Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendorong Anak Cerdas di Era Digital Melalui Sistem Pendidikan Berbasis Online

Mendorong Anak Cerdas di Era Digital Melalui Sistem Pendidikan Berbasis Online. Pendidikan adalah salah satu aspek penting yang dapat menentukan kemajuan dalam suatu negara. Karena dengan pendidikan yang berkualitas, tentu akan mencetak anak-anak atau sumber daya manusia yang berkulitas pula. Oleh karena itulah dibutuhkan sistem pendidikan yang mumpuni, agar bisa mencetak anak-anak muda, anak-anak berprestasi di nasional maupun dunia internasional.  

Mengenalkan pendidikan kepada anak bisa dilakukan dimana saja, tidak perlu melarang anak untuk melakukan apa yang mereka sukai. Apalagi saat ini sedang ramai-ramainya game online baik di mobile maupun PC/Komputer. Sebagai orang tua cukup mengasi saja, dan mendampingi minat dan bakat dari anaknya.

Setiap anak pasti memiliki kecenderungan terhadap sesuatu dalam hal yang mereka sukai, dari situlah dapat dilihat minat dan bakat anak tersebut. Jika anak gemar berinteraksi dengan teknologi, berarti anak tersebut memiliki minat dan bakat terhadap teknologi.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan maju ini, kita dimudahkan untuk mengakses berbagai macam hal baik informasi, hiburan, tutorial-tutorial, palform belajar online , berkomunikasi, bermain game , dan masih banyak lagi.

Dengan akses yang serba mudah dan cepat ini tentu sebagai orang tua tetap membimbing serta mendampingi anaknya agar mereka dapat memanfaatkan dan menggunakan gawai-nya untuk suatu hal yang bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun orang lain disekitarnya.

Mungkin dari bermain game, orang tua bisa mengenalkan kepada anaknya tentang bagaimana game itu berjalan, sistem pendukung apa yang bisa membuat game itu bisa diakses oleh siapapun, aplikasi apa yang digunakan, atau software apa yang bisa untuk membuat sebuah game.

Membebaskan anak bukan berarti membiarkan anak terus-terusan untuk bermain atau sebagai hiburan saja, akan tetapi juga mengenalkan dan mengarahkan anak untuk bisa membuar karya atau hasil ciptaan mereka sendiri di era digital saat ini.


Saya pun sering sekali dimarahi karena terus-terusan bermain game , karena orang tua sering sekali beranggapan bahwa bermain game bisa memberikan dampak yang negatif dan takut anaknya tidak kreatif, tidak inovatif, ataupun tidak cerdas karena terlalu sering bermain game.

Game online  bukanlah suatu hal yang buruk, banyak manfaat yang bisa didapatkan saat bermain  game.  Kecerdasan anak pun dapat dilatih disini, dengan bermain game perkembangan otak bisa dilatih jika dilakukan terus-menerus.

Melatih Team Work atau Kerja Sama

Dalam permainan game online ada beberapa yang tidak hanya bermain sendirian, ada juga yang bermain secara team. Dalam hal ini tentu bermain game dapat melatih team work atau kerja sama antar tim dalam suatu game, agar game yang dimainkan dapat menang dan menjadi juara.

Dunia pekerjaan pun membutuhkan hal ini, tidak ada yang bekerja sendirian. Setiap orang pasti akan bertemu dengan orang lain dan menjalin kerja sama yang baik untuk menciptakan suatu solusi atau membuat sebuah projek yang tentu membutuhkan kerja sama tim yang baik.

Melatih Memecahkan Masalah 

Dalam bermain game  bukan berarti semua berjalan mulus seperti yang kita pikirkan, pasti terdapat banyak sekali masalah yang dihadapi saat bermain game. Mulai dari tekanan karena tim sudah merasa kalah karena terus-terusan mati atau skor permainan yang tertinggal jauh. 

Dalam hal ini tentu sang anak akan mencoba untuk memberikan rasa percaya diri kepada teman-temannya atau timnya untuk bisa terus berjuang menyelesaikan permainan dengan hasil yang menang. Hal ini tentu butuh strategi yang baik serta mengatasi masalah-masalah yang ada menjadi solusi yang baik serta menjadi pendorong untuk menang dalam sebuah permainan. 

Menambah Wawasan Baru

Kita semua tahu bahwa game online saat ini sudah mendukung versi mobile dan PC/Komputer. Banyak dari beberapa game menerapkan sistem bahasa yang berbeda dalam suatu negara, apalagi game yang sering saya mainkan itu bahasanya adalah bahasa inggris. Dari sini anak bisa belajar bagaimana menggunakan bahasa inggris yang baik, memahami arti yang dimaksud dalam game, dan lain sebagainya. 

Apalagi jika ingin membuat sebuah game sendiri pasti kita akan bertemu dengan sistem bahasa yang berbeda dari apa yang sering kita ucapkan sehari-hari. Contoh saja misal kita mengikuti program pembelajaran online yang ada di internet, tentu akan dengan mudah memahami walaupun adanya perbedaan bahasa disana. 

Hal ini tentu bisa menjadi manfaat yang baik untuk anak, dan bisa menjadi bekal yang baik jika terjun kedalam dunia pekerjaan atau mengikuti berbagai kursus-kursus online guna mendukung wawasan yang lebih luas lagi bersama dengan mentor-mentor yang berpengalaman. 


Jika ingin membuat game atau aplikasi teknologi jenis lainnya tentu tidak akan jauh dari pemograman, karena semua yang berjalan pasti butuh algoritma yang baik atau sistem yang baik agar aplikasi, game, ataupun sistem yang dibangun dapat berjalan dengan baik dan diminati orang banyak karena pengalamannya menggunakan aplikasi/game tersebut. 

Dalam membuat game juga pasti tidak bisa dilakukan seorang diri, mungkin banyak tutorial-tutorial diluar sana yang menyediakan bagaimana cara membuat game atau aplikasi secara otodidak. Namun dalam membuat game atau aplikasi tidak hanya membuat saja, tetapi juga dibutuhkan strategi-strategi baru agar apa yang kita buat bisa memiliki manfaat serta diminati oleh orang banyak. 

Di era digital seperti sekarang inilah mulai menerapkan sistem pendidikan berbasis online, dengan mengikuti berbagai macam program-program yang bisa membantu atau mendorong anak untuk bisa lebih cerdas, kreatif, dan inovatif. Program pembelajar online itu seperti contoh saja Hacktiv8

Hacktiv8 memiliki visi untuk meningkatkan tarif hidup dan karir banyak orang banyak dalam bidang teknologi melalui kursus pemograman intensif selama waktu yang ditentukan bersama dengan mentor-mentor yang berpengalaman di bidangnya.

Hacktiv8 tidak hanya peduli dengan intelektual siswanya, akan tetapi juga peduli dengan emosional intellegensi para siswanya. Program Engineering Empathy dihardirkan hacktiv8 dengan tujuan untuk melatih kemampuan interpersonal siswanya agar saat terjun ke dunia kerja dan sanggup menghadapi tekanan baik dari luar maupun dari dalam, lalu mampu menguasai ego kritikal pribadi, serta dapat merubah pola pikir.

Dengan ikut program belajar online yang ada di hacktiv8 ini tentu bisa melatih skill pemograman dan mengembangkannya menjadi suatu yang berkualitas, sehingga anak Anda bisa membuat atau mengembangkan aplikasi karya mereka sendiri di ajang nasional maupun internasional.Yuk ikut Program Belajar Online di hacktiv8.