Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Rahasia Untuk Meningkatkan Penjualan Di Bulan Ramadhan

 

Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

4 Rahasia Untuk Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan - Ramadhan selalu menjadi moment dimana penjualan berbagai took online naik drastic hingga ratusan persen. 

Hal ini karena memang budaya di Indonesia yang saat Ramadhan itu semua dibeli. Yang pada bulan biasa menghabiskan 5 jt maka saat Ramadhan bias naik hingga 100% pengeluarannya. Belanja untuk makanan sahur dan buka, pakaian untuk lebaran, tiket untuk mudik, oleh-oleh untuk mudik, kue untuk lebaran bahkan mobil untuk bias dipakai saat berkunjung ke sanak saudara saat lebaran.

Betul apa betul?

Tapi sayangnya tidak banyak pebisnis online pemula seperti kita tidak menyiapkan ini dengan sebaik-baiknya. Malah cenderung telat biasanya.

Efeknya saat Ramadhan tiba, bingung menyiapkan berbagai halnya. 

Insya Allah disini saya akan berikan kepada kalian 4 rahasia untuk meningkatkan penjualan di bulan Ramadhan.

Pilih Dan Cari Produk yang Ramai Peminat di Bulan ramadhan

Sebelum kita masuk ke produk yang ramai peminat, saya akan membahas hal yang menurut saya lebih penting dari produk itu sendiri. Yaitu Target Pasar dari produk. Apapun yang Anda jual nanti, yang perlu Anda pahami adalah target pasar Anda atau bahasa sederhananya siapa yang membutuhkan dan bisa Anda juali produk itu. 

Tanpa kalian memahami akan hal ini, maka Anda hanya akan ikut-ikutan tanpa hasil yang jelas nantinya.

  • Lihat orang lain jualan jilbab laris, ikutan..
  • Lihat orang jualan kacang laris, ikutan…
  • Lihat orang jualan kurma laris, ikutan..

Larisnya sebuah produk bukan hanya tentang produknya saja, tapi bagaimana si penjual menemukan target pasar yang pas. Maka sebagai penjual selain memilih produk yang tepat kita juga wajib tahu target pasar yang tepat. 

Justru sebetulnya tahap menemukan target pasar ini yang lumayan menguras tenaga, pikiran dan uang. Ok, nanti kita bahas soal target pasar ini sambil membahas tentang produk ya, semoga bisa sedikit mencerahkan sahabat digipreneur sekalian. 

Berikut produk-produk yang mengalami kenaikan penjualan selama bulan ramadhan dan mungkin bisa jadi pilihan untuk teman-temen :

4 Rahasia Meningkatkan Penjualan di Bulan Ramadhan

1. Fashion muslim Dan Muslimah

Ini mesti Anda juga sudah tahu kenapa produk fashion muslim muslimah naik drastis saat Ramadhan. Yes, untuk persiapan hari raya idul fitri. Ini akan ramai di bulan Ramadhan dan naiknya penjualan produk ini gila-gilaan.

Tapi sayangnya, saat Ramadhan juga banyak penjual musiman yang memanfaatkan ini. Permintaan banyak tapi juga sisi penjual naik. Maka sangat crowded sekali saat Ramadhan.

Kembali ke target pasar, tidak semua fashion cocok dengan semua orang. Baik model fashionnya ataupun harganya. Maka Anda harus memilih target pasar Anda yang seperti apa.

Anda jualan hijab, tidak serta merta itu bisa Anda jual ke semua muslimah. Jika jilbab Anda bahan premium dengan harga lumayan mahal maka target pasar Anda jelas bukan muslimah yang biasa beli di harga menengah dan bawah.

Jika yang Anda jual adalah jilbab besar dan panjang bukan berarti bisa dijual ke semua muslimah, tapi hanya ke mereka yang memang memilih untuk berpakaian besar dan panjang.

Nah, semoga sudah mulai ada gambaran tentang produk dan target pasar. Sekarang jika Anda memilih untuk berjualan fashion maka definisikan target pasar Anda dan detail dari calon customer Anda atau biasa disebut buyer persona.

Banyak dibahas di internet terkait buyer persona, Anda bisa mulai membaca dan research siapa target pasar Anda dan seperti apa buyer persona Anda.

