Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengobati Gondokan pada Ternak

mengobati-kambing-gondokan

Kata siapa penyakit gondok hanya menyerang manusia saja?

Penyakit yang indikasinya muncul benjolan pada bagian atas leher/ tenggorokan ini ternyata bisa juga lho menyerang binatang seperti ternak kambing.

Ya, saya tau hal ini dari pengalaman sendiri juga.

Dulu awal - awal saya belajar beternak kambing. banyak sekali cobaanya, salah satunya yang sudah saya share tentang virus ORF pada ternak.

Penyakit gondok atau benjolan pada leher kambing sejatinya merupakan kasus langka. Penyakit ii jarang sekali menyerang kambing.

Namun, saya akan share pengalaman ini barang kali ada sobat peternak yang mengalaminya juga.

Gondok pada Kambing


Sebenarnya penyakit gondok pada kambing ini merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh virus ORF seperti yang sudah saya bahas sebelumnya.

Virus ORF tidak hanya menyerang bagian mulut saja lho. Indikasi umum virus ORF pada kambing adalah mata belekan / berair dan munculnya benjolan dileher atau bawah rahang ternak atau kambing.

Cara Mengobati Gondokan pada Kambing


Bagaimana cara mengobatinya?

Penyakit ini bisa sembuh sendiri seiring waktu. Namun, untuk mempercepat kesembuhannya bisa dilakukan suntik anti parasit / obat cacing.

InsyaAllah, gak sampe satu minggu penyakit ini akan sembuh.

Saran saya, jika kambing menunjukan tanda - tanda mata belekan atau gondokan, segera pisahkan kambing dari kawanan (misal kandangnya dicampur), dan lakukan pengobatan ORF seperti yang sudah saya bahas sebelumnya.

Oke, mungkin cukup sekian tulisan dari saya, jika dirasa bermanfaat, silahkan share ke sobat peternak lainnya :)