Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan RAM dan ROM

 Apa Perbedaan Antara RAM dan ROM?

RAM, yang merupakan singkatan dari Random acces memory, dan ROM, yang merupakan singkatan dari Read Only Memory, keduanya ada di komputer Anda.

RAM adalah memori volatil yang menyimpan sementara file yang sedang Anda kerjakan. ROM adalah memori non-volatile yang secara permanen menyimpan instruksi untuk komputer Anda.

Apa itu RAM komputer?

 RAM adalah memori yang menyimpan informasi yang bersifat sementara dalam modul dan akan terhapus saat Anda me-restart atau mematikan komputer Anda. Karena informasi disimpan secara elektrik pada transistor, ketika tidak ada arus listrik, data tersebut menghilang. Setiap kali Anda meminta file atau informasi, itu diambil baik dari disk penyimpanan komputer atau internet. Data disimpan dalam RAM, jadi setiap kali Anda berpindah dari satu program atau halaman ke halaman lain, informasinya langsung tersedia. Ketika komputer dimatikan, memori dihapus sampai proses dimulai lagi. Memori yang dapat diubah, ditingkatkan, atau diperluas dengan mudah oleh pengguna.

Definisi ROM komputer?

 ROM adalah memori non-volatile, yang berarti informasi disimpan secara permanen pada chip. Memori tidak bergantung pada arus listrik untuk menyimpan data, sebaliknya, data ditulis ke masing-masing sel menggunakan kode biner. Memori non-volatil digunakan untuk bagian komputer yang tidak berubah, seperti bagian boot-up awal perangkat lunak, atau instruksi firmware yang membuat printer Anda berjalan. Mematikan komputer tidak berpengaruh pada ROM. Memori non-volatile tidak dapat diubah oleh pengguna.