pada iklan

Kami akan memperluas langkah pengamanan untuk mencegah ditampilkannya iklan yang tidak sesuai usia kepada pengguna remaja, dan kami juga akan memblokir penargetan iklan yang didasarkan pada usia, gender, dan minat dari pengguna di bawah 18 tahun. Kami akan mulai meluncurkan perubahan ini ke seluruh produk kami secara global dalam beberapa bulan mendatang. Kami ingin memastikan bahwa kami terus menyediakan perlindungan tambahan serta memberikan pengalaman yang sesuai usia untuk iklan di Google.



Alat kesehatan digital baru

Di aplikasi Family Link, orang tua dapat mengatur waktu penggunaan serta pengingat di perangkat yang dipakai oleh anak-anaknya. Kami juga menyediakan kontrol kepada orang tua di perangkat smart (smart devices) yang kompatibel dengan Asisten Google melalui alat Kesehatan Digital di aplikasi Google Home. Dalam beberapa bulan ke depan, kami akan meluncurkan filter Kesehatan Digital baru sehingga pengguna dapat memblokir berita, podcast, dan akses ke halaman web dari smart devices yang kompatibel dengan Asisten Google.



Di YouTube, kami akan mengaktifkan pengingat istirahat dan waktu tidur serta menonaktifkan fitur putar otomatis (autoplay) bagi pengguna di bawah 18 tahun. Dan di YouTube Kids, kami akan menambahkan opsi putar otomatis dan menonaktifkannya secara default agar orang tua dapat membuat pilihan yang tepat untuk keluarganya.  

Meningkatkan penyampaian informasi terkait data kepada anak-anak dan remaja

Data berperan penting untuk membuat produk kami berfungsi dan bermanfaat. Merupakan tugas kami untuk memudahkan anak-anak dan remaja memahami data apa yang dikumpulkan, mengapa, dan bagaimana data tersebut digunakan. Saat ini kami sedang mengembangkan materi yang, berdasarkan penelitian, menarik dan mudah dipahami oleh anak muda dan orang tuanya agar mereka lebih memahami praktik data kami. Materi-materi ini akan mulai diluncurkan secara global dalam beberapa bulan mendatang.



Upaya berkelanjutan untuk mengembangkan pengalaman produk yang pasti sesuai usia

Kami rutin berkomunikasi dengan anak-anak, remaja, orang tua, pemimpin industri, dan para ahli di bidang privasi, keamanan anak, kesehatan, dan pendidikan untuk mendesain produk yang lebih baik dan aman untuk anak-anak serta remaja. Mengetahui usia pengguna secara akurat dapat menjadi elemen penting dalam memberikan pengalaman penggunaan yang sesuai kebutuhannya. Namun, untuk mengetahui usia pengguna secara akurat di seluruh produk dan platform kami, sekaligus menghormati privasi mereka dan memastikan bahwa layanan kami tetap mudah diakses, adalah tantangan yang kompleks. Diperlukan masukan dari regulator, legislator, lembaga industri, penyedia teknologi, dan banyak lagi untuk mengatasi tantangan ini -- serta untuk memastikan bahwa kita membangun internet yang lebih aman untuk anak-anak.