Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Antara 32-bit dan 64-bit Dalam Sistem Operasi

Dalam komputer, ada dua jenis prosesor yaitu, 32-bit dan 64-bit. Jenis prosesor ini memberi tahu kita berapa banyak memori yang dapat diakses prosesor dari register CPU.

Sebagian besar komputer yang dibuat pada 1990-an dan awal 2000-an adalah mesin 32-bit. Register CPU menyimpan alamat memori, yang merupakan cara prosesor mengakses data dari RAM. Satu bit dalam register dapat mereferensikan satu byte dalam memori, sehingga sistem 32-bit dapat menangani maksimum 4 GB (4.294.967.296 byte) RAM. Batas sebenarnya kurang lebih sekitar 3,5 GB karena bagian dari register digunakan untuk menyimpan nilai sementara lainnya selain alamat memori. Sebagian besar komputer yang dirilis selama dua dekade terakhir dibangun di atas arsitektur 32-bit, oleh karena itu sebagian besar sistem operasi dirancang untuk berjalan pada prosesor 32-bit.

64-bit secara teoritis dapat mereferensikan 18.446.744.073.709.551.616 byte, atau 17.179.869.184 GB (16 exabytes) memori. Ini beberapa juta kali lebih banyak daripada rata-rata workstation yang perlu diakses. Yang penting adalah komputer 64-bit (yang berarti memiliki prosesor 64-bit) dapat mengakses lebih dari 4 GB RAM. Jika komputer memiliki RAM 8 GB, lebih baik memiliki prosesor 64-bit. Jika tidak, setidaknya 4 GB memori tidak akan dapat diakses oleh CPU.

Perbedaan utama antara prosesor 32-bit dan prosesor 64-bit adalah jumlah perhitungan per detik yang dapat mereka lakukan, yang memengaruhi kecepatan mereka dapat menyelesaikan tugas. Prosesor 64-bit dapat hadir dalam versi dual-core, quad-core, enam-inti, dan delapan-inti untuk komputasi rumah. Beberapa core memungkinkan peningkatan jumlah perhitungan per detik yang dapat dilakukan, yang dapat meningkatkan daya pemrosesan dan membantu membuat komputer berjalan lebih cepat. Program perangkat lunak yang memerlukan banyak perhitungan agar berfungsi dengan lancar dapat beroperasi lebih cepat dan lebih efisien pada sebagian besar prosesor 64-bit multi-core.

Keuntungan 64-bit dibandingkan 32-bit

Menggunakan 64-bit dapat melakukan banyak hal dalam multi-tasking, pengguna dapat dengan mudah beralih di antara berbagai aplikasi tanpa masalah windows hang.

Gamer dapat dengan mudah memainkan game grafis tinggi seperti Modern Warfare, GTA V, atau menggunakan perangkat lunak kelas atas seperti Photoshop atau CAD yang memakan banyak memori karena membuat multi-tasking dengan perangkat lunak besar, mudah dan efisien bagi pengguna. Namun, memutakhirkan kartu video alih-alih mendapatkan prosesor 64-bit akan lebih bermanfaat.

Catatan:

Komputer dengan prosesor 64-bit dapat menginstal sistem operasi versi 64-bit atau 32-bit. Namun, dengan sistem operasi 32-bit, prosesor 64-bit tidak akan berjalan dengan kemampuan penuhnya.

Di komputer dengan prosesor 64-bit, kami tidak dapat menjalankan program lama 16-bit. Banyak program 32-bit akan bekerja dengan prosesor dan sistem operasi 64-bit, tetapi beberapa program 32-bit yang lebih lama mungkin tidak berfungsi dengan baik, atau sama sekali, karena kompatibilitas yang terbatas atau tidak ada sama sekali.

References: https://www.computerhope.com/issues/ch001498.htm