Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unicorn dalam Cryptocurrency: Kawanan Perusahaan Cryptocurrency yang Berkembang Dinilai Lebih Dari $ 1 Miliar


Ketika Bitcoin mendapatkan perhatian masyarakat umum, perusahaan yang berfokus pada cryptocurrency juga mendapatkan dana dari perusahaan modal ventura untuk menjadi unicorn cryptocurrency.


Paruh kedua tahun 2021 baru saja dimulai dan sudah ada peningkatan jumlah unicorn yang muncul di dunia cryptocurrency karena tahun-tahun penolakan terhadap cryptocurrency oleh investor arus utama mulai menghilang.


Sejak tahun dimulai, lebih dari 50 proyek yang terkait dengan cryptocurrency dan teknologi Blockchain telah mencapai status unicorn yang didambakan, dan analis pasar memperkirakan akan ada lebih banyak lagi.


Unicorn adalah perusahaan yang bernilai lebih dari satu miliar dolar oleh pemodal ventura. Beberapa contoh unicorn adalah Airbnb, Uber, dan Space X milik Elon Musk, yang telah bernilai ratusan miliar.


Di ruang crypto, Coinbase, pertukaran crypto raksasa yang berbasis di AS, adalah contoh bagus tentang seberapa cepat perusahaan di sektor crypto dapat mencapai status terkemuka. 


Dengan perusahaan seperti Amber Group, Blockchain.com dan OpenSea bergabung dengan klub eksklusif perusahaan senilai lebih dari $ 1 miliar, analis memperkirakan bahwa daftar tersebut akan terus bertambah seiring dengan meningkatnya adopsi massal cryptocurrency dan teknologi blockchain.


BlockFi

Tempat teratas dalam daftar dipegang oleh BlockFi. Perusahaan layanan keuangan yang berbasis di New Jersey untuk pengguna cryptocurrency ini berhasil menutup putaran pendanaan Seri D dengan $ 350 juta yang mengesankan pada bulan Maret tahun ini, mematok nilainya pada $ 3 miliar .


Didirikan oleh Zac Prince dan Flori Marquez pada tahun 2017, BlockFi memiliki putaran pendanaan yang mengesankan, mengingat perusahaan hanya berhasil mengumpulkan $ 50 juta  pada putaran pendanaan Seri C tahun lalu.


BlockFi menawarkan berbagai produk untuk investor cryptocurrency ritel, termasuk pertukaran cryptocurrency dan akun berbunga, serta pinjaman cryptocurrency yang diterbitkan dengan bunga rendah. Perusahaan membanggakan menjadi salah satu dari sedikit pertukaran mata uang kripto yang tidak memiliki komisi atau biaya transaksi.


Dengan keunggulan ini, BlockFi telah melihat basis penggunanya tumbuh dari sekitar 10.000 pada akhir 2019 menjadi lebih dari 250.000 klien ritel dan 200 investor institusi, dan terus bertambah. Mempertimbangkan putaran pendanaan terakhir, modal yang dikumpulkan oleh BlockFi saat ini mencapai sekitar $ 450 juta  sejak awal.


bitpanda

Berikutnya adalah Bitpanda. Sebelumnya dikenal sebagai Coinmal, startup dan layanan broker cryptocurrency yang berbasis di Austria ini mencapai penilaian $ 1,2 miliar setelah pendanaan Seri B di mana startup mengumpulkan $ 170 juta.


Putaran pendanaan dipimpin oleh Valar Ventures , sebuah perusahaan modal ventura berbasis di New York yang didirikan pada tahun 2010 dan didukung oleh mitra seperti DST Global. Valar Ventures semakin berkembang ke dalam startup cryptocurrency dan juga merupakan investor di aplikasi perdagangan, Robinhood.


Mengambil keuntungan dari semakin populernya dan penerimaan cryptocurrencies, belum lagi pasar bull yang sering meningkatkan pendapatan bagi penyedia infrastruktur pasar cryptocurrency, putaran terakhir Bitpanda adalah sebuah langkah maju dari yang Seri A putaran sembilan tahun yang lalu. Bulan, ketika startup mengangkat  $52 juta.


Menurut CEO Bitpanda Eric Demuth, perusahaan telah menguntungkan selama empat tahun terakhir keberadaannya, sehingga menyoroti ambisi investor yang luar biasa untuk tujuan perusahaan menjadi platform pertukaran dan pembayaran cryptocurrency terkemuka di dunia Eropa.


\"Kami menguntungkan, dan telah selama empat tahun, tetapi pada bulan September kami mengubah strategi kami dan ingin menjadi \'platform investasi\' untuk seluruh Eropa, \" kata Demuth.


CEO Bitpanda juga mencatat bahwa perusahaan sedang mencari lebih banyak mitra untuk mengakses lebih banyak modal dan talenta terbaik. Mengenai kualitas layanan, Bitpanda dianggap sebagai layanan yang bereputasi dan cepat, belum lagi alternatif yang murah untuk operator dan investor cryptocurrency.


Blok api

Kuartal pertama 2021 juga melihat penyedia infrastruktur crypto dan blockchain Fireblocks mengumpulkan $ 133 juta dalam putaran pendanaan Seri C-nya.


Startup, yang membantu perusahaan dengan menghilangkan kompleksitas pengelolaan aset digital, telah melangkah lebih jauh dan menambahkan $ 310 juta setelah Seri D pada 27 Juli.


Penggalangan dana Fireblocks terbaru telah melambungkan valuasi perusahaan menjadi $2,2 miliar  hanya dalam waktu lima bulan. Mempertimbangkan pendanaan terbarunya, startup yang berbasis di New York telah berhasil mengumpulkan total  $ 489 juta  sejak awal.


