Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Menggunakan All In One SEO Bagi Pemula

Panduan Lengkap Menggunakan All In One SEO Bagi Pemula - Bagi kalian yang baru menggunakan WordPress, mimin bakal kasih tutorial nih cara mengguanakan All In Seo Bagi Pemula, agar blog kalian menjadi seo menggunakan plugin SEO gratis yang bernama All In SEO.

Dengan Plugin All In SEO ini, yang nantinya akan kita optimasi SEO  pada website WordPress yang kita miliki nanti.

Sebenarnya banyak sekali di luar sana plugin SEO yang bisa di manfaatkan untuk meng-Optimasi Website kita seperti Yoast SEO.

Namun, dari sekian banyak plugin SEO yang terdapat pada library WordPress, kita akan menemukan dua plugin SEO yang paling populer serta paling banyak diminati dan digunakan oleh pengguna WordPress diseluruh dunia, kedua plugin tersebut adalah :

  • All in One SEO
  • Yoast SEO


kedua plugin tersebut memiliki dua versi. Yaitu versi premium dan versi gratis (free), namun bagi kalian yang pemula menggunakan versi gratis sudah lebih dari cukup untuk membuat website maupun blog Anda lebih SEO friendly dan memudahkan mesin pencari untuk meng-indeks website serta konten kalian.

Apa itu All In One SEO?


All in One SEO atau yang sering dikenal dengan AIOSEO adalah sebuah plugin SEO (Search Engine Optimization) WordPress yang akan membantu kalian mengoptimalkan pengaturan berbagai macam indikator SEO yang dibutuhkan oleh website kalian agar memudahkan untuk di indeks dan mendapatkan peringkat di mesin pencari Google.

WordPress memang sudah diciptakan sebagai platform yang ramah dengan mesin pencari dan sudah dioptimalkan untuk SEO secara default, tapi dengan menambahkan penggunaan plugin SEO seperti All In SEO ini akan membuat website kalian jauh lebih optimal yang akan membuatnya lebih nyaman bersaing di mesin pencari google.

Berikut adalah panduan konfigurasi yang lengkap untuk All in One SEO, yang akan membantu website kalian jauh lebih SEO friendly.

Cara Konfigurasi Plugin All in One SEO


all in seo

Untuk menggunakan plugin All in One SEO ini kalian harus menginstall terlebih dahulu dan mengaktifkan plugin tersebut. Kemudian kalian bisa melihat artikel Panduan Lengkap Install Plugin WordPress tersebut.

Setelah kalian install plugin all in seo, sekarang kalian klik aktifkan, dan kalian akan melihat halaman Wizard “All in One SEO” yang bisa Anda konfigurasi dengan cepat dengan 6 langkah. Silahkan kalian klik Let’s Get Started ->

Setup 1

Pada langkah pertama ini kalian harus memilih apa jenis website kalian, apakah itu blog, toko online, korporasi, situs berita online dan masih banyak lagi. Tapi disini mimin bakal pilih jenis website blog.

Dibagian bawahnya Anda harus menentukan Judul dan deskripsi situs Anda, ini adalah yang akan ditampilkan di mesin pencari ketika pengunjung melakukan pencarian dengan nama situs Anda. Pastikan kalian mengisi judul dan deskripsi yang sesuai dengan tujuan website kalian, jangan lupa juga untuk memasukkan kata kunci pada bagian judul dan deskripsi.

all in seo

Aturanya untuk judul maksimal 60 karakter dan untuk deskripsi 160 karakter, manfaatkan dengan baik jumlah karakter tersebut untuk menuliskan judul dan deskripsi yang mengandung kata kunci utama kalian.


Setup 2

Pada langkah kedua ini kalian harus memasukkan informasi situs, pilih jenis situs milik perorangan atau organisasi. Masukkan user, upload gambar default social Anda dan masukkan beberapa URL username dari akun media sosial Anda seperti Facebook, twitter, IG, YouTube dan media sosial lainnya jika ada.
all in seo

Setup 3

Pada langkah ini kalian harusmengaktifkan beberapa fitur-fitur SEO tambahan seperti Sitemaps, Analytics, Image SEO dan masih banyak lagi.

all in seo

Ada beberapa fitur premium dan gratis, tapi disini kita menggunakan versi gratis maka kita masuk ke tahap berikutnya.

Setup 4

Pada langkah ini kalian akan ditunjukkan bagaimana website kalian ditampilkan di mesin pencari Google, dan pilih salah satu pilihan untuk menunjukkan apakah situs Anda sedang dalam perbaikan atau sudah live. Dan centang pengaturan lain seperti terlihat pada gambar dibawah.

all in seo

Setup Terakhir

all in seo

Pada langkah ini Anda hanya perlu memasukkan alamat email Anda untuk mendapatkan informasi tentang beberapa tips optimasi dari All In SEO yang akan dikirimkan ke email Anda. Cukup lanjutkan ke tahap berikutnya dan selesai.

Mungkin sekian teman teman artikel singkat tentang tutorial menggunakan plugin All In Seo, semoga bermanfaat bagi kalian khususnya yang masih pemula dalam dunia wordpress.