2. Snack

Snack ini nanti ada 2 kategori. Snack untuk persiapan Idul Fitri dan juga snack untuk berbuka puasa. Contohnya ada kurma, roti kering, makanan khas daerah (oleh-oleh mudik), dan seterusnya.

Di kategori produk ini pun Anda harus memahami target pasar Anda. Misalnya Anda memilih kurma, maka Anda harus cocokkan dari segi harga dan rasa misalnya.

Roti kering misalnya, Anda harus sesuaikan kemasannya dengan target pasar Anda. Jika anda menyasar kalangan atas maka Anda perlu kemasan yang premium dan mungkin bisa endorse orang yang diasosiasikan dengan orang kaya seperti artis. Roti lebaran ala artis xxxxx.

Tapi jika target pasar Anda kalangan menengah kebawah maka Anda harus sesuaikan harga agar dapat dijangkau oleh pembeli Anda, dan Anda tidak rugi.

Produk kategori ini selalu naik penjualannya di bulan Ramadhan karena ada hari raya yang tradisi kita mesti menyiapkan banyak hidangan atau tradisi mudik yang biasanya membutuhkan oleh-oleh khas daerah.

3. Skincare

Siapa sih yang tidak ingin tampil istimewa di hari raya Idul Fitri? Moment setahun sekali yang biasanya selalu dipenuhi acara bertemu sanak family bahkan kadang hanya setahun sekali bertemunya. Maka biasanya kaum hawa akan menyiapkan moment ini dengan baik, seperti merawat wajah dan kulit. Ini menjadi berkah tersendiri bagi penjual online karena akan naik nih penjualannya..

Sama seperti fashion, ini akan banyak juga pemainnya. Jadi Anda harus pintar-pintar memilih target pasar Anda. Oya, untuk kategori ini saya ingatkan untuk memilih produk yang sudah resmi BPOM dan Halal ya. 

Karena tidak ada gunanya laris tapi ternyata tidak sehat. Mencari rezeki adalah bagian dari ibadah terlebih di bulan Ramadhan, dan menjual produk yang buruk hanya akan menjauhkan Anda dari sisi ibadah dan malah bisa mendatangkan dosa.

4. Produk yang dibutuhkan pebisnis online

Kita sama-sama tahu bahwa moment Ramadhan juga dimanfaatkan oleh para pebisnis online untuk melejitkan penjualannya. Saat momentum seperti ini maka hampir semua pebisnis akan meningkatkan aktivitas bisnisnya.

Disaat aktivitas bisnis meningkat maka diperlukan berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan para pebisnis online tersebut. Ini juga membuka peluang untuk Anda. Banyak sekali yang bisa Anda lakukan untuk ini, sebagai contoh:

Anda bisa membuka jasa konten marketing untuk kebutuhan promosi bernuansa Ramadhan. Anda menjual software yang bisa memudahkan dan mempercepat pekerjaan para pebisnis online tersebut. Atau Anda bisa menjual template desain promosi bernuansa Ramadhan, seperti ramadhankit 

Tapi sayangnya membuat produk begini tidak mudah, anda perlu research lalu membuat produknya dan kemudian menjualnya. Kabar gembiranya anda bisa melewati beberapa fase pekerjaan dari research hingga create produk, jadi anda tinggal masuk ke fase JUALAN dan omset bisa menjadi 100% Profit anda.

PENTING.!!! Pastikan Stok dan Supplier

Setelah kita bahas tentang produk-produk yang laris, maka saya harus mengingatkan hal ini kepada Anda. Pastikan stok produk dan supplier Anda. Jika Anda stok sendiri, 

artinya tidak dropship, maka Anda bisa stok sejumlah target penjualan Anda. Ini memerlukan modal yang besar pastinya, tapi cenderung lebih aman. Namun jika Anda dropship maka Anda harus memastikan bahwa supplier Anda memiliki stok yang cukup dan memiliki kualitas delivery yang baik.

Jangan sampai saat Anda sedang asik dan banyak orderan tapi Anda kesulitan mengirimkan orderan karena kekurangan stok.

Kecuali jika Anda memilih untuk menjual produk digital seperti Ramadhan Kit, maka Anda tidak perlu pusing dengan stok, karena ini tanpa stok dan bisa Anda kirim berkali-kali karena bentuknya file

Nah itulah teman teman 4 Rahasia untuk meningkatkan penjualan di bulan ramadhan. Selamat mencoba dan saya doakan suksses.