Fireblocks telah melihat basis penggunanya tumbuh sejak awal tahun, dari sekitar 150 menjadi 500 pelanggan. Selain itu, pendapatan tahunan berulang perusahaan juga meningkat lebih dari 300% dalam dua kuartal terakhir tahun 2021.


CEO dan co-pendiri perusahaan, Michael Shaulov, telah mengatakan bahwa \"mereka berharap untuk menutup tahun dengan peningkatan 500%.\"


Menimbang bahwa pendapatan tahunan berulang perusahaan pada tahun 2020 mengalami peningkatan 450% dibandingkan dengan tahun 2019, 2021 telah melihat peningkatan valuasi bagi perusahaan.


\"Kami telah menyesuaikan prediksi pendapatan kami untuk tahun 2021 sebanyak tiga kali,\" tambah Shaulov sehubungan dengan penilaian yang didorong.


Bakkt

Setelah go public melalui merger dengan VPC Impact Acquisition Holdings pada Januari 2021, valuasi Bakkt ditetapkan sebesar 2,1 miliar .


Pertukaran berjangka Bitcoin, yang didukung oleh Boston Consulting Group dan Microsoft, menerima  $ 207 juta  tunai dan $ 325 juta lagi dari investor lain, belum lagi $ 50 juta dari Intercontinental Exchange.


Uang yang dikumpulkan oleh Bakkt diharapkan untuk mendanai langkah perusahaan menuju pendekatan aplikasi konsumen terhadap aset digital. Menurut laporan , lebih dari 400.000 pelanggan telah melakukan pra - registrasi di aplikasi Bakkt, karena platform tersebut mendukung lebih dari 30 program loyalitas.


Perusahaan ini menawarkan perdagangan mata uang kripto dan fitur pembayaran dengan pasar derivatif berjangka dan opsi Bitcoin yang diatur sepenuhnya.


CoinDCX

Baru-baru ini, pertukaran crypto India  CoinDCX mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan $ 90 juta dalam putaran pendanaan Seri C.


Startup yang berbasis di Mumbai akan mencatat sejarah sebagai perusahaan cryptocurrency pertama di India yang mencapai status unicorn setelah putaran investasi yang dipimpin oleh B Capital Ground, serta partisipasi Block.one, Polychain, Jump Capital, dan Coinbase Ventures.


Sejauh ini, CoinDCX telah mengumpulkan lebih dari 3,5 juta pengguna dengan tujuan menggunakan dana dari koleksi terbarunya untuk mempercepat proses orientasi pengguna hingga 50 juta pengguna di India.


Dalam sebuah pengumuman , CEO CoinDCX Sumit Gupta mengatakan perusahaan akan \"bergandengan tangan atau bermitra dengan pemain teknologi keuangan utama untuk memperluas basis investor cryptocurrency, membangun fasilitas Penelitian dan Pengembangan (R&D). ), itu akan memperkuat percakapan kebijakan melalui wacana publik, bekerja dengan pemerintah untuk memperkenalkan peraturan yang menguntungkan, pendidikan, dan meningkatkan inisiatif rekrutmen. \"


Langkah CoinDCX ini datang pada saat ketidakpastian peraturan yang besar oleh pemerintah India mengenai sikapnya terhadap cryptocurrency. Sementara berbagai pelaku pasar telah mengajukan proposal untuk kerangka peraturan, pemerintah India telah lama mengutuk penggunaan cryptocurrency .


Blockchain.com

Sebelumnya dikenal sebagai Blockchain.info, Blockchain.com adalah pertukaran dan dompet cryptocurrency yang sangat populer yang telah berkembang secara signifikan sejak didirikan pada tahun 2011.


Dengan lebih dari $ 800 miliar dalam transaksi cryptocurrency hingga saat ini, Blockchain.com mengumpulkan $ 120 juta  dalam putaran pendanaan, membawa nilai platform menjadi lebih dari $ 1 miliar.


Blockchain.com dimulai sebagai penjelajah blockchain yang memungkinkan akses ke blockchain Bitcoin ( BTC ) dan semua data transaksinya, mulai dari komisi hingga jumlah konfirmasi untuk setiap transaksi, serta tagihan dompet.


Platform saat ini melayani lebih dari 30 juta pengguna aktif dan telah melihat basis penggunanya tiga kali lipat pada tahun lalu. Blockchain.com telah mengembangkan dukungan untuk mengeksplorasi dan bertukar cryptocurrency berbasis blockchain lainnya selain Bitcoin.


Tak lama setelah mengumpulkan $ 120 juta, Blockchain.com melanjutkan untuk mengumpulkan $ 300 juta lagi pada bulan Maret, mematok nilainya pada $ 5,2 miliar yang sangat tinggi . Ini adalah bagian dari putaran Seri C perusahaan, di mana perusahaan modal ventura seperti DST Global, VY Capital dan Lightspeed Venture Partners berpartisipasi.


Modal institusional siap mengalir ke ruang cryptocurrency

Dengan setiap siklus boom dan bust Bitcoin, pasar cryptocurrency akan terus tumbuh karena para ahli pasar memperkirakan bahwa kawanan unicorn akan berkembang lebih jauh pada tahun 2021.


Para pionir dalam ruang cryptocurrency mulai menuai kekayaan mereka setelah bertahun-tahun bekerja melalui banyak fase volatilitas cryptocurrency.


Karena semakin banyak perusahaan yang terus mencapai status unicorn, bukti bahwa pasar cryptocurrency perlahan tapi pasti bergerak menuju kedewasaan telah menjadi jelas. Ada peningkatan yang jelas dalam aliran modal institusional di ruang crypto, dan dengan itu, hanya masalah waktu sebelum cryptocurrency menjadi arus utama.