Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penulisan komentar pada PHP


imaginationman.eu.org

Halo semua sobat Macam-Macam cara, macam-macam ilmu, pada bagian kedua ini kita akan mempelajari langkah penulisan komentar dalam kode program PHP yang kita buat. Sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana menulis kode PHP.


Pada bagian pertama kita telah mengetahui bahwasanya sintaks adalah seluruh kode yang diapit oleh tag <?php dan ?>. Komentar dalam file PHP memiliki fungsi dalam meng-dokumentasikan kode sehingga dapat memberikan informasi pada kode yang ditulis. 

Ada beberapa cara penulisan komentar pada PHP dimana gaya penulisan komentar PHP ini sangat di pengaruhi oleh gaya penulisan komentar pada bahasa C, C++ dan Unix Shell. 

Baca juga: Javascript dasar #7 membuat komentar di javascript

Dalam PHP, komentar dibagi menjadi 2 macam, yakni komentar satu baris (inline) dan komentar lebih dari satu baris (multiple lines).

.Contoh komentar satu baris (inline)

<?php
// contoh komentar satu baris
?>

Echo “Hello Word”;

Kode 3: komentar satu baris php

Contoh komentar lebih dari satu baris (multiple lines)

<?php

/* Contoh komentar yang lebih dari satu baris
*Biasanya digunakan dalam menjelaskan logikan
program yang cukup panjang
*/

Echo “Hello Word”;

Kode 4: komentar lebih dari satu baris php

Terlihat pada Kode 3 & Kode 4 teman-teman dapat menambahkan komentar dalam file PHP yang tanpa mempengaruhi program yang dibuat, untuk membuat komentar di PHP menggunakan tanda # atau //, ini merupakan komentar 1 baris dalam bahasa pemrograman PHP, sedangkan untuk komentar lebih dari satu baris, teman-teman bisa menggunakan tanda /* dan ditutup dengan tanda */

Demikian penjelasan saya kali ini mengenai penulisan komentar pada PHP. Apabila artikel ini bermanfaat boleh untuk di share atau bagikan di sosial media teman-teman sekalian.