Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Jaringan LAN dan WAN


 Jaringan adalah jantung dan tulang punggung dari semua berbagi informasi dan aktivitas internet pada saat ini. Ini mendorong dan memfasilitasi komunikasi bisnis dan fungsi utama lainnya. Dengan jaringan bisnis yang dirancang dan dikonfigurasi dengan baik, bisnis Anda dapat berjalan seefektif, efisien, aman, dan produktif mungkin. Ada dua jenis utama jaringan – LAN dan WAN. 

Apa perbedaan antara LAN dan WAN? Dan bagaimana organisasi Anda dapat memperoleh manfaat dari salah satu atau kedua jaringan ini? Artikel ini merinci aspek-aspek kunci dari kedua jaringan dan bagaimana mereka dapat meningkatkan jalannya organisasi Anda. 

Mari kita mulai dari dasar,


Apa itu Jaringan?

 Jaringan adalah sekelompok komputer (workstation atau server) dan perangkat seperti printer dan smartphone yang terhubung dan dapat berkomunikasi satu sama lain. Seperti disebutkan sebelumnya, ada dua jenis utama jaringan yaitu LAN dan WAN. LAN adalah kependekan dari local area network sedangkan WAN adalah kependekan dari Wide Area Network.

Jaringan Area Lokal (LAN)

 LAN adalah sekelompok komputer dan perangkat jaringan lain seperti printer, server, dan laptop yang terhubung dalam lokasi geografis yang sama. LAN biasanya ditemukan di kantor, sekolah atau perusahaan lain dan beroperasi di dalam gedung yang sama atau lantai yang sama dari gedung perkantoran. Pengaturan LAN dasar dibuat dengan menghubungkan komputer dan perangkat jaringan lain menggunakan kabel Ethernet atau Wi-Fi melalui  jaringan. Setiap komputer dan peralatan jaringan diberikan alamat IP yang unik baik secara manual atau otomatis melalui layanan yang disebut DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Kebanyakan LAN terdiri dari switch jaringan dan router jaringan baik pada perangkat yang sama di LAN kecil seperti jaringan kantor kecil atau perangkat yang berbeda seperti di jaringan LAN perusahaan. Selain itu, sebagian besar router modern memiliki port Ethernet atau port switch bersama dengan kemampuan Wi-Fi sehingga istilah WLAN (Wireless LAN) yang termasuk dalam kategori LAN. Perangkat di LAN yang sama dapat melihat satu sama lain di jaringan dan terhubung melalui berbagai protokol untuk transfer file dengan atau tanpa enkripsi, terhubung ke baris perintah jarak jauh. LAN juga berfungsi sebagai pintu gerbang ke internet untuk perangkat lokal melalui perangkat terpusat seperti router di mana lalu lintas internet dikirim dan diterima. LAN dapat dikonfigurasi dalam berbagai cara tergantung pada kebutuhan termasuk membatasi dan mengelola akses ke sumber daya bersama melalui jaringan di antara pengguna lokal. Pertimbangan ini membawa implikasi biaya dan keamanan dengan prioritas keamanan di dunia kejahatan dunia maya saat ini. Pro dan Kontra LAN Salah satu keuntungan utama LAN adalah kecepatan yang mereka tawarkan yang biasanya lebih dari 1Gbps dan secara signifikan lebih cepat daripada rata-rata WAN. Di sisi lain, kelemahan terbesarnya adalah terbatas pada area lokal seperti gedung perkantoran atau sekolah.


Jaringan Area Luas (WAN) 

Beberapa orang cenderung menganggap WAN sebagai LAN yang lebih besar meskipun beberapa perbedaan mendasar membuat mereka benar-benar terpisah. Misalnya, internet itu sendiri dipandang sebagai WAN dan, seperti WAN pada umumnya, ia memiliki infrastruktur yang jauh lebih rumit daripada LAN. WAN menghubungkan LAN biasanya di beberapa lokasi termasuk perangkat individu yang terhubung dari jarak jauh. Anggap saja seperti ini, jika salah satu karyawan Anda ingin mengirim file ke rekan sebelah, mereka mungkin akan menggunakan LAN. Namun, jika mereka ingin mengirim file yang sama ke salah satu kantor satelit Anda di seluruh dunia, kemungkinan besar mereka akan menggunakan WAN dan jarak yang terlibat, LAN cenderung mengirimkan data lebih cepat dan efisien daripada WAN. Ini dapat menjadi faktor penentu untuk kegiatan bisnis yang sangat penting seperti perdagangan keuangan. Keamanan jaringan LAN cenderung lebih aman karena dapat bertindak sebagai jaringan yang berdiri sendiri tanpa harus terhubung ke WAN. WAN, di sisi lain, lebih rentan terhadap masalah keamanan karena mereka menghubungkan satu LAN ke LAN lain yang dapat menyebabkan intrusi. Kepemilikan LAN biasanya dimiliki secara internal oleh masing-masing perusahaan yang kemudian bergantung pada internet untuk bertindak sebagai WAN. WAN, sebaliknya, biasanya dijalankan oleh kumpulan entitas seperti perusahaan yang beroperasi di jaringan bisnis atau departemen kota. Memiliki Jaringan yang Tepat untuk Organisasi Anda LAN dan WAN memiliki beberapa kesamaan utama dan beberapa perbedaan penting yang dapat berkontribusi pada efisiensi dan produktivitas organisasi. Hal penting yang perlu diingat saat membuat atau meningkatkan jaringan bisnis Anda adalah bekerja sama dengan mitra TI yang andal dan berpengalaman.